Pelayanan Sosial dalam Mendukung Tumbuh Kembang Anak Usia Dini di Happy Kidz Baby Spa & Daycare Kota Madiun

Authors

  • Istiqomah Bekthi Utami Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Madiun
    Indonesia
  • Muh. Niam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Madiun
    Indonesia
  • Siti Nurina Hakim Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Lia Nuritasari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Madiun
    Indonesia
  • Murfiah Dewi Wulandari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ratnasari Dyah Utami Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Innany Mukhlishina Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/jkk.v3i2.278

Keywords:

full day care, layanan pendidikan, pelayanan sosial, tumbuh kembang anak

Abstract

Anak usai dini merupakan tahapan kehidupan manusia yang menentukan tumbuh kembang anak hingga dewasa. Bagi orang tua terutama ibu yang bekerja mendapatkan tantangan dan bahkan mengalami masalah memenuhi kebutuhan anak usia dini. Lembaga penitipan anak telah menjadi salah satu pilihan alternatif dalam menyediakan kebutuhan anak. Penelitian ini bertujuan menggambarkan pelaksanaan full day care oleh TPA Happy Kidz Baby Spa & Daycare Kota Madiun sebagai bentuk pelayanan sosial yang mendukung tumbuh kembang anak. Metode penelitian deskriptif kualitatif dipilih dalam menghasilkan analisis berbentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi serta teknik pengelohan dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan full day care harus berdasarkan pada pedoman teknis penyelenggaraan Taman Penitipan Anak (TPA), oleh karena itu TPA Happy Kidz Baby Spa & Daycare Kota Madiun dalam memberikan pelayanan sosial memiliki empat prinsip yaitu; Tempa, Asih, Asah, dan Asuh dalam mendukung tumbuh kembang anak. Pelayanan sosial yang mendukung tumbuh kembang anak ditampilkan pada tiga aspek yaitu: 1) Sumber daya manusia yang kompeten dan berpengalaman dalam mewujudkan lingkungan sosial yang ramah bagi anak, serta kedekatan kedekatan dengan anak dan orang tua, 2) Layanan pendidikan dengan metode bermain sambil belajar didukung dengan perencanaan kurikulum sesuai kebutuhan anak, 3) Layanan menyediakan gizi dan kesehatan dengan memberikan asupan nutrisi dan gizi yang sesuai dengan anak serta menanamkan etika makan dan minum. Perawatan kesehatan juga didukung dengan ketersediaan sarana prasarana perawatan kesehatan anak di TPA Happy Kidz Baby Spa & Daycare Kota Madiun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmadi, A., & Narbuko, C. (2009). Metodologi Penelitian. Bumi Aksara.

Adi, I. R. (2018). Kesejahteraan Sosial: Pekerjaan Sosial, Pembangunan Sosial, dan Kajian Pembangunan. Edisi Kedua. Rajawali Pers.

Fahrudin, A. (2014). Pengantar Kesejahteraan Sosial. Refika Aditama.

Hardiyanti, D. (2020). Apakah Kualitas Penitipan Anak itu Penting? Sebuah Gambaran Perkembangan untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Sentra Cendekia, 1(1), 1–7.

Hibatullah, A., Patasik, S., Mursyid, A. M. M., & Wariyatun, W. (2023). Sikap Toleransi untuk Meningkatkan Kerukunan Hidup Beragama di Kampung Karya Bumi Namblong–Kabupaten Jayapura. Jurnal Keilmuan dan Keislaman, 128-143.

Husain, R. (2023). Pembelajaran Pola Makan Sehat untuk Tumbuh Kembang Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6463–6471. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5415

Husni, M. F., Utani, R. C., Putri, Y. S., Mutiara, I. A., Suyanto, S., Negara, S. P. P. S., & Prasetyo, E. (2023). Instilling Nationalism and Love for the Homeland in Young Indonesian Immigrants in the Sentul Region of Malaysia. International Conference on Education for All, 144–149. http://proceedings.alptkptm.org/index.php/iceduall/article/view/22

Ishartono, N., Wardana, T. A., Afifah, N., Maikristiani, I. W., Apriliaddina, A., Putri, N. K. P., ... & Hidayat, M. D. K. (2020). Implementasi Bimbingan Penggunaan Komputer terhadap UNBK Kelas 9 SMP Muhammadiyah 7 Eromoko, Wonogiri. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 90-94.

Julfian, J., Rejeki, S., Handayani, S., Sarilan, S., Rizki, A. N., & Lasmi, L. (2023). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Rasa Cinta Tanah Air pada Siswa. Jurnal Keilmuan dan Keislaman, 210-224.

Khaerunnisa, K., Ardilansari, A., Haifaturrahmah, H., Nizaar, M., Rezkillah, I. I., & Julaifah, N. (2023). Pengaruh Lingkungan Sosial terhadap Kebiasaan Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Seminar Nasional Paedagoria, 105–112.

Koentjaraningrat. (1997). Metode-Metode Penelitian Masyarakat - Metode Wawancara. Gramedia Pustaka Utama.

Kurniawan, F., Samsudin, A., Chandra, D., Sriwati, E., & Coştu, B. (2023). IMPAS: Modification of the PAS Questionnaire to Measure Attitudes of High School Students towards Physics in Indonesia. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 5(2), 198-216. doi:https://doi.org/10.23917/ijolae.v5i2.22508

Lestari, A., Budiaman, B., & Sujarwo, S. (2022). Penguatan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program PHBS di SMPN 242 Jakarta. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 133-142.

