Implementasi Program Pendidikan bagi Anak-Anak WNI di ICC Ladang Kosma Malaysia

Authors

  • Rizky Habibur Rohman Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
    Indonesia
  • Dwi Prastyo Fakultas Pesikologi dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
    Indonesia
  • Ahmad Iqbal Hidayat Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
    Indonesia
  • Randy Saputra Mahmud Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar
    Indonesia
  • Syamsudduha Syahrorini Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
    Indonesia
  • Rita Rahmaniati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
    Indonesia
  • Fathul Zannah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/jkk.v2i4.163

Keywords:

akses belajar, anak-anak migran, program pendidikan

Abstract

Program pendidikan formal memainkan peran penting dalam memberikan akses pendidikan yang adil bagi anak-anak migran, terutama mereka yang tinggal di Malaysia. Namun, masih terdapat banyak hambatan dalam memastikan akses pendidikan yang memadai bagi anak-anak Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Malaysia, terutama di sektor perkebunan kelapa sawit dan menggambarkan implementasi program pendidikan bagi anak-anak WNI di perkebunan kelapa sawit Ladang Kosma Malaysia, yang bertujuan untuk mengatasi ketidaksetaraan pendidikan. KKN-KI PTMA ini melibatkan kegiatan pembelajaran seperti kelas membaca, berhitung, keterampilan, dan aktivitas sosial, serta dukungan psikososial untuk anak-anak. KKN-KI PTMA ini menunjukkan bahwa program pendidikan yang dilakukan oleh tim pengabdian berhasil memfasilitasi akses belajar bagi anak-anak migran di ICC Ladang Kosma. Keanekaragaman peserta didik mempengaruhi pembagian kelas berdasarkan rentang usia, dan pembelajaran disesuaikan dengan tingkat kemampuan dan kebutuhan masing-masing kelas. Kolaborasi antara pemerintah Indonesia, perusahaan perkebunan kelapa sawit, KBRI, dan masyarakat setempat juga penting dalam meningkatkan efektivitas dan keberlanjutan program pendidikan ini. Pengabdian ini menyimpulkan bahwa implementasi program pendidikan bagi anak-anak WNI di perkebunan kelapa sawit merupakan langkah penting dalam mengatasi ketidaksetaraan pendidikan dan memberikan mereka kesempatan untuk belajar dan berkembang, sehingga meningkatkan peluang mereka untuk masa depan yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, A., & Insani, A. (2023). Understanding of Sex Education in Early Children in View from the Role of Parenting Parents. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 6(1), 11–22.

Anita, Darwita, & Bahaudin, A. (2021). Kerjasama Indonesia Malaysia dalam Pendidikan Anak TKI di Sabah. Hasanudin Journal of International Affairs, 1(2), 193–216.

Aswindo, M., Hanita, M., & Simon, A. J. (2021). Kerentanan dan Ketahanan Pekerja Migran Indonesia di Malaysia pada Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Kajian Lemhannas RI.

Chear, S. L. S., & Yunus, M. M. (2019). Strategi Penerapan Kemahiran Abad Ke-21 dalam Latihan Guru Prasekolah: Strategies to Implement 21st Century Skills in Preschool Teachers Training. Southeast Asia Early Childhood Journal, 8(1), 1–10.

Chew, F. P., & Ismail, M. F. (2020). Pelaksanaan Pendekatan Bermain dalam Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Melayu Murid Prasekolah: the Implementation of Play Approach in Teaching and Learning of Malay Language for Preschool Students. Jurnal Pendidikan Awal Kanak-Kanak Kebangsaan, 9(1), 14–25.

Chusna, A., Triyono, T., & Ramli, M. (2017). Profil Moralitas Anak Buruh Migran Indonesia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(3), 371–376.

Fathurrahman, F., & Muhtarom, A. (2019). Pengaruh Pembinaan Tri Dharma Perguruan Tinggi terhadap Perilaku Dosen sebagai Sumber Daya Manusia Pendidikan. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 4(1), 45–48.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40–47.

Gunawan, I. (2021). Analisis Sitasi pada JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Malang, 2018-2020. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(2), 163–170.

Harlistyarintica, Y., Anjarsari, I., & Furi, A. Z. (2023). Pembelajaran Jarak Jauh dengan Metode Daring: Tantangan Guru Taman Kanak-Kanak. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 6(1), 1–10.

Harsono, A. H. (2016). Penerapan Tata Kelola Keuangan di Universitas Islam Batik Surakarta untuk Mewujudkan Good University Governance. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 58–74.

Hastuti, I. B., & Musslifah, A. R. (2023). Implementation of Individual Learning for Children with Special Needs. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 6(1), 23–31.

Hidayat, M. N., & Hariyani, N. (2022). Mewujudkan Pemerataan Pendidikan: CLC di Perbatasan Indonesia-Malaysia. Global Focus, 2(2).

Hidayati, Y. M. (2012). Pembelajaran Penjumlahan Bilangan Pecahan dengan Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) di SD Muhamamdiyah Program Khusus, Kota Barat, Surakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, 13(1).

