Peningkatan Konsep Pembentukkan Tanah melalui Problem Based Introduction (PBI) dan Media Gambar pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23917/jkk.v1i2.17Keywords:
Media Gambar, Pembentukan Tanah, PBIAbstract
Latar belakang Hasil atau prestasi belajar IPA di kelas V SD Negeri Temengeng untuk konsep pembentukan tanah menunjukkan nilai yang rendah. Hal ini ditandai dengan hasil yang dicapai siswa sebagai berikut: 5 siswa atau 25% mencapai ketuntasan belajar sedangkan 15 siswa atau 75% belum mencapai ketuntasan belajar. Rendahnya hasil atau prestasi belajar IPA konsep pembentukkan tanahdi kelas V SD Negeri Temengeng, Kecamatan Sambong dikarenakan dalam pembelajaran guru belum menggunakan metode, alat peraga atau pun media pembelajaran serta belum menggunakan skenario pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik materi maupun kondisi peserta didik sehingga memungkinkan peserta didik kurang aktif dan kreatif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa kelas V SD Negeri Temengeng dalam pembelajaran konsep pembentukkan tanah dengan menggunakan media gambar dan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Intruduction (PBI)). Hasil penelitian adalah pembelajaran IPA pada konsep pembentukkan tanah menggunakan model pembelajaran PBI dan media gambar ada peningkatan dibandingkan dengan pembelajaran dengan konvensional. Nilai rata–rata pada siklus 1 ini naik menjadi 73 dengan ketuntasan sebesar 80%. Pada siklus 2 ada peningkatan yang signifikan pada siklus 2, yaitu hasil yang dicapai dapat mencapai ketuntasan belajar secara individual. Nilai rata-rata siswa 88 dengan ketuntasan 90% dan memenuhi standart yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Berdasarkan hasil yang dicapai dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA pada konsep pembentukkan tanah menggunakan model pembelajaran PBI dan media gambar dapat digunakan sebagai acuan dalam pembelajaran materi atau bidang studi lain.
Downloads
References
Anityah, Sri. (2006). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Arikunto, Suharsimi, dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara.
Budi Murtiyasa, dkk. (2014). Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta BP- FKIP UMS
BNSP. (2007). Pedoman Penilaian Hasil Belajar di SD. Jakarta: Depdiknas.
BNSP. (2007). Standar Kompetensi dan kompeternsi Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas I.G.A.K wardani, K, Wihardit dan Noehi Nasoetion. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka
Munawar, Indra. (2009). Hasil Belajar Pengertian dan Definisi dapat diakses pada URL: http://indramunawar. Blogspot. Com/2009/06/hasil-belajar-pengertian-dan-definisi.html
Nono Sutarno, dkk. (2008). Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakata: Universitas Terbuka.
Oemar Hamalik. (1993). Metode Mengajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.
Rustaman, Suryani. (2012). Materi dan Pembeljaran IPA SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
Suryanto, Adi. (2010). Evaluasi Pembelajaran da SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Sapriati, Amalia. (2009). Pembelajaran IPA di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
Sumardi, Yosaphat. (2009). Konsep Dsar IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Tim Penulis FKIP. (2013). PanduanTugas Akhir Program Sarjana FKIP. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
Wardani, IGAK dan Kuswaya Wihandrit. (2004). Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka.
Wardani, IGAK, dkk. (2008). Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Universitas Terbuka.
Budiharjo. (2013). Optimalisasi Prestasi Belajar Materi Elektromagnet dengan Menggunakan Pendekatan Eksperimen dalam Pembelajaran IPA pada Peserta Didik Kelas IX A SMP Negeri 3 Teras Semester Gasal Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012. Varia Pendidikan, 25(2), 195–204.
Cahyaningsih, E., & Karunia Assidik, G. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Materi Teks Berita. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.23917/bppp.v3i1.19385
Pratama, A. Y., & Purwoto, B. H. (2019). Sistem Monitoring dan Kendali Operasi Pompa Air di Daerah Persawahan. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 19(02), 98–102.
Siregar, A. J. (2016). Student Engagement dan Parent Involvement Sebagai Prediktor Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Yogyakarta. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 61. https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i1.1769
Susanto, A., Monico, K., & Renaningsih, R. (2022). Tinjauan Kuat Dukung Tanah Lempung Bayat – Klaten dengan Bahan Stabilisasi Slag Baja. Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil, 1(1), 37–45. https://doi.org/10.23917/dts.v1i1.18530
Utama, W. T. S., Syaefudhin, S., Yusanta, A. P., Ninggar, F. D., & Savega, P. A. Y. (2018). Rancang Bangun Prototipe Pengatur Kelembaban Tanah Sekaligus Penyiraman Otomatis (Promatan Seratis). Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 18(2), 64–66. https://doi.org/10.23917/emitor.v18i2.6359
Yulianto, M., & Putri, D. A. P. (2020). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Iklim dan Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 20(2), 128–133. https://doi.org/10.23917/emitor.v20i02.9088
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Hadi Sutoyo, Suwarno Suwarno, Novia Citra Pariningsih, Agung Setya Wardana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.