Analisis Resepsi terhadap Romantisme pada Vlog Youtube (Studi Analisis Resepsi Vlog Youtube “Isti Ve Musab” pada Penonton Perempuan)

Authors

  • Aninda Farah Malikha Fakultas Komunikasi dan Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Yudha Wirawanda

DOI:

https://doi.org/10.23917/jkk.v1i3.19

Abstract

YouTube adalah media atau platform yang menyediakan tempat bagi audiens untuk membagikan berbagai informasi berupa video. Sampai saat ini sudah banyak akun YouTube yang bisa di- subcribe dan banyak konten yang bisa ditonton oleh khalayak umum, salah satunya adalah Isti ve Musab. Akun YouTube yang dikelola oleh pasangan suami-istri berlatar belakang beda budaya, Indonesia-Turki, membagikan kegiatatan kesehariannya melalui sebuah vlog. Hal-hal romantis tidak terlepas dari mereka sebagai pasangan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penonton wanita memaknai romantisme pada vlog di akun YouTube ‘Isti ve Musab’. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan menggunakan teknis analisis resepsi. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive random sampling dengan kategori penonton wanita usia 18-24 tahun dan sudah menonton beberapa video di akun YouTube tersebut. Sumber data utama didapat melalui wawancara mendalam (in-depth interview) dengan para informan. Langkah-langkah analisis resepsi 1) Pengumpulan data, 2) Membuat transkrip dari data yang diperoleh, 3) Menyajikan data hasil atau rangkuman data wawancara, dan 4) Menarik kesimpulan. Triangulasi data digunakan untuk melakukan pengujian validitas data. Hasil penelitian, konten video yang diunggah di akun YouTube Isti ve Musab menunjukkan kedua pasangan tersebut merupakan pasangan yang romantis. Analisis terhadap romantisme pada akun youtube Isti Ve Musab diketahui adanya 1) Makna romantisme sebagai komitmen hubungan, dimana hanya informan 4 dan 6 yang mengatakan tidak setuju jika perbedaan kewarganegaraan akan menjadikan suatu romantisme sebagai komitmen hubungan. Menurutnya, faktor personality atau kepribadian individu masing-masing pasanganlah yang akan mempengaruhi hubungan romantis suatu pasangan, dan 2) Makna romantisme merupakan bentuk perwujudan komitmen pernikahan, dari unggahan video yang diunggah di akun YouTube Isti ve Musab banyak menunjukkan romantisme yang merupakan bentuk perwujudan komitmen pernikahan. Ke-enam informan setuju dengan hal itu dikarenakan melihat perlakuan romantis Musab kepada Isti.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bland, A. M., & McQueen, K. S. (2018). The distribution of Chapman’s love languages in couples: An exploratory cluster analysis. Couple and Family Psychology: Research and Practice Journal, 7(2), 103.

Briandana, R., Fasta, F., Miharja, E. J., & Qasem, A. (2021). Exploring Self Identity: An Analysis of Audience Reception of Vlogs. International Journal Communication Research, Vol.6, No.2.

Dhamayanti, Rahmalia. (2016). Poligami dalam Film (Analisis Resepsi Audiens terhadap Alasan Poligami dalam Film Indonesia Tahun 2006-2009). Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 7(1), 37-44.

Fehr, B., Harasymchuk, C., & Sprecher, S. (2014). Compassionate Love in Romantic Relationships: A Review and Some New Findings. Journal of Social and Personal Relationships, 31(5), 575-600.

Fedor, Cătălin-George. (2014). Stereotypes and Prejudice in the Perception of the “Other”. Procedia-Social and Behavioral Sciences. Page 1-149.

Ferina, Alexandra. (2019). Pengelolaan Ketidakpastian pada Pengguna Aplikasi Kencan dalam Membina Hubungan Romantis (Studi Fenomenologi pada Pengguna Tinder di Jakarta). Skripsi. Universitas Pertamina.

Fiske John. (1995). Memahami Budaya Populer. Yogyakarta: JALASUTRA.

Flew. T, (2008) New Media: an Introduction, New York: Oxford University.

Furman, W. & Shomaker, L. (2008). Patterns of interaction in adolescent romantic relationships: Distinct features and associations with other close relationships. Journal of Adolescence, 31, 771-778.

Gamble, Michael., & Gamble, Teri Kwal. (2005). Communication Work. New York: The McGraw-Hill Companies.

Hak Cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Pusat Bahasa). Bersahaja (Def. 1) dan Biasa (Def. 1). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Diakses 03 Agustus 2021, melalui https://kbbi.web.id/.

Ida, Rachmah. (2014). Metode Penelitian Studi Media dan Kajian Budaya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Jerves, E., Rober, P., & Enzlin, P. (2013). Characteristics of Romantic Relationships during Adolescence: A Review of Anglo-Western Literature. Maskana, 4(2), 21-34.

Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Lestari, Maya Puji, & Rina Sari Kusuma. (2019). Hubungan Romantis di Media Sosial (Resepsi Pengguna terhadap Keterbukaan Hubungan Romantis yang Diunggah Selebgram di Instagram). Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 11(1), 28-44.

Littlejohn, S & Karen A. Foss. (2009). Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Maharani, Rizki Nada Eka. (2020). Studi Khalayak Perempuan tentang Hubungan Romantis Ideal Remaja dari Tayangan Sinetron. Naskah Publikasi UMS Surakarta.

Maruta, Andini Sekar. (2018). Analisis Resepsi Audiens Terhadap Personal Branding Gita Savitri dalam Youtube Channel Gita Savitri. Skripsi. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

McQuail, Denis. (2011). McQuail’s Reader in Mass Communication Theory. London: Sage Publication.

Miller, Rowland S. (2012). Intimate Relationships. Sixth Edition. Sam Houston State University.

Molyneaux, H., O’Donnell, S., Gibson, K., & Singer, J. (2008). Exploring the Gender Divide on YouTube: An Analysis of the Creation and Reception of Vlogs. American Communication Journal, 10(2).

Morrison, M. A. (2010). Teori Komunikasi Massa: Media, Budaya, dan Masyarakat. Bogor: PT Ghalia Indonesia.

Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nitami, Listya, & Ruth Mei Ulina Malau. (2017). Makna Romantisme dalam Reality Show TRANS TV (Analisis Resepsi Penonton pada Tayangan Reality Show “Katakan Putus”. e-Proceeding of Management: Vol.4, No.2.

Novia., DR Meta, dan Erik Purnama Putra. (2015). Terjadi 40 Perceraian per Jam di Indonesia. Diambil dari https://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/15/06/30/nqqoszte- terjadi-40-perceraian-per-jam-di-indonesia

Nurazizah, Retna Sari. (2017). Analisis Resepsi pada Channel Game Reza Oktovian. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi – Almamater Wartawan Surabaya.

Nurdin., Amin., & Ahmad Rido. (2020). Identitas dan Kebanggaan Menjadi Orang Minangkabau: Pengalaman Perantau Minang Asal Nagari Sulit Air. Jakarta: Hindus (Himpunan Peminat Ilmu-Ilmu Ushuluddin).

Reeder, G. D. (2008). Perception of Goals and Motives in Romantic Relationship. In Sprechser A. Wensel. New York: Psychology Press.

Ruben, B. D., & Stewart, L. P. (2013). Komunikasi dan Perilaku Manusia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Schmittauer, Amy. (2018). Vlog Like a Boss. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Shaw, A. (2017). Encoding and Decoding Affordances: Stuart Hall and Interractive Media Technologies. Media, Culture & Society, 39(4), 592-602. https//doi.org/10.1177/0163443717692741

Sihabuddin, A. (2011). Komunikasi Antarbudaya: Satu Perspektif Multidimensi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

West, Richard, & Lynn H. Turner. (2010). Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.<https://id.noxinfluencer.com/youtube/channel/UC3LrM2hhKDGUn0-S-QyT9Q> (diakses pada 10 Maret 2020 pukul 10:50 WIB)

Lestari, M. P., & Kusuma, R. S. (2019). Hubungan Romantis di Media Sosial (Resepsi Pengguna terhadap Keterbukaan Hubungan Romantis yang Diunggah Selebgram di Instagram). Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 11(1), 28–44. https://doi.org/10.23917/komuniti.v10i3.5944

Ramadhan, M. S. (2020). Penggunaan Media Massa untuk Mengedukasi Masyarakat Tentang Pemasyarakatan. Law and Justice, 5(1), 71–86. https://doi.org/10.23917/laj.v5i1.10421

Santoso, S. (2021). Analisis Resepsi Audiens Terhadap Berita Kasus Meiliana di Media Online. Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 12(2), 140–154. https://doi.org/10.23917/komuniti.v12i2.13285

Setyaningsih, R. (2017). Model Literasi Media Berbasis Kearifan Lokal Pada Masyarakat Kampung Dongkelan Kauman Daerah Istimewa Yogyakarta. Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi, 9(2), 118–125. http://journals.ums.ac.id/index.php/komuniti/article/viewFile/4520/3503

Downloads

Published

2022-12-27

How to Cite

Malikha, A. F., & Wirawanda, Y. (2022). Analisis Resepsi terhadap Romantisme pada Vlog Youtube (Studi Analisis Resepsi Vlog Youtube “Isti Ve Musab” pada Penonton Perempuan). Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 1(3), 128–151. https://doi.org/10.23917/jkk.v1i3.19

Issue

Section

Articles