Maghfiroh, A., Styati, E., Fachriza, A., Khoiriyah, K., Simpol, W., Syaputra, R., & Lathifah, L. (2023). Future-Ready Educators: Assessing Digital Competence and Teaching Preparedness Among Prospective Teachers in the 21st Century. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 6(1), 47-61. doi:https://doi.org/10.23917/ijolae.v6i1.23081

Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Pustaka Pelajar.

Mansur, A. R. (2019). Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah. Andalas University Press.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Montessori, M. (2016). Rahasia Masa Kanak-Kanak. Pustaka Pelajar.

Murtatiana, U., Rejeki, S., Nizar, M., Untari, I., Saputra, A., & Nasution, I. F. (2023). Pengaruh Budaya terhadap Perkembangan Nasionalisme Anak di Sanggar Bimbingan Kepong, Kuala Lumpur Malaysia. Jurnal Keilmuan dan Keislaman, 199-209.

Negara, S. P. P. S., Fauzi, I. M., Iswari, D. A., Putri, S. O., Aji, K. M. B., Astuti, R., Irawati, D. A., & Riyanto, S. (2023). Peningkatan Produksi Markisa pada Kelompok Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Ngongak Tanduran Kota Madiun. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 3(2), 98–104. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i2.120

Niam, M. N., Utami, I. B., Daliman, D., Sarmono, S., & Sewantara, S. (2024). Community-based Social Protection for the Elderly in Werdha Coral Bimo Seno Cartoharjo Township Madiun. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 4(2), 66–83. https://doi.org/10.23917/sosial.v4i2.2752

Ningrum, N. P. W., Pane, F. M. J., Yani, S. I., & Khadijah. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini: Perannya dalam Membangun Karakter dan Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Tematik, 1(1), 98–102.

Nuryanti, L. (2008). Psikologi Anak. PT. Indeks.

Puspita, H. (2019). Kelekatan Anak dengan Pengasuh Tempat Penitipan Anak. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 49–55. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i1.5374

Rahmawati, D., & Sugito, S. (2022). Evaluasi Program Home Care Taman Penitipan Anak (TPA) Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4139–4152. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2442

Rizkita, D. (2022). Pelayanan Pengasuhan Anak Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Taman Penitipan Anak. Jurnal Pendidikan UNIGA, 16(2), 634–643.

Rohman, R. H., Prastyo, D., Hidayat, A. I., Mahmud, R. S., Syahrorini, S., Rahmaniati, R., & Zannah, F. (2023). Implementasi Program Pendidikan bagi Anak-Anak WNI di ICC Ladang Kosma Malaysia. Jurnal Keilmuan dan Keislaman, 237-252.

Setyadi, Y. B., Anggrahini, T. O., Wardani, N. P. K., Yunanto, W. N., Setiawati, O. T., Hidayati, G. N., ... & Nugroho, I. (2020). Penerapan Budaya 5S sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di MTs Muhammadiyah 9 Mondokan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 70-76.

Sudiapermana, E., & Nurwahidah, A. (2021). Evaluasi Program Pelaksanaan Pengasuhan Anak Usia Dini di Taman Penitipan Anak Ad-Diroyah Cibiru. Indonesian Journal of Adult and Community Education, 3(2), 41–49.

Suganda M, V., Laihat, L., Harini, B., Safitri, M., Melati, S., Rahmadan, D., Hayati, S., & Handrianto, C. (2023). Movable Page-Based Interactive Books on Numbers in Elementary Schools. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 5(2), 167-177. doi:https://doi.org/10.23917/ijolae.v5i2.21705

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Susanti, V., & Shomedran, S. (2023). Penanaman Sikap Sosial Anak di Taman Penitipan Anak (TPA) Robbani Indralaya Utara. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2), 182–187. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i2.454

Wardhani, J. D., Katoningsih, S., Asmawulan, T., Nasywa, N. M. A., & Mahaeswari, A. C. (2023). Penguatan Keterampilan dengan Stimulasi Literasi Berbasis TIK bagi Guru Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Athfal (IGABA) Kartasura. Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 12-20.

Yuliarni, Y., Fatmah, F., Apriana, A., Heryati, H., Nurhayati, N., Setyawati, D., & Rusdiana, Y. T. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pembelajaran Bagi Para Guru di SMA Teladan Palembang. Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 56-64.

Yusuf, R. N., Al Khoeri, N. S. T. A., Herdiyanti, G. S., & Nuraeni, E. D. (2023). Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini bagi Tumbuh Kembang Anak. Plamboyan Edu, 1(1), 37–44.

Downloads

Published

2024-02-06

How to Cite

Utami, I. B., Niam, M., Hakim, S. N. ., Nuritasari, L. ., Wulandari, M. D. ., Utami, R. D. ., & Mukhlishina, I. . (2024). Pelayanan Sosial dalam Mendukung Tumbuh Kembang Anak Usia Dini di Happy Kidz Baby Spa & Daycare Kota Madiun. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 3(2), 76–90. https://doi.org/10.23917/jkk.v3i2.278

Issue

Section

Articles