Penggunaan Metode Pemecahan Masalah dan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Permukaan Bumi

Authors

  • Ripanto Ripanto Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Yuli Widyastuti Fakultas Ilmu Kesehatan, ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/jkk.v1i2.16

Keywords:

media gambar, pemecahan masalah, permukaan bumi

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat ketuntasan belajar melalui penggunaan   metode pemecahan masalah dan media gambar pada pembelajaran konsep permukaan bumi  pada siswa kelas 4 SDN 2  Gedebeg semester 1 tahun 2015/ 2016.  Kajian  teori  yang  digunakan  adalah  metode  pemecahan  masalah  yang meliputi: pengertian, langkah-langkah penggunaan metode pemecahan masalah, media gambar meliputi: pengertian dan langkah-langkah penggunaan media gambar. Jenis penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas dengan desain 2 siklus, subjek siswa SDN 2 Gedebeg, data dan sumber data berupa hasil dan proses pembelajaran pra siklus, siklus 1, dan siklus 2, teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi, Hasil penelitian membuktikan bahwa : Pada siklus 1 yang dicapai  rata-rata 7,0 dan ketuntasan 75 %. Jika dibandingkan dengan  pembelajaran pada kondisi awal sudah menunjukkan peningkatan. Namun  dalam siklus 1 masih ada 7 siswa yang belum tuntas belajarnya. Pada siklus 2 yang dicapai  rata-rata 80 dan ketuntasan 89%. Jika dibandingkan dengan   pembelajaran pada kondisi awal dan siklus 1 sudah menunjukkan peningkatan. Namun  dalam siklus 2 masih ada 3 siswa yang belum tuntas belajarnya. Kedua siswa tersebut kemudian diberikan perbaikan yang pada akhirnya mereka juga tuntas belajar. Pembelajaran IPA konsep “ Permukaan Bumi” sudah dapat dikuasai siswa yang ditandai dengan tercapainya ketuntasan belajar baik secara individual maupun secara klasikal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ditama, Y., Komunikasi, D. P.-J. T. I. dan, & 2019, undefined. (2019). Rancang Bangun Media Pembelajaran Ipa (Ayo Mengenal Hewan Dan Tumbuhan) Untuk Kelas 4 Sd Berbasis Android. P3m.Sinus.Ac.Id, 7(1). https://doi.org/10.30646/tikomsin.v7i1.407

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara. Azhar Arsyad, dkk. 1997. Media Pengajaran. Jakarta. PT Grafindo Persada.

Ariyanto, M., Fkip, P., Kristen, U., & Wacana, S. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Journals.Ums.Ac.Id, 3(2), 134–140. https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/3844

Budi Murtiyasa, dkk, 2014. Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta BP- FKIP UMS

Dasar, D. S.-P. P., & 2017, undefined. (n.d.). Pengembangan quantum teaching berbasis video pembelajaran camtasia pada materi permukaan bumi dan cuaca. Journals.Ums.Ac.Id. Retrieved December 7, 2022, from https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/5067

Desstya, A., Novitasari, I. I., Razak, A. F., Sudrajat, K. S., Pendidikan, ), Sekolah, G., Fkip, D., & Surakarta, U. M. (n.d.). Refleksi pendidikan IPA sekolah dasar di Indonesia (relevansi model pendidikan Paulo Freire dengan pendidikan IPA di sekolah dasar). Journals.Ums.Ac.Id. Retrieved December 7, 2022, from https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/2745

Dikdasmen. Pengembangan model pembelajaran yang efektif. http://www.dikdasmen.org/files/KTSP/Pengembangan Model Pembelajaran

Firdausy, A. R., Setyaningsih, N., Suha Ishabu, L., & Waluyo, M. (2019). The contribution of student activity and learning facilities to learning independency and it’s impact on mathematics learning outcomes in junior high school. Journals.Ums.Ac.Id, 1, 29–37. https://doi.org/10.23917/ijolae.v1i2.8104

HadiMulyono, dkk. 2012. Model, Media dan Evaluasi Pembelajaran Guru SekolahDasar. Surakarta. Universitas Sebelas Maret.

Hidayat, E., Ratnaningsih, N., Sunendar, A., & Siregar, J. S. (2020). Ethnomathematics: Disclosing mathematical concept in batak toba traditional house. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012053

Ibrahim. 2000. Model-model Pembelajaran Efektif. Jakarta : P2LPTK Ditjen Dikti- Depdikbud

Igak Wardhani, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Universitas Terbuka

Ishartono, N., Aditya, T. W., Afifah, N., Wulansari K, I. M., Apriliaddina, A., Kharisma, N. P., Ghaisani, S. V, Nala Puti, T., Agung Nurdianzah, R., Dian H, M. K., & Artikel, H. (2020). Implementasi Bimbingan Penggunaan Komputer terhadap UNBK Kelas 9 SMP Muhammadiyah 7 Eromoko, Wonogiri. Journals.Ums.Ac.Id, 2(2). https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.10777

Kartono, dkk. 2012. Pendalaman Materi Bidang Studi Guru Kelas SD. Surakarta. Universitas Sebelas Maret

Katoningsih, S., Dwi Utami, R., Maryana, W., Ishartono, N., Sidiq, Y., Irfadhila, D., & Siswanto, H. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Daring Materi IPA Siswa SD Kelas Rendah. Journals.Ums.Ac.Id, 3(1). https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14832

Kedungdowo, J., Atiqa Sabardila, B., Rahman Fachri, A., Santoso, E., Nur Aini, N., Safitri, M., Meinindya Putri, D., Aisah Damayanti, N., Hermawati, L., Nur Pratiwi, A., Safira, R., & Artikel, H. (2019). Peningkatan Antusiasme dan Pemahaman Siswa dalam PBM melalui Metode Talking Stick di MIM Jatisari Kedungdowo, Boyolali. Journals.Ums.Ac.Id, 1(2). https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10765

Kharismawati, A., Perangkat, A. D.-B. P., & 2021, undefined. (2021). Pemanfaatan Kardus Bekas untuk Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journals.Ums.Ac.Id, 3(2), 67–74. https://doi.org/10.23917/bppp.v4i2.19419

Materi Dikotil dan Monokotil melalui Pembuatan Herbarium Kering di Negeri, P. S., Klaten Andari Tri Suryawati, J., Nuraini, S., Anif, S., Sidiq, Y., Handayani, T., & Artikel, H. (n.d.). Penguatan Materi Dikotil dan Monokotil melalui Pembuatan Herbarium Kering di SD Negeri 3 Jambakan Klaten. Journals.Ums.Ac.Id, 3(2). https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15715

Psikologi, A. S.-I. J. I., & 2016, undefined. (n.d.). Student Engagement dan Parent Involvement sebagai Prediktor Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Yogyakarta. Journals.Ums.Ac.Id. Retrieved December 7, 2022, from https://journals.ums.ac.id/index.php/indigenous/article/view/1769

Suradi dan Djadir. 2004. Model-model Pembelajaran Efektif. Jakarta : P2LPTK Ditjen Dikti-Depdikbud

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Ripanto, R., & Widyastuti, Y. . (2022). Penggunaan Metode Pemecahan Masalah dan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Permukaan Bumi. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 1(2), 81–92. https://doi.org/10.23917/jkk.v1i2.16

Issue

Section

Articles