Kusuma, E. R. (2022). Pengembangan Modul Digital tentang Peristiwa G30S/PKI untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 5(1), 100–109.

Mahardhani, A. J., Sutrisno, S., Rusdiani, N. I., Cahyono, H., Asmaroini, A. P., Kristiana, D., & Ayuningtyas, E. D. P. (2023). Pembelajaran Lintas Budaya melalui Aktivitas Mengajar pada Sanggar Bimbingan Non Formal di Malaysia. Dharma Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 58–67.

Muhtarom, H., & Andi, A. (2022). Edukasi Nilai-nilai Karakter Pelajar Pancasila terhadap Anak Imigran Indonesia di Wilayah Gombak, Malaysia. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 167–174.

Mukti, T. C. L., Iriani, A., & Dwikurnaningsih, Y. (2021). Model Kolaborasi TQM dalam Pemenuhan Tridharma Perguruan Tinggi. Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(3).

Mulia, D. S. (2011). Social Networks, Gender Differences and Survival Strategies: Evidence from Undocumented Immigrants in Sabah, East Malaysia. Bumantara Journal of Social and Political Development, 1(2), 43–64.

Mulia, D. S. H. (2000). Pekerja Asing di Sabah: Isu dan Perspektif dalam Dzurizah Ibrahim, Balakrishnan Parasuraman & Rosazman Hussin. Hubungan Industri Dan Sumber Manusia: Isu Dan Perspektif. Kota Kinabalu: Sekolah Sains Sosial UMS [Universiti Malaysia Sabah].

Mutiara, I. L., Lasan, B. B., & Triyono, T. (2020). Studi Kasus Kebiasaan Belajar dan Self Management pada Anak Pekerja Migran. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(4), 440–446.

Pradiko, I., Hidayat, F., Darlan, N. H., Santoso, H., Rahutomo, S., & Sutarta, E. S. (2016). Distribusi Perakaran Kelapa Sawit dan Sifat Fisik Tanah pada Ukuran Lubang Tanam dan Aplikasi Tandan Kosong Sawit yang Berbeda. Jurnal Penelitian Kelapa Sawit, 24(1), 23–38.

Prihatin, E. (2011). Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Rahmawati, L. E., & Thalia, N. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Ilmiah Mahasiswa S1 Fisioterapi UMS dengan Metode Kolaborasi pada Tahun Akademik 2012/2013. Jurnal Penelitian Humaniora, 13(2), 178–189.

Ratnawati, W. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Adab Makan Bersama di Kelas. Jurnal Varidika, 31(2), 87–91.

Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Varidika, 33(1), 54–62.

Roisyah, N., Inayati, N. L., & Saifudin, S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab Masa Pandemi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tajdida: Jurnal Pemikiran dan Gerakan Muhammadiyah, 19(1), 42–56.

Rustinar, E. (2017). Clitic-lah in Constructing Swear of Bengkulu-Malay Language. Sixth International Conference on Languages and Arts (ICLA 2017), 175–179.

Rustinar, E., & Kusmiarti, R. (2021). Struktur Bahasa pada Toponimi Jalan di Kota Bengkulu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 167–181.

Sofeny, D. (2017). The Effectiveness of Discovery Learning in Improving English Writing Skill of Extroverted and Introverted Students. Jurnal Penelitian Humaniora, 18(1), 41–46.

Subekti, N., Syah, M. F. J., Jariono, G., Kartikasari, E. D., Pramudya, R. S. A., Bahri, A. S., & Kuswanty, N. H. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar melalui Program Pendampingan Pembelajaran bagi Siswa Sanggar Belajar PPWNI Klang Malaysia. Warta LPM, 235–244.

Tristanti, L. B., Ernawati, W., & Hidayati, W. S. (2021). Penerapan Video Media Pembelajaran Penjumlahan Bilangan Bulat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 413–424.

Tusino, T. (2013). The Effectiveness of Peer Editing to Improve the Student’s Essay Writing Skill. Jurnal Penelitian Humaniora, 14(2).

Udhwalalita, A. A., & Hakim, M. F. (2023). Pemenuhan Pendidikan Anak-Anak Pmi Di Malaysia Oleh Pusat Pendidikan Warga Negera Indonesia. Siyar Journal, 3(1), 31–42.

Wulandari, A. B., & Rustinar, E. (2022). Implementasi Diplomasi Pendidikan Anak Migran Indonesia di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(09), 1110–1117.

Downloads

Published

2023-11-21

How to Cite

Rohman, R. H., Prastyo, D. ., Hidayat, A. I. ., Mahmud, R. S. ., Syahrorini, S. ., Rahmaniati, R. ., & Zannah, F. . (2023). Implementasi Program Pendidikan bagi Anak-Anak WNI di ICC Ladang Kosma Malaysia. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 2(4), 237–252. https://doi.org/10.23917/jkk.v2i4.163

Issue

Section

Articles