Aplikasi Sistem Informasi Geografis untuk Menganalisis Tingkat Kerusakan Jalan di Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan

Authors

  • Syifana Ukarima Fakultas Geografi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Agus Anggoro Sigit Fakultas Geografi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Novia Citra Paringsih Fakultas Ilmu Formal dan Ilmu Terapan, Universitas Muhammadiyah Madiun
    Indonesia
  • Yayang Mariska Fakultas Ilmu Formal dan Ilmu Terapan, Universitas Muhammadiyah Madiun
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/jkk.v1i4.29

Keywords:

kerusakan jalan, keselarasan, kecamatan toroh

Abstract

Kerusakan jalan menunjukan suatu kondisi dimana fungsional dan structural jalan sudah tidak mampu memberikan pelayanan yang optimal. Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan Secara geografis terletak di lembah subur pegunungan Kendeng, dimana kerusakan jalan merupakan permasalahan infrastruktur yang belum teratasi dengan baik di wilayah tersebut. Adapun tujuan penelitian yaitu untuk (1) menganalisa agihan tingkat potensi kerusakan jalan di Kecamatan Toroh (2) menganalisa keselarasan agihan tingkat potensi kerusakan jalan di daerah penelitian dengan kerusakan jalan yang ada. Jenis penelitian menggunakan metode survey, dimana jalan diseluruh Kecamatan Toroh merupakan populasi dalam penelitian ini. Satuan medan merupakan unit sample yang akan digunakan, diperoleh melalui hasil dari overlay peta bentuk lahan, peta lereng dan peta jenis tanah. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skoring untuk tujuan pertama, sedang tujuan kedua dengan metode overlay. Hasil penelitian tingkat potensi kerusakan jalan di Kecamatan Toroh menunjukkan dua hasil yaitu kelas kerusakan jalan rendah dan kelas kerusakan jalan sedang. Agihan potensi kerusakan rendah terdiri dari 4 satuan lahan S7-I-A, D1-I-A, D1-IV- A, F1-I-A dan untuk potensi kerusakan sedang terdiri 5 satuan lahan S5-I-A, S7-I-G, S7-IV-A, D1-V-A, F1-I-G. Keselarasan potensi kerusakan jalan di Kecamatan Toroh bahwa hasil temuan di lapangan 80 % sesuai dan 20 % tidak sesuai. Hal tersebut dapat diartikan bahwa memang terjadi kerusakan jalan pada sebagian besar ruas jalan yang ada di Kecamatan Toroh. Penelitian terkait kerusakan jalan ini diharapkan dapat menjadi suatu kritikan dan masukan khususnya untuk pemerintah Kecamatan Toroh dalam mengatasi permasalahan infrastruktur yang terjadi agar segera dapat ditangani segera sehingga dapat membantu kelancaran aksebilitas, pembangunan daerah, perekonomian dan segala aspek yang terdampak lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPS. 2021. Kabupaten Grobogan Dalam Angka 2021.Kantor Statistik Kabu-patenGrobogan. BPS. 2021. Kecama-tan Toroh Dalam Angka 2021. Kan-tor Statistik KecamatanToroh.

Energi, D. Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) Berbasis Web Untuk Manajemen Pemanfaatan Air Tanah Menggunakan Php, Java Dan Mysql Spatial.

Fadli, A., Sugiyanto, G., & Zulfa, M. I. (2020). Upaya Mereduksi Jumlah Ke-celakaan Lalu Lintas Melalui Penggunaan Sistem Informasi Geo-grafis. Warta LPM, 23(2), 115-128.

Handaga, B., Agus Anggoro Sigit, dan, & Elektro, J. (2009). Aplikasi Sistem Informasi Geografis pada Pemantauan Status Gizi Balita di Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/326

Koesoemo, A. A. P., & Suprayogi, A. 2014. Analisis Pengaruh Jenis Tanah Ter-hadap Kerusakan Jalan Kota Sema-rang Berbasis Sistem Informasi Geo-grafis. Jurnal Geodesi Undip, 3(1).

Meisnnehr, D., Putra, M. A., Lubis, Dkk. 2020. Evaluasi dan Pemetaan Ting-kat Kerusakan Jalan di Kelurahan Kadumerak, Kecamatan Karang Tan-jung, Kabupaten Pandeglang. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat (PIM), 2(4).

Pramono, G. H. (2007). Penggunaan Sistem Informasi Geografis untuk Menghi-tung Dimensi Lumpur Panas di Porong, Sidoarjo.

Rahmawati, S. 2009. Pemetaan Tingkat Pengelolaan Jalan Menggunakan Teknologi Penginderaan Jauh dan Sis-tem Informasi Geografis di Kabu-patenBantul. Tugas Akhir.

Handaga, B., Agus Anggoro Sigit, dan, & Elektro, J. (2009). Aplikasi Sistem Informasi Geografis pada Pemantauan Status Gizi Balita di Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/326

Riyanto, A., Sipil, R. P.-T. S. M. I. T., & 2020, undefined. (n.d.). Pengaruh Kadar Filler Fly Ash dalam Campuran AC-WC dengan Pasir Pantai Takisung sebagai Agregat Halus Ditinjau dari Aspek Ketidakrataan dan Properties. Journals.Ums.Ac.Id. Retrieved January 14, 2023, from https://journals.ums.ac.id/index.php/DTS/article/view/13053

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Ukarima, S., Sigit, A. A. ., Paringsih, N. C. ., & Mariska, Y. (2022). Aplikasi Sistem Informasi Geografis untuk Menganalisis Tingkat Kerusakan Jalan di Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 1(4), 268–275. https://doi.org/10.23917/jkk.v1i4.29

Issue

Section

Articles