Pengaruh Faktor-Faktor Psikologi terhadap Perilaku Konsumen Ikan Segar di Universitas Muhammadiyah Madiun

Authors

  • Irfan Miftahul Fauzi Fakultas Ilmu Formal Ilmu Terapan, Universitas Muhammadiyah Madiun
    Indonesia
  • Santosa Pradana Putra Setya Negara Fakultas Ilmu Formal Ilmu Terapan, Universitas Muhammadiyah Madiun
    Indonesia
  • Dian Ardifah Iswari Fakultas Ilmu Formal Ilmu Terapan, Universitas Muhammadiyah Madiun
    Indonesia
  • Sherly Oktaviana Putri Fakultas Ilmu Formal Ilmu Terapan, Universitas Muhammadiyah Madiun
    Indonesia
  • Kilau Mustika Bayu Aji Fakultas Ilmu Formal Ilmu Terapan, Universitas Muhammadiyah Madiun
    Indonesia
  • Ihwan Susila Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Burhan Efendi Fakultas Vokasi, Universitas Muhammadiyah Karanganyar
    Indonesia
  • Novi Febrianti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/jkk.v2i4.48

Keywords:

faktor psikologi, perilaku konsumen, ikan segar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Madiun Jawa Timur pada Bulan Mei 2023. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor-faktor psikologi berpengaruh terhadap perilaku konsumen ikan segar, dan untuk mengetahui faktor-faktor psikologi apa saja yang berpengaruh terhadap perilaku konsumen ikan segar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling. Dalam penelitian ini diambil sampel sebesar 34 dimana sebagai pegawai (dosen dan tenaga kependidikan) di Universitas Muhammadiyah Madiun dan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin. Ikan segar dikonsumsi yang terbanyak yaitu didominasi pegawai yang berpenghasilan Rp 1.000.000 - Rp 3.000.000,-/bulan. Faktor-faktor psikologis sebagai sebuah proses yang terdiri dari motivasi, pengamatan, belajar, dan sikap cukup mampu menjelaskan dan memberikan pengaruh nyata secara bersama-sama terhadap perilaku konsumen di dalam memutuskan untuk mengkonsumsi ikan segar di Universitas Muhammadiyah Madiun. Keempat faktor tersebut mempunyai pengaruh sebesar 55,2% terhadap konsumsi ikan segar, sedangkan sisanya sebesar 44,8% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian ini. Di dalam faktor-faktor psikologis tersebut, variabel motivasi dan sikap merupakan variabel yang berperan memberikan pengaruh nyata secara sendiri-sendiri terhadap perilaku konsumen untuk memutuskan mengkonsumsi ikan segar atau tidak di Universitas Muhammadiyah Madiun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arthatiani, F. Y., Kusnadi, N., & Harian-to, H. (2018). ANALISIS POLA KONSUMSI DAN MODEL PER-MINTAAN IKAN MENURUT KARAKTERISTIK RUMAH TANGGA DI INDONESIA. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan Dan Peri-kanan, 13(1), 73. https://doi.org/10.15578/jsekp.v13i1.6967

Chen, J., Jayachandran, M., Bai, W., & Xu, B. (2022). A critical review on the health benefits of fish consump-tion and its bioactive constituents. Food Chemistry, 369, 130874. https://doi.org/10.1016/j.foodchem.2021.130874

Dasgupta, S., Mustafa, G., Paul, T., & Wheeler, D. (2021). The socioeco-nomics of fish consumption and child health: An observational co-hort study from Bangladesh. World Development, 137, 105201. https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2020.105201

Djunaidah, I. S. (2017). Tingkat Kon-sumsi Ikan di Indonesia: Ironi di Negeri Bahari. Jurnal Penyuluhan Perikanan Dan Kelautan, 11(1), 12–24. https://doi.org/10.33378/jppik.v11i1.82

DKP Banyuwangi. (2013). Manfaat Makan Ikan. http://diskanlabwi.blogspot.com/2013/07/manfaat-makan-ikan.html

DKP Jateng. (2017). Kandungan Gizi pada Ikan. https://dkp.jatengprov.go.id/index.php/artikel/bidangpukp/mengenal-kandungan-gizipada-ikan

Fauzi, I. M., Setiawan, B., & Efani, A. (2019). VALUE CHAIN ANALYSIS AT TUNA PROCESSED AGROIN-DUSTRY IN PACITAN, EAST JA-VA. Agricultural Social Economic Journal, 19(01), 33–46. https://doi.org/10.21776/ub.agrise.2019.019.1.5

Han, K., Leem, K., Choi, Y. R., & Chung, K. (2022). What drives a country’s fish consumption? Market growth phase and the causal relations among fish consumption, produc-tion and income growth. Fisheries Research, 254, 106435. https://doi.org/10.1016/j.fishres.2022.106435

Hermida, M., & Costa, S. (2020). Be-tween Tradition and Taste: Fish Consumption Habits in a Small Portuguese Archipelago. Journal of Aquatic Food Product Technology, 29(4), 335–349. https://doi.org/10.1080/10498850.2020.1734892

Husni, M. F., Utani, R. C., Putri, Y. S., Mutiara, I. A., Suyanto, S., Negara, S. P. P. S., & Prasetyo, E. (2023). In-stilling Nationalism and Love for the Homeland in Young Indonesian Immigrants in the Sentul Region of Malaysia. International Conference on Education for All, 1(2), 144–149.

