Integrasi Ayat Kauniyah dan Kauliyah dalam Keilmuan Islam: Pendekatan Holistik dan Komprehensif

Authors

  • Alamsyah Rosnandi Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Bima
    Indonesia
  • Muhammad Fadiel Rahmani Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Bima
    Indonesia
  • Nur Atika Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Bima
    Indonesia
  • Anwar Sadat Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Bima
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/jkk.v3i4.350

Keywords:

integrasi ayat, kauliyah, kauniyah, keilmuan, keislaman

Abstract

Studi ini mengulas integrasi antara ayat kauniyah (alamiah) dan kauliyah (syariat) dalam konteks keilmuan Islam. Fokus utama penelitian ini adalah mengeksplorasi konsep integrasi antara kedua dimensi ini dalam pemahaman Islam kontemporer. Metode analisis teks Al-Qur’an, hadis, dan karya-karya ulama digunakan untuk mengidentifikasi pola integrasi antara ayat kauniyah dan kauliyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi ini memberikan fondasi yang kuat untuk pengembangan pemikiran Islam yang holistik dan komprehensif. Implikasi penelitian ini menyoroti pentingnya memahami hubungan yang harmonis antara aspek-aspek alam dan hukum Islam dalam menghadapi tantangan kontemporer. Kesimpulannya, penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap pemahaman tentang esensi keilmuan Islam dan relevansinya dalam menghadapi perubahan zaman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhantoro, M. S., Gunawan, D., Prayitno, H. J., Riyanti, R. F., & Jufriansah, A. (2024). Strategies to Enhance Literacy and Access to Muhammadiyah Information through ChatMu Innovation. International Journal of Religion, 5(11), 2503-20.

Afifudin, M. N., Khoiruddin, M. A. L., & Hamid, M. A. (2020). Perbandingan Minat Siswa terhadap Mata Pelajaran Agama dengan Mata Pelajaran Umum di SMP Al Islam Kartasura. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(1).

Astutik, A. P., & Mu‘adz. (2021). Buku Ajar Al-Islam dan Kemuhammadiyahan – 4 (AIK - 4). Surabaya: Umsida Press.

Apriantoro, M. S., & Muthoifin, M. (2021). The Epistemology of Ushul Fiqh Al-Ghazali in His Book Al-Mustashfa Min Ushuf Fiqh. Profetika: Jurnal Studi Islam, 22(2), 229-236.

Astutik, A. P., & Mu’adz. (2018). Buku Ajar AIK Al-Islam & Kemuhammadiyaan 4 Islam dan Ilmu Pengetahuan.

Baiquni, A. (1996). Al-Qur’an dan Ilmu Pengetahuan Kealaman. Jakarta: Dana Bhakti Primayasa.

Hanafi, I., & Hitami, M. (2018). Model Pengembangan Paradigma Integrasi Ilmu di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Profetika, Jurnal Studi Islam, 20(1).

Sufitriyani, I. I., Sufitriyani, S., Sobah, S. D., & Febiyani, H. (2023). Integrasi Islam dan Ilmu Pengetahuan. Jurnal Faidatuna, 4(3), 117–29. https://doi.org/10.47233/jpst.v2i3.1051

Marwan, I. (2017). Objektivitas Semiotika (Ilmu Tanda) Menyingkap Firman (Tanda-Tanda Kebesaran). SASTRANESIA.

Nurjanah, A., & Iswanto, I. (2021). Digitalisasi Kelembagaan Pedukuhan Melalui Sistem Informasi Berbasis IT di Dusun Nengahan, Bantul, DIY. Warta LPM, 24(4), 626-635.

Putri, F. R. (2019). Integrasi Ilmu Pengetahuan (Sains) dan Agama Islam, 6(1). https://doi.org/10.21580/wa.v61l.4848.

Qur’an Kemenag. (n.d.). Retrieved from https://quran.kemenag.go.id/quran/per-ayat/

Ramayulis. (2015). Filsafat Pendidikan Islam: Analisis Filosofis Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Saifudin, S. (2020). Integrasi Ilmu Agama dan Sains: Studi Penulisan Skripsi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Profetika: Jurnal Studi Islam, 21(1), 78-90.

Saputra, M. F., Mualim, R., Muthoifin, M., Shobron, S., & Subhan, S. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Karakter di Paguyuban Pengajar Pinggiran Sungai Code (P3s) Yogyakarta. Profetika: Jurnal Studi Islam, 22(1), 169-176.

Sari, A. M., Hidayah, O. N., Khotimah, S., Prayitno, H. J., Kholisatul‘Ulya, N., & Nugroho, S. (2022). Penerapan Pembelajaran Berbasis Agama untuk Membentuk Karakter Religius Anak Sejak Dini di TPA. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 36-48.

Sugiarti, S., & Hidayat, S. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Bj. Habibie dan Relevansinya terhadap Pendidikan Islam di Era Revolusi Industri 4.0. SUHUF, 34(1), 18-35.

Sulfikah, S., Ismail, I., Nurlinda, N., Yardina, Y., Fardiansyah, F., Bahar, A. N. A., … & Wicaksono, B. H. (2023). Pemberdayaan Tokoh Masyarakat Tellu Boccoe dalam Mengantisipasi Penyalahgunaan Narkoba pada Generasi Milenial. Buletin KKN Pendidikan, 5(2), 147-156.

Suwinarno, S. (2015). Tafsir Ayat-Ayat Kauniyah dalam Bingkai Epistemologi Islam. SUHUF, 27(1), 117-120.

Downloads

Published

2024-09-03

How to Cite

Rosnandi, A., Rahmani, M. F., Atika, N., & Sadat, A. (2024). Integrasi Ayat Kauniyah dan Kauliyah dalam Keilmuan Islam: Pendekatan Holistik dan Komprehensif. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 3(4), 357–364. https://doi.org/10.23917/jkk.v3i4.350

Issue

Section

Articles