Analisis Fenomena Emosi dalam Novel Argantara Karya Falistiyana: Pendekatan Psikologi Sastra

Authors

  • Risnawati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
    Indonesia
  • Jamiatul Hamidah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
    Indonesia
  • Akhmad Syakir Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
    Indonesia
  • Eqmi Avi Daviria Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
    Indonesia
  • Lytia Puteri Apriliana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/jkk.v3i4.334

Keywords:

fenomena emosi, novel Argantara, psikologi sastra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana fenomena emosi dalam novel Argantara karya Falistiyana (2021). Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sastra yang mengutamakan teks sebagai bahan penelaahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik analisis baca. Peneliti bertindak sebagai subjek yang memiliki pandangan dan nilai tertentu dalam menganalisis emosi dalam novel Argantara karya Falistiyana. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Argantara karya Falistiyana yang diterbitkan pada tahun 2021. Data yang diambil adalah transkrip percakapan yang terdapat dalam novel tersebut. Halaman novel secara keseluruhan ada 490 halaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fenomena emosi yang terkandung dalam percakapan novel Argantara karya Falistiyana ada sembilan, yaitu: 1) marah, 2) cinta, 3) bahagia, 4) kesedihan, 5) rasa malu, 6) rasa bersalah, 7) kebencian, 8) rasa bersalah yang dipendam, dan 9) menghukum diri sendiri. Fenomena emosi dalam novel Argantara karya Falistiyana berdasarkan pendekatan psikologi sastra yang ditemukan dan tergambar dalam novel Argantara adalah fenomena nyata yang pernah terjadi atau ada di kehidupan dunia fiksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhantoro, M. S., Gunawan, D., Prayit-no, H. J., Riyanti, R. F., & Jufrian-sah, A. (2024). Strategies to En-hance Literacy and Access to Mu-hammadiyah Information through ChatMu Innovation. International Journal of Religion, 5(11), 2503-20.

Afro, A. S., Hamidah, J., & Syakir, A. (2021). Analisis Gaya Bahasa dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Keluarga Cemara se-bagai Bahan Pembelajaran Sastra di SMA. Idealektik, 3(2), 164-179.

Aji, M. S., & Arifin, Z. (2021). Kritik So-sial dalam Novel Orang-Orang Oetimu Karya Felix K. Nesi serta Relevansinya sebagai Bahan Ajar di SMA: Tinjauan Sosiologi Sas-tra. Enggang: Jurnal Pendidikan, Ba-hasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(1), 72-82.

Andhini, A. D., & Arifin, Z. (2021). Ga-ya Bahasa Perbandingan dalam Novel Catatan Juang Karya Fiersa Besari: Kajian Stilistika dan Rele-vansinya sebagai Bahan Ajar Sas-tra di SMA. Enggang: Jurnal Pen-didikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(1), 44-57.

Astuti, N. D., & Arifin, Z. (2021). Nilai Sosial dalam Novel Ananta Pra-hadi Karya Risa Saraswati: Tin-jauan Sosiologi Sastra dan Rele-vansinya sebagai Bahan Ajar di SMA. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(2), 13-22.

Burhan, N. (2018). Teori Pengkajian Sas-tra. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Endraswara, S. (2008). Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Medpress.

Hafizoh, H., Kamalia, K., & Yunus, M. (2023, August). Analisis Skala Kesantunan Robin Lakoff dalam Novel “Ketika Perempuan Ber-henti Mencintai” Karya Sri Nor-muliati. In Prosiding Seminar Na-sional Unars (Vol. 2, No. 1, pp. 354-360).

Hamidah, J. (2017). Kritik Sosial dalam Kumpulan Puisi Doa untuk Anak Cucu Karya WS Rendra (Social Criticism in Doa untuk Anak Cu-cu Anthology by WS Ren-dra). Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 5(1), 25-34.

Hasanah, U., Normuliati, S., & Yunus, M. (2021). Bahasain-doneisa. Idealektik, 3(1), 126-133.

Istiqamah, I., & Anwari, M. R. (2021). Penokohan dan Citra Perempuan pada Novel Kekasih Musim Gugur Karya Laksmi Pamunt-jak. Idealektik, 3(1), 118-125.

Jabrohim. (2015). Teori Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Maulita, N., Muliati, S. N., & Anwari, M. R. Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Sehidup Sesurga Denganmu Karya Asma Nadia (Tinjauan Psikologi Sastra).

Minderop, A. (2010). Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Normuliati, S., Hamidah, J., & Ridha. (2020). Penanaman Sikap Cinta Tanah Air melalui Kajian Ekologi Sastra dalam Novel Bersetting di Kalimantan Selatan. Banjarmasin: Universitas Muhammadiyah Ban-jarmasin. Agustus, 11, 2023.

Nugrahani, F., Wahono, S. S., & Imron, A. (2019). Ecranisation of Laskar Pelangi Novel and Its Function as Educative Media (Study of Litera-ture Reception). Humanities and Social Sciences Reviews, 7(3), 221–227. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7334

Nurhidayah, N., Yunus, M., & Syakir, A. (2022). Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dalam Film “Single 2015” Karya Raditya Dika. Jurnal Idealektik, 4(2).

Shabrinavasthi. (2017). Klasifikasi Emosi Tokoh Utama Erika dalam Roman Die Klavierspielerin Kar-ya Elfriede Jelinek: Analisis Psikologi Sastra. Tesis tidak dipublikasikan. Yogyakarta: Uni-versitas Negeri Yogyakarta.

Yansyah, I., Hamidah, J., & Ariani. (2022). Pengembangan Big Book Storytelling Dwibahasa untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini. Banjarmasin: Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Agustus, 11, 2023.

Downloads

Published

2024-09-03

How to Cite

Risnawati, Hamidah, J., Syakir, A., Daviria, E. A., & Apriliana, L. P. (2024). Analisis Fenomena Emosi dalam Novel Argantara Karya Falistiyana: Pendekatan Psikologi Sastra. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 3(4), 345–356. https://doi.org/10.23917/jkk.v3i4.334

Issue

Section

Articles