Eksplorasi Maksim Kesantunan Berbahasa dalam Novel Gadis Kretek Karya Ratih Kumala

Authors

  • M. Kandar Wahidi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
    Indonesia
  • Istiqamah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
    Indonesia
  • M. Ridha Anwari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
    Indonesia
  • Naomi Grascia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/jkk.v3i4.329

Keywords:

kesantunan berbahasa, maksim persetujuan, novel

Abstract

Objek penelitian ini adalah kesantunan berbahasa dalam novel Gadis Kretek karya Ratih Kumala. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Gadis Kretek karya Ratih Kumala yang terbit pada tahun 2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi (pengamatan dan pencatatan) dan studi pustaka (melakukan kajian terkait teori-teori yang berkaitan dengan topik penelitian). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap novel Gadis Kretek karya Ratih Kumala menemukan kesantunan berbahasa yaitu enam (6) maksim: maksim persetujuan, maksim penghargaan, maksim kebijaksanaan, maksim simpati, maksim kedermawanan, dan maksim kesopanan. Maksim persetujuan adalah dua puluh delapan (28) tuturan, maksim penghargaan sebanyak sepuluh (10) ujaran, maksim kebijaksanaan sebanyak delapan (8) ujaran, maksim simpati sebanyak enam (6) ujaran, maksim kedermawanan sebanyak lima (5) ujaran, dan maksim kesopanan tiga (3) ujaran. Jenis kesantunan yang paling dominan adalah maksim persetujuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, H., Andayani, T. R., & Scarvanovi, B. W. (2019). Intensitas Penggunaan Komunikasi Bermedia dan Kehangatan dalam Pertemanan pada Siswa SMA di Surakarta. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 52-60.

Adhantoro, M. S., Gunawan, D., Prayitno, H. J., Riyanti, R. F., & Jufriansah, A. (2024). Strategies to Enhance Literacy and Access to Muhammadiyah Information through ChatMu Innovation. International Journal of Religion, 5(11), 2503-20.

Afro, A. S., Hamidah, J., & Syakir, A. (2021). Analisis Gaya Bahasa dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Keluarga Cemara sebagai Bahan Pembelajaran Sastra di SMA. Idealektik, 3(2), 164-179.

Chaer, A. (2010). Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitrianu, D., Lidya, L., & Yunus, M. (2023, August). Analisis Penyimpangan Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Film Imperfect The Series 2 Karya Ernest Prakasa. In Prosiding Seminar Nasional Unars (Vol. 2, No. 1, pp. 312-323).

Hakim, L. (2020). Memorial Kebahasaan. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Hafizoh, H., Kamalia, K., & Yunus, M. (2023). Analisis Skala Kesantunan Robin Lakoff dalam Novel Ketika Perempuan Berhenti Mencintai Karya Sri Normuliati. In Prosiding Seminar Nasional Unars (Vol. 2, No. 1, pp. 354-360).

Himawan, J. A., & Aprilianti, A. L. (2020). Meningkatkan Kualitas Guru dengan Mengulas Karya Sastra Literatur (Literasi) Setiap Apel Pagi di SMK Negeri 8 Surakarta. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 1(2).

Hudijono, S. (2009). Syair-Syair Adat dalam Budaya Penyelesaian Sengketa di Sumba Barat: Dunia Seni dalam Realitas Spiritual.

Istiqamah. (2017). Kesantunan Berbahasa dalam Tindak Tutur pada Buku Cerita Anak Abangku Sayang Karya Marion. Jurnal Bahasa Sastra dan Pengajarannya, 10(2), 73. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/526586

Muhammad. (2014). Metode Penelitian Bahasa. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Negoro, G. P. (2019). Jaka Tarub & Tanabata. Surabaya: CV Jakad Media Publishing.

Normuliati, S., Hamidah, J., & Anwari, M. R. (2020). Penanaman Sikap Cinta Tanah Air melalui Kajian Ekologi Sastra dalam Novel Bersetting di Kalimantan Selatan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 60-68.

Normuliati, S., Hamidah, J., & Anwari, M. R. (2022). Potret Pendulangan Intan, Pertambangan Batubara, dan Kondisi Sungai dalam Novel-Novel Berlatar di Kalimantan Selatan. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(1), 33-44.

Nugraha, D., & Sufanti, M. (2023). Isu Terkini dalam Pembelajaran Sastra: Kelimpahan Informasi, Kecerdasan Buatan, dan Literasi Digital. Kajian Linguistik dan Sastra, 8(1), 64-83.

Prayitno, H. J. (2009). Perilaku Tindak Tutur Berbahasa Pemimpin dalam Wacana Rapat Dinas: Kajian Pragmatik dengan Pendekatan Jender.

Prihatno, S. (2016). Pengaruh Theosofi dan Freemason di Indonesia (Kajian Analitis Simbol-Simbol Theosofi dan Freemason dalam Lirik Lagu dan Sampul Kaset Album Grup Musik Dewa 19). Profetika: Jurnal Studi Islam, 17(1), 23-42.

Rahardi, R. K. (2014). Bahasa ‘Indoglish’ dan ‘Jawanesia’ dan Dampaknya bagi Pemartabatan Bahasa Indonesia.

Rahardi, R. K. (2005). Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Yunus, M., & Lili, A. (2023). Pragmatik Kesantunan Berbahasa (Teori dan Contoh Analisis). Depok: CV Zenius Publisher.

Setyadi, Y. B., Anggrahini, T. O., Wardani, N. P. K., Yunanto, W. N., Setiawati, O. T., Hidayati, G. N., … & Nugroho, I. (2020). Penerapan Budaya 5S sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di MTs Muhammadiyah 9 Mondokan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 70-76.

Downloads

Published

2024-09-03

How to Cite

Wahidi, M. K., Istiqamah, Anwari, M. R., & Grascia, N. (2024). Eksplorasi Maksim Kesantunan Berbahasa dalam Novel Gadis Kretek Karya Ratih Kumala. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 3(4), 333–344. https://doi.org/10.23917/jkk.v3i4.329

Issue

Section

Articles