Dukungan Orang Tua saat Pembelajaran Daring pada Siswa MIN 6 Sukoharjo

Authors

  • Muhammad Jundi Al Faqih
  • Partini
  • Daliman
  • M.B. Sudinadji
  • Kistantia Elok Mumpuni

DOI:

https://doi.org/10.23917/jkk.v1i4.30

Keywords:

pandemi, pembelejaran daring, dukungan orang tua

Abstract

Belajar di rumah selama pandemi merupakan suatu aktivitas yang tidak bisa dihindari oleh anak-anak sekolah dari berbagai tingkatan sekolah, semua media pembelajaran menjadi terfokus pada sistem daring atau online sebagai penghubung antara pihak guru kepada murid dan wali murid. Orang tua menjadi terlibat aktif dalam proses belajar anak dalam memahami materi dan mengerjakan tugas-tugas dari sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran orang tua dalam memberikan pendampingan terhadap anak selama belajara di rumah (pembelajaran daring) selama pandemi. Responden dalam penelitian ini adalah orang tua (ibu) yang bekerja, berusia 30-43 tahun, dan memiliki 2-3 orang anak. Responden terdiri dari 4 orang wali murid dari Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Sukoharjo, pengambilan data melalui wawancara langsung. Hasil analisis menunjukkan bahwa di masa pandemi orang tua (ibu) berperan aktif menggantikan sosok guru saat belajar dari rumah serta memastikan fasilitas penunjang seperti hp dan laptop selalu siap digunakan oleh anak. Interaksi antara orang tua (ibu) dan anak menghadirkan kedekatan fisik serta emosional dan komunikasi yang hangat, sehingga terbangun pemahaman anak tentang nilai dan norma hidup.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, D. (2013). Analisis Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Humaniora, 64-71.

Choi, N., & Cho, H. J. (2020). Temperament and Home Environment Characteristics as Predictors of Young Children's Learning Motivation. Early Childhood Education Journal 1-15. https://doi.org/10.1007/s10643-020-01019-7

Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young Children’s Online Learning During COVID-19 Pandemic: Chinese Parent's Belief and Attitude. ELSEVIER (Children and Youth Service Review) (118), 1-10.

Gross, D., Bettencourt, A. F., Taylor, K., Francis, L., Bower, K., & Singleton, D. L. (2020). What is Parent Engagement in Early Learning? Depends who you ask. Journal of Child and Family Studies, 747-760. https://doi.org/10.1007/s10826-019-01680-6

Harianti, R., & Amin, S. (2016). Pola asuh Orang Tua dan Lingkungan Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Curricula, 20-29.

Hawari, D. (1997). Al Quran Ilmu Kedokteran Jiwa dan Kesehatan Mental. Jakarta: Dana Bhakti Yasa.

Idrus, A. (2012). Pola Asuh Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Sekolah dasar, 145-151.

Intaniasari, Y., Utami, R. D., Purnomo, E., & Aswadi, A. (2022). Menumbuhkan Antusiasme Belajar melalui Media Audio Visual pada Siswa Sekolah Dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 4(1), 21–29. https://doi.org/10.23917/bppp.v4i1.19424

Inzani, F. I., Fadhillah, B. W., & Marni, S. (2021). Peningkatan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Pelajaran Bahasa Indonesia SMP. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(1), 15–23. https://doi.org/10.23917/bppp.v3i1.19388

Kew, S. N., Petsangsri, S., Ratanaolarn, T., & Tasir, Z. (2018). Examining the Motivation Level of Students in E-Learning in Higher Education Institution in Thailand: A Case Study. Educ Inf Technol, 2947-2967. https://doi.org/10.1007/s10639-018-9753-z.

Khamal, S. Y. B. (2020). Tantangan Pembelajaran Olahraga dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 28–35.

Laili, D. N. V. (2020). Peran Orang Tua dalam Proses Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19 terhadap Siswa Kelas IV MIN 3 Karanganyar. (Skripsi). IAIN Salatiga.

Man Wong, R. S., Wing Ho, F. K., Sang Wong, W. H., Suen Tung, K. T., Chow, C. B., Rao, N., et al. (2018). Parental Involvement in Primary School Education: Its Relationship with Children's Academic Performance and Psychosocial Competence Through Engaging Children with School. Journal of Child and Family Studies, 1544-1555. https://doi.org/10.1007/s10826-017-1011-2

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurhidayat, Katoningsih, S., Utami, R. D., Maryana, W., Ishartono, N., Sidiq, Y., Irfadhila, D., & Siswanto, H. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Daring Materi IPA Siswa SD Kelas Rendah. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 83–90. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14832

Rohmah, R. D., Mustikawati, Huda, M., & Syaadah, H. (2022). Identifikasi Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.23917/bppp.v4i1.19422

Rustiana, M., & Amalia, A. R. (2021). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Janacitta: Journal Of Primary And Children’ s Education 4(1), 14– 17.

Sarafino, E. P. (1998). Health Psychology: Biopsychosocial Interaction (3rd Edition ed.). United States of Amerika: John Wiley & Sonc, Inc.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Cetakan Keenam. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sobron A. N, Bayu, Rani & Meidawati S. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Entrepreneurship VI Tahun 2019, 1-5.

Swartz, T. T. (2009). Intergenerational Family Relations in Adulthood: Patterns, Variations, and Implications in the Contemporary United States. Annual Review of Sociology, 35, 191–212. https://doi.org/10.1146/annurev.soc.34.040507.134615

Tam, V. C., & Chan, R. M. (2009). Parental Involvement in Primary Children’s Homework in Hong Kong. School Community Journal, 19(2), 81–100.

Tur, L. B., Katzman, B., Ifrah, K., & Moore, D. (2019). Exchange of Emotional Support Between Adult Children and Their Parent and The Children's Well-Being. Journal of Child and Family Studies, 1250-1262.

William Horton, E-learning by Design, (Amerika Serikat: Wiley: 2011), 3.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Jundi Al Faqih, M., Partini, Daliman, Sudinadji, M., & Mumpuni, K. E. (2022). Dukungan Orang Tua saat Pembelajaran Daring pada Siswa MIN 6 Sukoharjo. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 1(4), 276–291. https://doi.org/10.23917/jkk.v1i4.30

Issue

Section

Articles