Hubungan Efikasi Diri dan Dukungan Keluarga dengan Kecemasan Pada Mahasiswa UMS yang Sedang Mengerjakan Skripsi di Masa Pandemi

Authors

  • Aisyah Zahra Firdausi Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Wisnu Sri Hertinjung Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Daliman Daliman Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Zahrotul Uyun Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Giyoto Giyoto Fakultas Ilmu Tarbiyah, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
    Indonesia
  • Rakhma Widya Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Madiun
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/jkk.v1i4.31

Keywords:

dukungan keluarga, efikasi diri, kecemasan

Abstract

Adanya pandemi Covid-19 yang berdampak pada aspek pendidikan, menjadi tantangan baru bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi hingga mengalami kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara efikasi diri dan dukungan keluarga dengan kecemasan pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta yang sedang mengerjakan skripsi di masa pandemi. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Universitas Muhammadiyah Surakarta yang sedang mengerjakan skripsi yang berjumlah 342 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan alat pengumpulan data menggunakan skala efikasi diri, skala dukungan keluarga, dan subskala kecemasan dalam skala DASS 42. Analisis yang digunakan yaitu analisis uji Regresi Linier Berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS 16.0. Hasil analisis data menunjukkan terdapat hubungan antara efikasi diri dan dukungan keluarga dengan kecemasan pada mahasiswa UMS yang sedang mengerjakan skripsi di masa pandemi yang ditunjukkan dengan F= 53,358 dan signifikasi sebesar 0,000 (p<0,01). Terdapat hubungan negatif sangat signifikan antara efikasi diri dengan kecemasan pada mahasiswa UMS yang sedang mengerjakan skripsi di masa pandemi (r) =-0,455 dan sig. 0,000 (p<0,01), hubungan negatif sangat signifikan antara dukungan keluarga dengan kecemasan pada mahasiswa UMS yang sedang mengerjakan skripsi di masa pandemi (r) =-0,415 dan sig. 0,000 (p<0,01). Sumbangan efektifvariabel efikasi diri dan variabel dukungan keluarga sebesar 23,9% dan sebesar 76,1 % disumbangkan oleh faktor lain. Kategorisasi hasil penelitian menunjukkan mahasiswa UMS memiliki efikasi diri pada kategori tinggi, dukungan keluarga pada kategori tinggi, dan kecemasan pada kategori rendah. Secara umum mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta memiliki efikasi diri yang tinggi dan dukungan keluarga yang besar sehingga kecemasan yang dimiliki rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, R. (2016). Difusi Inovasi dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Akan Kelestarian Lingkungan. Sosietas, 6(2). https://doi.org/10.17509/sosietas.v6i2.4244

Alwisol. (2012). Psikologi Kepribadian (Edisi Revisi). Malang: UMM Press.

Azwar, S. (2018). Penyusunan Skala Psikologi (cetakan XIII edisi 2). Yog-yakarta: Pustaka Pelajar.

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Ex-ercise of Control. New York: W. H. Freeman and Company.

Basheti, I. A., Mhaidat, Q. N., & Mhai-dat, H. N. (2021, April 5). Preva-lence of Anxiety and Depression During COVID-19 Pandemic Among Healthcare Students in Jordan and its Effect their Leam-ing Process: A National Survey. (M. Saqr, Penyunt.) Plosone, 1-16. doi: https://doi.org/10.1371/joumal.pone.0249716

Coaley, K. (2010). An Introduction to Psychological Assessment and Psy-chometrics. London: SAGE Publica-tions Ltd. doi:https://dx.doi.org/10.4135/9781446221556

Crawford, J. R., & Henry, J. D. (2003). The Depression Anxiety Stress Scale (DASS): Normative data and latent Sructure in a Large Non-clinical Sample. British Joumal of Clinical Psychology, 42(2), 111-131. doi:https://doi.org/10.1348/014466503321903544

Djiwandono, S. E. (2002). Psikologi Pen-didikan. (A. Sujarwo, Penyunt.) Ja-karta: Gramedia Widiasarana In-donesia.

Dolan, P., Canavan, J., & Pinkerton, J. (2006). Family Support as Reflective Practice. Philadelphia, USA: Jessica Kingsley Publishers.

Duarsa, H. P., Oktafany, & Angraini, D. (2020, Juli). Hubungan Efikasi Diri denganTingkat Kecemasan Maha-siswa Tahun Pertama di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Tahun 2018. Medula, 10 nomor 2, 222-228.

