Peran Bimbingan Konseling dalam Pengembangan Bakat Peserta Didik di Sanggar Bimbingan Kuala Langat Malaysia

Authors

  • Reza Hawari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
    Indonesia
  • M. Fauzi Hasibuan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
    Indonesia
  • Robie Fanreza Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
    Indonesia
  • Ady Ferdian Noor Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
    Indonesia
  • Weni Hastuti Fakultas Ilmu Kesehatan, ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/jkk.v3i3.164

Keywords:

peran bimbingan konseling, pengembangan bakat, potensi siswa, sanggar bimbingan

Abstract

Penelitian ini membahas proses pengembangan potensi diri peserta didik dalam mengembangkan bakat di Sanggar Bimbingan Kuala Langat, Malaysia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran bimbingan konseling dalam pengembangan bakat pada diri peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sampel penelitian yaitu 16 peserta didik, 2 guru, dan 1 pengelola. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses pengembangan diri bergantung pada kreativitas guru, pengelola, dan tenaga kependidikan lainnya. Peserta didik dapat mengembangkan bakatnya karena mereka melaksanakan komitmen awal belajar dengan baik dan disiplin sehingga tercapai target dan keinginan masing-masing peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, N. (2021). Efektivitas Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Pemahaman Belajar Anak pada Masa Pandemi di Desa Babelan Kota. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(87), 97–110. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings

Apriyani, D. D., & Sirait, E. D. (2019). Pengaruh Kecerdasan Numerik dan Minat Belajar terhadap Kemampuan Penalaran Matematika. Simposium Nasional Ilmiah, 1(1), 107. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/view/4916

Cahyaningtyas, H., Dale, A. A., Karimah, F. N., & Caesaria, I. (2020). Kebahagiaan pada Guru Sekolah Luar Biasa (SLB). Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 93-102.

Fuadi, D., Harsono, H., Syah, M. F. J., Susilo, A., Suhaili, S., & Wahyono, B. (2021). Self-Governance: Internationalization Management of Distinctive Higher Education towards the World Class University. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(2), 96-113.

Gianty, G. (2017). Hak Cipta dan Penggunaan Kembali: Lisensi Ini Mengizinkan Setiap Orang untuk Menggubah, Memperbaiki, dan Membuat Ciptaan Turunan Bukan untuk Kepentingan Komersial, Selama Anda Mencantumkan Nama Penulis dan Melisensikan Ciptaan Turunan dengan Syarat Ya. Journal of Experimental Psychology: General, 136(1), 23–42. http://kc.umn.ac.id/5548/1/BAB II.pdf

Ilmiah, J., Pendidikan, P., Inggris, B., & Thahir, A. (2021). Efektivitas Penerapan Peta Konsep terhadap Minat Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik UPT SDN 193. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Inggris, 10(68), 52–57.

Lengkey, Y. (2020). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Pengembangan Minat dan Bakat Siswa. Jurnal Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 1(1), 1–7. https://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/index.php/educouns/article/view/96

Mandasari, Y., Ahmad, A., Yulianti, N., Sufanti, M., & Rahmawati, L. E. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Profetik melalui Optimalisasi Peran Taman Pendidikan Al-Quran di Sumberjatipohon, Grobogan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 100-106.

Muzaqi, A., Ratih, K., & Sutopo, A. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik melalui Bimbel pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 70-77.

Nareswari, A., & Inayati, N. L. (2022). Pembentukan Karakter melalui Program Trenclass di SMA Muhammadiyah Wonosobo. Jurnal Keilmuan dan Keislaman, 152-163.

Nurtianingsih, T., Indratyaseta, A. D. P., Putra, R. I., & Indah, T. (2022). Upaya Meningkatkan Literasi Siswa melalui Program Kelompok Belajar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 17-24.

Prasetya, I., Ulima, E. T., Jayanti, I. D., Pangestu, S. G., Anggraeni, R., & Arfiah, S. (2019). Kegiatan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelurahan Bolong Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 1(1), 30-34.

Prayitno, H. J., Rahmawati, F. N., & Pradana, F. G. (2022). Pembentukan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar melalui Permainan Tradisional. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 1-9.

Prihastuti, L., Fitriyani, S., Romadhon, F. H., Pratiwi, D. R., & Prayitno, H. J. (2021). Pembelajaran Kreatif Guna Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 21-30.

Sukamto, P. (2019). Bab II Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Downloads

Published

2024-07-26

How to Cite

Hawari, R., Hasibuan, M. F. ., Fanreza, R. ., Noor, A. F. ., & Hastuti, W. . (2024). Peran Bimbingan Konseling dalam Pengembangan Bakat Peserta Didik di Sanggar Bimbingan Kuala Langat Malaysia. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 3(3), 204–211. https://doi.org/10.23917/jkk.v3i3.164

Issue

Section

Articles