Penggunaan Metode Pemecahan Masalah dan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Permukaan Bumi
DOI:
https://doi.org/10.23917/jkk.v1i2.16Keywords:
media gambar, pemecahan masalah, permukaan bumiAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat ketuntasan belajar melalui penggunaan metode pemecahan masalah dan media gambar pada pembelajaran konsep permukaan bumi pada siswa kelas 4 SDN 2 Gedebeg semester 1 tahun 2015/ 2016. Kajian teori yang digunakan adalah metode pemecahan masalah yang meliputi: pengertian, langkah-langkah penggunaan metode pemecahan masalah, media gambar meliputi: pengertian dan langkah-langkah penggunaan media gambar. Jenis penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas dengan desain 2 siklus, subjek siswa SDN 2 Gedebeg, data dan sumber data berupa hasil dan proses pembelajaran pra siklus, siklus 1, dan siklus 2, teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi, Hasil penelitian membuktikan bahwa : Pada siklus 1 yang dicapai rata-rata 7,0 dan ketuntasan 75 %. Jika dibandingkan dengan pembelajaran pada kondisi awal sudah menunjukkan peningkatan. Namun dalam siklus 1 masih ada 7 siswa yang belum tuntas belajarnya. Pada siklus 2 yang dicapai rata-rata 80 dan ketuntasan 89%. Jika dibandingkan dengan pembelajaran pada kondisi awal dan siklus 1 sudah menunjukkan peningkatan. Namun dalam siklus 2 masih ada 3 siswa yang belum tuntas belajarnya. Kedua siswa tersebut kemudian diberikan perbaikan yang pada akhirnya mereka juga tuntas belajar. Pembelajaran IPA konsep “ Permukaan Bumi” sudah dapat dikuasai siswa yang ditandai dengan tercapainya ketuntasan belajar baik secara individual maupun secara klasikal.
Downloads
References
ditama, Y., Komunikasi, D. P.-J. T. I. dan, & 2019, undefined. (2019). Rancang Bangun Media Pembelajaran Ipa (Ayo Mengenal Hewan Dan Tumbuhan) Untuk Kelas 4 Sd Berbasis Android. P3m.Sinus.Ac.Id, 7(1). https://doi.org/10.30646/tikomsin.v7i1.407
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara. Azhar Arsyad, dkk. 1997. Media Pengajaran. Jakarta. PT Grafindo Persada.
Ariyanto, M., Fkip, P., Kristen, U., & Wacana, S. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Journals.Ums.Ac.Id, 3(2), 134–140. https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/3844
Budi Murtiyasa, dkk, 2014. Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta BP- FKIP UMS
Dasar, D. S.-P. P., & 2017, undefined. (n.d.). Pengembangan quantum teaching berbasis video pembelajaran camtasia pada materi permukaan bumi dan cuaca. Journals.Ums.Ac.Id. Retrieved December 7, 2022, from https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/5067
Desstya, A., Novitasari, I. I., Razak, A. F., Sudrajat, K. S., Pendidikan, ), Sekolah, G., Fkip, D., & Surakarta, U. M. (n.d.). Refleksi pendidikan IPA sekolah dasar di Indonesia (relevansi model pendidikan Paulo Freire dengan pendidikan IPA di sekolah dasar). Journals.Ums.Ac.Id. Retrieved December 7, 2022, from https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/2745
Dikdasmen. Pengembangan model pembelajaran yang efektif. http://www.dikdasmen.org/files/KTSP/Pengembangan Model Pembelajaran
Firdausy, A. R., Setyaningsih, N., Suha Ishabu, L., & Waluyo, M. (2019). The contribution of student activity and learning facilities to learning independency and it’s impact on mathematics learning outcomes in junior high school. Journals.Ums.Ac.Id, 1, 29–37. https://doi.org/10.23917/ijolae.v1i2.8104
HadiMulyono, dkk. 2012. Model, Media dan Evaluasi Pembelajaran Guru SekolahDasar. Surakarta. Universitas Sebelas Maret.
Hidayat, E., Ratnaningsih, N., Sunendar, A., & Siregar, J. S. (2020). Ethnomathematics: Disclosing mathematical concept in batak toba traditional house. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012053
Ibrahim. 2000. Model-model Pembelajaran Efektif. Jakarta : P2LPTK Ditjen Dikti- Depdikbud
Igak Wardhani, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Universitas Terbuka
Ishartono, N., Aditya, T. W., Afifah, N., Wulansari K, I. M., Apriliaddina, A., Kharisma, N. P., Ghaisani, S. V, Nala Puti, T., Agung Nurdianzah, R., Dian H, M. K., & Artikel, H. (2020). Implementasi Bimbingan Penggunaan Komputer terhadap UNBK Kelas 9 SMP Muhammadiyah 7 Eromoko, Wonogiri. Journals.Ums.Ac.Id, 2(2). https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.10777
Kartono, dkk. 2012. Pendalaman Materi Bidang Studi Guru Kelas SD. Surakarta. Universitas Sebelas Maret
Katoningsih, S., Dwi Utami, R., Maryana, W., Ishartono, N., Sidiq, Y., Irfadhila, D., & Siswanto, H. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Daring Materi IPA Siswa SD Kelas Rendah. Journals.Ums.Ac.Id, 3(1). https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14832
Kedungdowo, J., Atiqa Sabardila, B., Rahman Fachri, A., Santoso, E., Nur Aini, N., Safitri, M., Meinindya Putri, D., Aisah Damayanti, N., Hermawati, L., Nur Pratiwi, A., Safira, R., & Artikel, H. (2019). Peningkatan Antusiasme dan Pemahaman Siswa dalam PBM melalui Metode Talking Stick di MIM Jatisari Kedungdowo, Boyolali. Journals.Ums.Ac.Id, 1(2). https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10765
Kharismawati, A., Perangkat, A. D.-B. P., & 2021, undefined. (2021). Pemanfaatan Kardus Bekas untuk Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journals.Ums.Ac.Id, 3(2), 67–74. https://doi.org/10.23917/bppp.v4i2.19419
Materi Dikotil dan Monokotil melalui Pembuatan Herbarium Kering di Negeri, P. S., Klaten Andari Tri Suryawati, J., Nuraini, S., Anif, S., Sidiq, Y., Handayani, T., & Artikel, H. (n.d.). Penguatan Materi Dikotil dan Monokotil melalui Pembuatan Herbarium Kering di SD Negeri 3 Jambakan Klaten. Journals.Ums.Ac.Id, 3(2). https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15715
Psikologi, A. S.-I. J. I., & 2016, undefined. (n.d.). Student Engagement dan Parent Involvement sebagai Prediktor Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Yogyakarta. Journals.Ums.Ac.Id. Retrieved December 7, 2022, from https://journals.ums.ac.id/index.php/indigenous/article/view/1769
Suradi dan Djadir. 2004. Model-model Pembelajaran Efektif. Jakarta : P2LPTK Ditjen Dikti-Depdikbud
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ripanto Ripanto, Yuli Widyastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.