Febriyanti, E., & Mellu, A. (2020). Ting-kat Kecemasan Mahasiswa Keperawatan dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 di Kota Kupang. Jumal Nursing Update: Jumal Ilmiah Ilmu Keperawatan, 11 no.3, 1-6. Re-trieved from https://stikes-nhm.ejoumal.id/NU/article/view/213/166

Feist, J., & Feist, G. (2014). Teori Kepribadian (edisi 7.). Jakarta Se-latan: Salemba Humanika.

Friedman, M. (2013). Keperawatan Keluarga Teori dan Praktik (edisi 3.). Jakarta: Penerbit Buku Kedokter-an EGC.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Mul-tivariate dengan Program SPSS. Se-marang: Badan Penerbit Universi-tas Diponegoro.

Gillett - Swan, J. (2017). The Challenges of Online Leaming Supporting and Engaging the Isolated Leam-er. Joumal of Leaming Design, 20-30.

Hall, C., & Lindzey, G. (1993). Psikologi Kepribadian I Teori-Teori Psiko-dinamik. Yogyakarta: Kanisius.

Hood, C., Ross, L., & Wills, N. (2020). Family Factors and Depressive Symptoms Among College Stu-dents: Understanding the Role of Self-compassion. Joumal of America College health: J of ACH, 68 (7), 683-687. doi:doi:10.1080/07448481.2019.1596920

Hurlock, E. (1997). Psikologi Perkem-bangan: Suatu Pendekatan Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Inayahtul'ain, E. (2018, Agustus). Hub-ungan antara Dukungan Keluarga dengan Kecemasan Menyusun Skripsi Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Yogyakarta. Jumal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 4 nomor 8, 385-395.

Jaya, I. (2021, Desember 23). Penguatan Sistem Kesehatan dalam Pengen-dalian COVID-19. Retrieved Janu-ari 10, 2022, from Kementrian Kesehatan Republik Indonesia: Direktorat Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit: http://p2p.kemkes.go.id/penguatan-sistem-kesehatan-dalam-pengendaliancovid-19/

Kaakinen, J., Gedaldy-Duff, V., Coehlo, D., & Hanson, S. (2010). Family Health Care Nursing, Theory, Prac-tice, and Research (4th ed.). Phila-delphia: F. A Davis Company.

Khoshaim, H. B., Al-Sukayt, A., Chinna, K., Nurunnabi, M., Sundarasen, S., Kamaludin, K., . . . Hossain, S. F. (2020, Desember 11). Anxiety Lev-el of University Students During COVID-19 in Saudi Arabia. (R. Mcintyre, Penyunt.) Frontiers in Psychiatry, vol 11, 1-7. doi:doi: 10.3389/fpsyt.2020.579750

Lestari, S. (2018). Psikologi Keluarga: Pe-nanaman Nilai dan Penanganan Kon-flik dalam Keluarga. Jakarta: Prena-damedia Group.

Lestari, W., & Wulandari, D. A. (2021). Hubungan antara Dukungan So-sial terhadap Kecemasan Akade-mik pada Mahasiswa yang Me-nyusun Skripsi di Masa Pandemi Covid-19 Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020. Psimphoni, 1, 93-98.

Lovibond, P., & Lovibond, S. (1995). The Structure of Negative Emo-tional States: Comparison of The Depression Anxiety Stress Scales (Dass) With The Beck Depression and Anxiety Inventories. Behav. Res. Ther, 33, 335-343.

Martini, Syahrul, M., & Bunyamin, A. (2021, September 22). Tingkat Kecemasan Mahasiswa Selama Pandemi. Indonesian Joumal of Leaming Education and Counseling, vol 4, 43-49. doi:doi.org/10.31960/ijolec.V4i1.1240

Myers, D. (2010). Social Psychology (10th ed.). New York: McGraw-Hill Companies.

Nevid, J., Rathus, S., & Greene, B. (2005). Psikologi Abnormal. Jakarta: Erlangga.

Ormrod, J. E. (2009). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang Jilid 1. Jakarta: Erlang-ga.

Paccarangan, S., Javier, J., & Botor, N. (2018). Perceived Family Support Predicts Anxiety Level among Highly Anxious University Stu-dents. Intemational Joumal of Scienc-es: Basic and Applied Research (IJSBAR), 41 (2), 190-197. Retrieved from https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2F%2Fgssrr.org%2Fin-dex.php%3Fjoumal%3DJoumalOfBasicAndApplied

Pajares, F., & Schunk, D. (2001). Self-Beliefs and School Success: Self-Efficacy, Self Concept, And School Achievement. (R. Riding, & S. Rayner, Penyunt.) Intemational Per-spectives on Individual Differences: Self-Perception, 2, 239-265.

