Peningkatan Konsep Pembentukkan Tanah melalui Problem Based Introduction (PBI) dan Media Gambar pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Hadi Sutoyo Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Suwarno Suwarno Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Novia Citra Pariningsih Fakultas Ilmu Formal dan Ilmu Terapan, Universitas Muhammadiyah Madiun
    Indonesia
  • Agung Setya Wardana Fakultas Ilmu Kesehatan, ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/jkk.v1i2.17

Keywords:

Media Gambar, Pembentukan Tanah, PBI

Abstract

Latar belakang Hasil atau prestasi belajar IPA di kelas V SD Negeri Temengeng untuk konsep pembentukan tanah menunjukkan nilai yang rendah. Hal ini   ditandai dengan hasil yang dicapai   siswa sebagai berikut: 5 siswa atau 25% mencapai ketuntasan belajar sedangkan 15 siswa atau 75% belum mencapai ketuntasan belajar. Rendahnya hasil atau prestasi belajar IPA konsep pembentukkan tanahdi kelas V SD Negeri Temengeng, Kecamatan Sambong dikarenakan dalam pembelajaran guru belum menggunakan metode, alat peraga atau pun media pembelajaran  serta  belum  menggunakan  skenario  pembelajaran  yang disesuaikan dengan karakteristik materi maupun kondisi peserta didik sehingga memungkinkan peserta didik kurang aktif dan kreatif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa  kelas V SD Negeri Temengeng dalam pembelajaran konsep pembentukkan tanah dengan menggunakan   media gambar dan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Intruduction (PBI)). Hasil penelitian adalah pembelajaran IPA pada konsep pembentukkan tanah menggunakan model pembelajaran PBI dan media gambar ada peningkatan dibandingkan  dengan  pembelajaran  dengan  konvensional.  Nilai  rata–rata  pada siklus 1 ini naik menjadi 73 dengan ketuntasan sebesar 80%. Pada siklus 2 ada peningkatan  yang signifikan pada siklus 2, yaitu  hasil yang dicapai dapat mencapai ketuntasan belajar secara individual. Nilai rata-rata siswa 88 dengan ketuntasan 90% dan memenuhi standart yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Berdasarkan hasil yang dicapai dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA pada konsep pembentukkan tanah  menggunakan model pembelajaran PBI dan media gambar dapat digunakan sebagai acuan dalam pembelajaran materi atau bidang studi lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anityah, Sri. (2006). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara.

Budi Murtiyasa, dkk. (2014). Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta BP- FKIP UMS

BNSP. (2007). Pedoman Penilaian Hasil Belajar di SD. Jakarta: Depdiknas.

BNSP. (2007). Standar Kompetensi dan kompeternsi Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas I.G.A.K wardani, K, Wihardit dan Noehi Nasoetion. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka

Munawar, Indra. (2009). Hasil Belajar Pengertian dan Definisi dapat diakses pada URL: http://indramunawar. Blogspot. Com/2009/06/hasil-belajar-pengertian-dan-definisi.html

Nono Sutarno, dkk. (2008). Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakata: Universitas Terbuka.

Oemar Hamalik. (1993). Metode Mengajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Rustaman, Suryani. (2012). Materi dan Pembeljaran IPA SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Suryanto, Adi. (2010). Evaluasi Pembelajaran da SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Sapriati, Amalia. (2009). Pembelajaran IPA di SD. Jakarta : Universitas Terbuka

Sumardi, Yosaphat. (2009). Konsep Dsar IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Tim Penulis FKIP. (2013). PanduanTugas Akhir Program Sarjana FKIP. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Wardani, IGAK dan Kuswaya Wihandrit. (2004). Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka.

Wardani, IGAK, dkk. (2008). Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Universitas Terbuka.

Budiharjo. (2013). Optimalisasi Prestasi Belajar Materi Elektromagnet dengan Menggunakan Pendekatan Eksperimen dalam Pembelajaran IPA pada Peserta Didik Kelas IX A SMP Negeri 3 Teras Semester Gasal Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012. Varia Pendidikan, 25(2), 195–204.

Cahyaningsih, E., & Karunia Assidik, G. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Materi Teks Berita. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.23917/bppp.v3i1.19385

Pratama, A. Y., & Purwoto, B. H. (2019). Sistem Monitoring dan Kendali Operasi Pompa Air di Daerah Persawahan. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 19(02), 98–102.

Siregar, A. J. (2016). Student Engagement dan Parent Involvement Sebagai Prediktor Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Yogyakarta. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 61. https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i1.1769

Susanto, A., Monico, K., & Renaningsih, R. (2022). Tinjauan Kuat Dukung Tanah Lempung Bayat – Klaten dengan Bahan Stabilisasi Slag Baja. Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil, 1(1), 37–45. https://doi.org/10.23917/dts.v1i1.18530

Utama, W. T. S., Syaefudhin, S., Yusanta, A. P., Ninggar, F. D., & Savega, P. A. Y. (2018). Rancang Bangun Prototipe Pengatur Kelembaban Tanah Sekaligus Penyiraman Otomatis (Promatan Seratis). Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 18(2), 64–66. https://doi.org/10.23917/emitor.v18i2.6359

Yulianto, M., & Putri, D. A. P. (2020). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Iklim dan Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 20(2), 128–133. https://doi.org/10.23917/emitor.v20i02.9088

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Sutoyo, H., Suwarno, S., Pariningsih, N. C. ., & Wardana, A. S. . (2022). Peningkatan Konsep Pembentukkan Tanah melalui Problem Based Introduction (PBI) dan Media Gambar pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 1(2), 93–105. https://doi.org/10.23917/jkk.v1i2.17

Issue

Section

Articles