Analisis Tindak Tutur Lokusi dalam Akun X @Susipudjiastuti

Authors

  • Atika Erina Sari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ninda Andin Nur’Ainiyah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Akbar Maulana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Anggara Rizqi Ramadhani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Harun Joko Prayitno Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/jkk.v3i3.292

Keywords:

lokusi, media sosial, pragmatik, tindak tutur, x

Abstract

Tindak tutur merupakan bentuk komunikasi yang selalu hadir dalam kehidupan manusia. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, tindak tutur bisa terjadi pada berbagai media, salah satunya pada media X. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bentuk tindak tutur lokusi yang terdapat pada akun X Susi Pudjiastuti. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data atau sumber data yang diperoleh berupa tweet atau cuitan pada akun X Susi Pudjiastuti. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara studi kepustakaan dengan teknik baca-simak, yaitu dengan mengumpulkan, menyimak, membaca, dan memahami data yang berkaitan dengan analisis tindak tutur lokusi pada akun X Susi Pudjiastuti. Analisis data dilakukan dengan mengklasifikasikan bentuk dan maksud dari tuturan pada akun X Susi Pudjiastuti. Hasil analisis data menemukan terdapat 10 data lokusi pada akun X Susi Pudjiastuti, meliputi: 1) Bentuk pernyataan terdapat 6 data tuturan, 2) Bentuk harapan terdapat 1 data tuturan, 3) Bentuk saran terdapat 1 data tuturan, 4) Bentuk ucapan selamat terdapat 2 tuturan, dan 5) Bentuk tuturan perintah terdapat 1 data tuturan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, R. (2020). Analisis Bentuk Alih Kode dan Campur Kode pada Masyarakat Desa Kalimas Tengah Dusun Mawar Kecamatan.

Arnisyah, S., & Sabardila, A. (2018). Tindak Tutur Perlokusi pada Karikatur dalam Rubrik Opini di Surat Kabar Kompas. Kajian Linguistik dan Sastra, 3(1), 36-42.

Aslinda, & Syafyahya, L. (2010). Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: Refika Aditama.

Awaludin, A., Prayitno, H. J., & Haq, M. I. (2022). Using Digital Media During the COVID-19 Pandemic Era: Good Online Program in Higher Education. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 5(1), 1-12.

Chaer, A., & Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, I. G. A. R. S., Suandi, I. N., Hum, M., & Wisudariani, N. M. R. (2016). Jenis, Bentuk, dan Fungsi Tindak Tutur Meme Comic pada Facebook. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 5(3).

Handayani, E. N., Ismiyatin, L., & Setiyowati, D. (2019). Tindak Tutur Ekspresif Humanis dalam Interaksi Pembelajaran. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 1(1).

Hanifah, N., Wendra, I. W., & Merdhana, I. N. (2014). Nilai Pendidikan Karakter pada Bentuk Tindak Tutur Lokusi, Ilokusi, dan Perlokusi dalam Novel Astral Astria Karya Fira Basuki. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 2(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/3947

Hardiati, W. (2018). Tindak Tutur Sarkastik di Media Sosial (Sarcastic Speech Acts in Social Media). Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 8(1), 123-131.

Maharani, A. T., & Utomo, A. P. Y. (2020). Analisis Tindak Tutur Lokusi dalam Akun Twitter Fiersa Besari. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 6(1), 86-101. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/METAFORA/article/view/7819

Marliadi, R. (2019). Tindak Tutur Ekspresif Pujian dan Celaan Terhadap Pejabat Negara di Media Sosial. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya (JBSP), 9(2), 132-141.

Mukhlis, A., Alghiffary, M., & Susanto, H. (n.d.). Realisasi Kesantunan Berbahasa dan Citra Rahmatan Lil Alamin pada Wacana Khotbah Jumat: Studi Pragmatik. Kajian Linguistik dan Sastra, 7(2), 190-206.

Prayitno, H. J. (2010). Perwujudan Prinsip Kerjasama, Sopan Santun, dan Ironi Para Pejabat dalam Peristiwa Rapat Dinas di Lingkungan Pemkot Berbudaya Jawa.

Prayitno, H. J., Kusmanto, H., Nasucha, Y., Rahmawati, L. E., Jamaluddin, N., Samsuddin, S., & Ilma, A. A. (2019). The Politeness Comments on the Indonesian President Jokowi Instagram Official Account Viewed from Politico Pragmatics and the Character Education Orientation in the Disruption Era. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 1(2), 52-71.

Prihantari, M. W., & Saputra, K. D. (2021). Lokusi Ilokusi dan Perlokusi dalam Wacana Pembelajaran Bahasa Arab di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta. Profetika: Jurnal Studi Islam, 22(2), 357-366.

Putri, V. M. (2020). Tahun 2019 Twitter Kembali Jaya di Indonesia.

Setyorini, R., & Sari, I. P. (2020). Analisis Lokusi, Ilokusi, dan Perlokusi pada Iklan Teh Pucuk Harum. Kajian Linguistik dan Sastra, 5(1), 31-36.

Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya (Ambyah Harjanto (Ed.); pp. 113–126). Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP PGRI Bandar Lampung. http://stkippgribl.ac.id/proceeding/index.php/semnas/article/view/52

Tarigan, H. G. (2016). Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2024-07-28

How to Cite

Sari, A. E., Nur’Ainiyah, N. A., Maulana, A., Ramadhani, A. R., & Prayitno, H. J. (2024). Analisis Tindak Tutur Lokusi dalam Akun X @Susipudjiastuti. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 3(3), 220–227. https://doi.org/10.23917/jkk.v3i3.292

Issue

Section

Articles