Prabowo, F. A. (2018). Hubungan Resil-iensi dengan Self Efficacy pada Siswa SMA dalam Menghadapi Ujian Nasional. Universitas Negeri Sunan Ampel.

Pumamasari, I. (2020). Hubungan anta-ra Efikasi Diri dengan Kecemasan. Psikobomeo, 8 No.2, 238-248.

Putri, H., & Febriyanti, D. (2020). Hub-ungan Dukungan Sosial Orang Tua dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Jumal Empati, 9, No.5, 375-383.

Risandy, A. (2018). Pengaruh Ke-percayaan dan Dukungan Keluar-ga terhadap Kebahagiaan Pemi-kahan pada Mahasiswa yang Menikah Muda. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Ruholt, R., Gore, J., & Dukes, K. (2015). Is Parental Support or Parental In-volvement More Important for Adolescents? Undergraduate Joumal of Psychology, 28, No.1, 1-8.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020, Juni 30). Pembelajaran Daring di Ten-gah Wabah Covid-19 (Online Leaming in the Middle of the Covid-19 Pandemic). BIODIK: Ju-mal Ilmiah Pendidikan Biologi, VI, 214-224. doi:https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alvabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (ke 2 ed.). Bandung: Alfabeta.

Sunaryo, Y. (2017, Maret). Pengukuran Self-Efficacy Siswa dalam Pem-belajaran Matematika di MTs N 2 Ciamis. Teorema: Jumal Teori Dan Riset Matematika, 1, No.2, 39-44.

Taylor, S., Peplau, L. A., & Sears, D. (2009). Psikologi Sosial (ke 12 ed.). Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.

Villani, L., Pastorino, R., Molinari, E., Anelli, F., Ricciardi, W., Graffigna, G., & Boccia, S. (2021, April 06). Impact of the COVID-19 pandemic on psychological wellbeing of students in an Italian University: a web-based cross-sectional survey. Globalization and Health, 1-14. doi:https://doi.org/10.1186/s12992-021-00680-w

Wahyuni, I., Sutamo, & Andika, R. (2020, September). Hubungan Tingkat Religiusitas dengan Ting-kat Kecemasan Mahasiswa di Ma-sa Pandemi Covid-19. Jumal Kesehatan Al-Irsyad, 13, No. 2, 131-144.

WHO. (2020, Juni 12). Advice for the public. Diambil kembali dari who.int: https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-forpublic

Woolfolk, A. (2009). Educational Psychol-ogy Active Leaming Education. Yog-yakarta: Pustaka Pelajar

Cantika, C. P., Munzalina, T. K., Nazari, A. K., & Wulandari, M. D. (2021). Implementasi Sistem Pembelaja-ran Daring pada Masa Pandemi di Sekolah Dasar. Buletin Pengem-bangan Perangkat Pembelajaran, 3(2), 82–86. https://doi.org/10.23917/bppp.v4i2.19418

Intaniasari, Y., Utami, R. D., Pumomo, E., & Aswadi, A. (2022). Menum-buhkan Antusiasme Belajar me-lalui Media Audio Visual pada Siswa Sekolah Dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelaja-ran, 4(1), 21–29. https://doi.org/10.23917/bppp.v4i1.19424

Khamal, S. Y. B. (2020). Tantangan Pembelajaran Olahraga dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelaja-ran, 2(2), 28–35.

Nisa A, A. W., Yamin, N., & Samsudin, M. (2021). Upaya Mengurangi Kecemasan Komunikasi pada Ma-hasiswa dalam Menghadapi Ujian Seminar Tesis. Profetika: Jumal Studi Islam, 22(2), 331–336. https://doi.org/10.23917/profetika.v22i2.16698

Pumomo, E., & Sabardila, A. (2020). Makna Referensial dalam Span-duk Antisipasi Korona di Gang Kampung dan Relevansinya se-bagai Materi Ajar SMP. Proceeding of The URECOL, 34–40.

Rohmah, R. D., Mustikawati, Huda, M., & Syaadah, H. (2022). Identifikasi Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.23917/bppp.v4i1.19422

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Firdausi, A. Z., Hertinjung, W. S. ., Daliman, D., Uyun, Z. ., Giyoto, G., & Widya, R. . (2022). Hubungan Efikasi Diri dan Dukungan Keluarga dengan Kecemasan Pada Mahasiswa UMS yang Sedang Mengerjakan Skripsi di Masa Pandemi. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 1(4), 292–310. https://doi.org/10.23917/jkk.v1i4.31

Issue

Section

Articles