Pengelolaan Layanan Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa SD Al Firdaus Surakarta

Authors

  • Abdul Haris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Samino Samino Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Eko Purnomo Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Yuli Siyamto Fakultas Sains dan Teknologi, ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/jkk.v1i2.14

Keywords:

Pengelolaan, Layanan, Perpustakaan, Minat baca

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) strategi dalam meningkatkan minat baca siswa SD Al Firdaus Surakarta, (2) karakteristik layanan tata ruang perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di SD Al Firdaus Surakarta, (3) karakteristik layanan referensi perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di SD Al Firdaus Surakarta, dan (4) layanan sirkulasi  perpustakaan  dalam  meningkatkan  minat  baca  siswa  di  SD  Al Firdaus Surakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi (studi etnografi). Landasan teori yang dipergunakan adalah teori-teori yang berkenaan dengan perpustakaan. Metode pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi berperan serta, baik pasif maupun aktif, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik interaktif model Miles dan Huberman yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa strategi pengelolaan perpustakaan yang baik dan menarik, yang sudah dilaksanakan oleh pustakawan SD Al Firdaus Surakarta menjadikan pengaruh yang lebih baik dalam meningkatkan minat baca, tata ruang yang diatur dengan baik akan membuat nyaman pemustaka, layanan referensi sangat bermanfaat dalam mencari informasi sesuai yang dibutuhkan, dan layanan sirkulasi yang berkaitan dengan perputaran bahan pustaka yang dimiliki perpustakaan, meliputi proses peminjaman dan pengembalian bahan pustaka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, L., Arffianto, A., Hasna, S., Indarwati, L., Putri, D. R., El-majid, E., Rahayu, K. S., Nurleli, D. Y., G, W. A. S., & Sholihah, I. (2019). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Literasi Siswa di SD Muhammadiyah Nurul Ilmi , Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 97–105. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10771

Anggraeni, D. B., Widyastuti, W., Rahmawati, F. P., & Aditama, M. G. (2021). Pengembangan Sistem Klasifikasi Kepustakaan dengan Dewey Decimal Classification (DDC). Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 152–160. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15734

Aufa, M., Shalikhah, N. D., & Algifahmy, A. F. (2018). PKU Bagi MI Muhammadiyah Meduro melalui Majalah Dinding Mengasah Kreativitas Menulis dan Gemar Membaca Siswa. Warta LPM, 21(2), 130–135. https://doi.org/10.23917/warta.v21i2.6015

Machromah, I. U., Mahendra, A., Dianingsih, F. R., Indriani, N., Agustina, D. R., Fatimah, S., Arifah, N. Z. M., Khusna, M. Al, Novianto, D., Nugroho, F. C., & Zainuddin, A. (2020). Perpustakaan Dinding sebagai Program Gerakan Literasi Sekolah untuk Meningkatan Kemampuan Membaca Siswa MI Muhammadiyah Kuncen Cawas, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 100–104. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.10796

Mahardhani, A. J., Prayitno, H. J., Huda, M., Fauziati, E., Aisah, N., & Prasetiyo, A. D. (2021). Pemberdayaan Siswa SD dalam Literasi Membaca melalui Media Bergambar di Magetan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 11–22. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14664

Muhafidin, M. (2016). Pembelajaran Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Cidempet Kecamatan Arahan Kabupaten Indramayu. Profesi Pendidikan Dasar, 3(1), 66–70. https://doi.org/10.23917/ppd.v3i1.2030

Ningrum, R. F. (2014). Pengaruh Pelayanan Perpustakaan terhadap Kepuasan Pengunjung di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–14.

Nurhayati, Sutama, & Suyatmini. (2013). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah berbasis Mutu di SDN Jatigunung II Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan. Tesis Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27502

Purnomo, E., & Arifin, Z. (2021). Pengoptimalan Perpustakaan Sekolah SMP Batik Program Khusus Surakarta melalui Aplikasi SLiMS. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi), 6(2), 274. https://doi.org/10.30829/jipi.v6i2.9527

Rahmawati, N., Prasetiyo, W. H., Wicaksono, R. B., Huda, M., Muthali’in, A., & Atang, A. (2022). Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Literasi Kewarganegaraan Siswa di Era Digital. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 99–107. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.17822

Sismanto, S. (2012). Pengelolaan Perpustakaan di Sekolah Standar Nasional SDN Gondowangi Sawangan Magelang. Tesis Sekolah Pascasarjana Unversitas Muhammadiyah Surakarta, 1–21. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18886

Sukma, H. H., & Sekarwidi, R. A. (2021). Strategi Kegiatan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 11–20. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.13200

Sunanda, A., Salma, I. A., Nugroho, Y. S., Aulia, K. M., Wilartono, R. Y., Farisa, D., Susilowati, E., Kusumaningrum, H., Puspitasari, N. H., & Imaduddin, Z. (2020). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Baca dan Budaya Literasi Siswa MI Muhammadiyah Jambangan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 63–68. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.11842

Wahyuningsih, T. (2011). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Dasar Studi Situs SD Negeri Sragen 4 dan SD Birrul Walidain. Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yuliati, F. (2017). Penggunaan Kartu “Superhero” untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas ISLB B YPALB. Varia Pendidikan, 29(1), 40–49.

Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Darmadi, Hamid. (2013). Dimensi-dimensi Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial: Konsep Dasar dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hardiningtyas, Tri. (2014). Membangun Perpustakaan Ideal. Yogyakarta: Smart WR.

Herdiansyah, Haris. (2013). Wawancara, Observasi,dan Fokus Groups. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Lasa Hs. (2009). Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Pinus.

Maslahah, Khoirul. (Eds.). (2013). Layanan Perpustakaan Berbasis Humanisme. Surakarta: Bunga Rampai.

Rahmawati. (2012). Perpustakaan Untuk Rakyat Dialog Anak dan Bapak. Jakarta: Sagung Seto.

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Haris, A., Samino, S., Purnomo, E. ., & Siyamto, Y. . (2022). Pengelolaan Layanan Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa SD Al Firdaus Surakarta. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 1(2), 62–71. https://doi.org/10.23917/jkk.v1i2.14

Issue

Section

Articles