Pembentukan Karakter melalui Program Trenclass di SMA Muhammadiyah Wonosobo

Authors

  • Alina Nareswari Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Nurul Latifatul Inayati Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/jkk.v1i3.22

Keywords:

pembentukan karakter, program trenclass

Abstract

Minimnya Pendidikan karakter yang didapatkan siswa sebagai pembentukan karakter akan menyebabkan semakin tingginya krisis moral pada para generasi penerus bangsa. Pendidikan karakter pada sekolah merupakan sebuah pilihan yang tepat sebagai langkah pembentukan karakter pada siswa untuk mengatasi krisis moral yang semakin hari kian memprihatinkan. Sebagai upaya untuk menanamkan pembentukan karakter di sekolah maka SMA Muhammadiyah Wonosobo melakukan inovasi berupa pelaksanaan program Trenclass (kelas pesantren). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana berjalannya program Trenclass serta mengidentifikasi kendala-kendala yang muncul. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan mengenai seluk-beluk program Trenclass. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan phenomenologis. Sumber data yang digunakan merupakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode kualitatif lapangan (field research) dengan teknik pengambilan data berupa wawancara, observasi serta dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembentukan karakter melalui program Trenclass di SMA Muhammadiyah Wonosobo berawal dari input siswa yang kemudian dijadikan sebagai landasan penyusunan program dan diwujudkan dengan kegiatan yang mendukung pendidikan karakter pada program trenclass seperti adanya kelas malam, kegiatan tahfidz, tandiful ‘am, outbound dan juga pidato. Adapun evaluasi yang dilaksanakan secara berkala baik untuk siswa maupun untuk pengurus dan pengasuh program Trenclass. Kendala yang muncul selama program Trenclass berlangsung meliputi pemantauan yang kurang maksimal, perbedaan input siswa, kelas yang masih tercampur, adanya singgungan dengan siswa reguler, kurangnya privasi siswa serta perhatian yang kurang merata terhadap siswa dan siswi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. Yatimin. (2007). Studi Akhlak Dalam Perspektif Al-Qur’an, Amzah: Jakarta.

Agama, Kementrian. (2007). Al-Qur’an dan Terjemah.

Akbar, Reni dan Hawadi. (2003). Psikologi Perkembangan Anak: Mengenal sifat, Bakat, dan Ke-mampuan Anak, Grasindo: Jakar-ta.

Anggara, Ridwan Vendi. (2014). Im-plementasi Pendidikan Akhlak Sistem Boarding School dan Fullday School di SMP IT Abu Ba-kar Yogyakarta, UIN Yogyakarta: Yogyakarta.

Anshori, Nur Saifuddin. (2013). Pen-didikan Karakter Nabi Muham-mad SAW dalam Buku Sirah Nab-awiyah Terjemahan Kitab Ar-Rachiiqu Al-Makhtum Karya Syeikh Shafiyurrahman Al-Mubarakfury, Universitas Mu-hammadiyah Surakarta: Surakar-ta.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prak-tek, Rineka Cipta: Jakarta.

Daryanto. (2013). Implementasi Pen-didikan Karakter di Sekolah, Dava Media: Yogyakarta.

Ekosusilo, Madyo. (1993). Dasar-dasar Pendidikan, Effhar Publishing: Semarang.

Hidayatullah. (2010). Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa, Yuma Pustaka: Surakarta.

Kaelan. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Interdisipliner, Para-digma: Yogyakarta.

Karakter Peduli Lingkungan melalui Kegiatan Penghijauan pada Siswa, P., Karakter Peduli Lingkungan melalui Kegiatan Penghijauan pada Siswa MIM Derasan Sempu, P., Atiqa Sabardila, B., Desatria Budiargo, A., Wiratmoko, G., Artha Himawan, J., Triutami, A., Intansari, A., Setiyowati, D., Hana Tri Cahyani, D., Handayani, R., & Artikel, H. (2019). Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan melalui Kegiatan Penghijauan pada Siswa MIM Derasan Sempu, Boyolali. Journals.Ums.Ac.Id, 1(2). https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10763

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Kemendiknas: Jakarta.

Kesuma, Dharma. (2012). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Remaja Rosdakarya: Bandung.

Kesuma, DKK. (2011). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Remaja Rosdakarya: Bandung.

Khumairoh, Mira. (2013). Pembinaan Akhlak Siswa melalui Program Boarding School (Studi kasus di Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Boarding School Depok), UIN Jakarta: Jakarta.

Kumalaningsih, Sri. (2012). Metodologi Penelitian, Kupas Tuntas Cara Mencapai Tujuan, UB Press: Malang.

Majid, Abdul dan Dian Andayani. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Remaja Rosdakarya: Bandung.

Majid, Abdul DKK. (2012). Pendidikan Karakter dalam Prespektif Islam, Remaja Rosdakarya: Bandung.

Moeleong, Lexy J. (2012). Metode Peneliian Kualitatif, PT Remaja Rosdakarya: Bandung.

Mu’awanah. (2020). “Pendidikan Karakter di Madrasah Berasrama (Islamic Boarding School) MTsN 2 Kota Kediri”, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.

Muthali, A., Handayani, S. AL, Nirmala Sari, K., Wahyu Al Haniyah, I., Nur Ulfa, K., Mafida Feby Firdareza, R., Maulidiya, K., Ratnasari, E., Andaruningtyas, N., & Artikel, H. (2020). Penanggulangan Bullying dalam Pembetukan Karakter Peserta Didik di MI Muhammadiyah PK Bendo, Boyolali. Journals.Ums.Ac.Id, 2(2). https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.10784

Ningrum, Diah. (2015). “Kemerosotan Moral di Kalangan Remaja” Jurnal Unisia; Jurnal Pendidikan.

R, Nyoman Khutha. (2010). Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora pada Umumnya, Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Rachman, Muhammad Fauzi. (2014). Islamic Teen Parenting, Erlangga: Jakarta.

Sabardila, A., Budiargo, A. D., Wiratmoko, G., Himawan, J. A., Triutami, A., Intansari, A., ... & Suistri, S. (2019). Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan melalui Kegiatan Penghijauan pada Siswa MIM Derasan Sempu, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 35-41.

Sabili, Addinia Rizki dan Hendro Widodo. (2019). “Manajemen Kurikulum ISMUBA Berbasis Boarding School Di SMA Muhammadiyah Wonosobo” Jurnal Pendidikan Islam.

Saifuddin, Azwar. (2007). Metode Penelitian, Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Remaja Rosdakarya: Bandung.

Santika, I Wayan Eka. (2020). “Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring”, Indonesian Values and Character Education Journal.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pengembangan Research dan Devolpment, Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta: Bandung.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter, Remaja Rosdakarya: Bandung.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 31 ayat (3). Winarti, Euis. 2012. Pengembangan Kepribadian, Lentera Ilmu Cendekia: Jakarta. Yusuf, A. Muri. 2017. Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Penelitian Gabungan, Kencana: Jakarta.

Zamtinah, DKK. (2021). “Model Pendidikan Karakter untuk Sekolah Menengah Kejuruan”, Jurnal Pendidikan.

Downloads

Published

2022-09-01

How to Cite

Nareswari, A., & Inayati, N. L. . (2022). Pembentukan Karakter melalui Program Trenclass di SMA Muhammadiyah Wonosobo. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 1(3), 152–163. https://doi.org/10.23917/jkk.v1i3.22

Issue

Section

Articles