Irwansyah, R., Listya, K., Setiorini, A., Hanika, I. M., Hasan, M., Utomo, K. P., Bairizki, A., Lestari, A. S., Ra-hayu, D. W. S., Butarbutar, M., Nupus, H., Hasbi, I., Elvera, & Tri-wardhani, D. (2021). Perilaku Kon-sumen. CV. Widina Media Utama.

Iswari, D. A., Arkeman, Y., & Muslich. (2019a). Requirement analysis of blockchain systems on cocoa sup-ply chain. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 335(1), 012011. https://doi.org/10.1088/1755-1315/335/1/012011

Iswari, D. A., Arkeman, Y., & Muslich, M. (2019b). ANALISIS DAN DE-SAIN RANTAI PASOK KAKAO BERBASIS BLOCKCHAIN. JURNAL AGRI-TEK : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Eksakta, 20(2), 41–47. https://doi.org/10.33319/agtek.v20i2.55

Iswari, D. A., Fauzi, I. M., Negara, S. P. P. S., Putri, S. O., Suprapto, Nur-wantara, M. P., Mangifera, L., Anafih, E. S., & Tamtama, N. N. (2023). Model Pengukuran Kinerja Rantai Pasok Kakao. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 2(3), 171–183.

Jannah, W. M. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pola Kon-sumen Dalam Mengkonsumsi Ikan Pa-da Siswa MTsN (Studi Kasus Di MTsN 4 Ponorogo, Kabupaten Pono-rogo, Jawa Timur). Universitas Brawijaya.

Kim, S.-A., Lee, J., Kang, D., & Shin, S. (2019). Oily Fish Consumption and the Risk of Dyslipidemia in Korean Adults: A Prospective Cohort Study Based on the Health Exami-nees Gem (HEXA-G) Study. Nutri-ents, 11(10), 2506. https://doi.org/10.3390/nu11102506

KKP. (2022). Angka Konsumsi Ikan per Provinsi. https://kkp.go.id/brsdm/sosek/artikel/41211-angka-konsumsi-ikan-per-provinsi

Laswati, D. T. (2019). MASALAH GIZI DAN PERAN GIZI SEIMBANG. AGROTECH : JURNAL ILMIAH TEKNOLOGI PERTANIAN, 2(1), 69–73. https://doi.org/10.37631/agrotech.v2i1.12

Negara, S. P. P. S. (2015). Keanekaragaman Genetik Ikan Wader (Famili Cyprini-dae) di Kabupaten Bantul, Daerah Is-timewa Yogyakarta [Universitas Sebelas Maret]. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/46169

Negara, S. P. P. S., Fauzi, I. M., Iswari, D. A., Putri, S. O., Aji, K. M. B., As-tuti, R., Irawati, D. A., & Riyanto, S. (2023). Peningkatan Produksi Markisa pada Kelompok Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Ngongak Tanduran Kota Madiun. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 3(3), 98–104.

Pradana, Y. A., Azka, D. A., Aji, A. C., & Fauzi, I. M. (2022). ANALYSIS OF WEATHER CHANGES FOR ESTI-MATION OF SHALLOT CROPS FLUCTUATION USING HIDDEN MARKOV. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 16(1), 333–342. https://doi.org/10.30598/barekengvol16iss1pp331-340

Rahman, Md. N., & Islam, A. R. Md. T. (2020). Consumer fish consumption preferences and contributing fac-tors: empirical evidence from Rangpur city corporation, Bangla-desh. Heliyon, 6(12), e05864. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05864

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Untari, D. S., Wibowo, T. A., & Anwar, R. (2022). Minat Konsumen Mille-nial Terhadap Konsumsi Ikan Air Laut dan Ikan Air Tawar. Jurnal FishtecH, 11(1), 30–38. https://doi.org/10.36706/fishtech.v11i1.15128

Virgantari, F., Koeshendrajana, S., Ar-thatiani, F. Y., Faridhan, Y. E., & Wihartiko, F. D. (2022). PEMETAAN TINGKAT KONSUM-SI IKAN RUMAH TANGGA DI INDONESIA. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan, 17(1), 97. https://doi.org/10.15578/jsekp.v17i1.11045

Downloads

Published

2023-11-20

How to Cite

Fauzi, I. M., Negara, S. P. P. S. ., Iswari, D. A. ., Putri, S. O. ., Aji, K. M. B. ., Susila, I. ., Efendi, B. ., & Febrianti, N. . (2023). Pengaruh Faktor-Faktor Psikologi terhadap Perilaku Konsumen Ikan Segar di Universitas Muhammadiyah Madiun. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 2(4), 225–236. https://doi.org/10.23917/jkk.v2i4.48

Issue

Section

Articles