Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Paru Manguharjo Madiun Tahun 2023

Authors

  • Asmirati yakob Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Madiun
    Indonesia
  • Yuli Kusumawati Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Lina Alfiyani Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Madiun
    Indonesia
  • Didik Muliyono Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Madiun
    Indonesia
  • Umi Budi Rahayu Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ida Untari Fakultas Ilmu Kesehatan, ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Sri Sat Titi Hamranani Fakultas Kesehatan dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Klaten
    Indonesia
  • Devid Noor Umam Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Karanganyar
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/jkk.v3i1.49

Keywords:

mutu pelayanan, kepuasan pasien

Abstract

Pelayanan kesehatan yang bermutu dapat mengacu pada level prima yang dilaksanakan dengan berlandaskan pada dasar pelayanan dan kode etik yang telah ditetapkan. Hal ini akan memunculkan kepuasan bagi setiap pasien. Untuk mengukur mutu pelayanan, ada beberapa acuan antara lain ; tangibles (nyata), reliability (mampu dipercaya), empathy (empati), assurance (penjaminan), and responsiveness (kecepatan bersikap). Studi ini menginvestigasi hubungan antara mutu pelayanan dan kepuasan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Paru Manguharjo (RS Paru Mangunharjo), Madiun, Jawa Timur. Populasi pada penelitian ini mejuruk pada seluruh pasien rawat jalan. Sampel penelitian ditentukan dari populasi menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Hasil penelitian : Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan sampel sebanyak 80 responden dan pembahasan mengenai Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di rumah Sakit Manguharjo Madiun, maka dapat ditarik kesimpulan yaitu Ada hubungan antara Reliability, Assurance Tangibles, Empathy, dan Responsiveness dengan Kepuasan pasien rawat jalan di RS  Paru Manguharjo Madiun. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi teoritis berupa pengembangan mutu pelayanan, khususnya pada lembaga publik yakni rumah sakit. Secara praktis dapat menjadi bahan pertimbangan dalam penyusunan kebijakan terkait pelayanan rumah sakit, khususnya untuk kasus jasa rawat jalan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Asmirati yakob, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Madiun

 

 

References

Abdul Nasir Zakaria, G., Mahalle, S., Zaiham Midawati Abdullah, N., Afifuddin Ghozali, M., Nuramalia, M., & Hassanal Bolkiah, S. (2022). Burnout and Job Satisfaction Among Islamic Religious Knowledge Teachers in Brunei Darussalam. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 5(1), 92–106. https://doi.org/10.23917/IJOLAE.V5I1.19605

, P. M. (2017). Survei Kepuasan Masyarakat, Jakarta.

Aditya, K. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Tingkat IV Slamet Riyadi Surakarta. Ilmiah Rekam Medis dan Informatika Kesehatan , 1 : 43.

Arnindiah, N., & Safriantini, D. (2019). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta Jaminan Kesehatan Nasional di Rumah Sakit Islam Siti Khadijah Palembang. Jurnal Kesehatan, 11(2). https://doi.org/10.23917/JK.V11I2.7580

Awaludin, A., Prayitno, H., on, M. H.-I. J., & 2022, undefined. (2023). Using Digital Media During the COVID-19 Pandemic Era: Good Online Program in Higher Education. Journals.Ums.Ac.IdA Awaludin, HJ Prayitno, MI HaqIndonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 2022•journals.Ums.Ac.Id, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.23917/ijolae.v5i1.19574

Chairunnisa, & Puspita, M. (2017). Gambaran Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura (RSIJS) Tahun 2015. Kedokteran dan kesehatan , 9.

Dewi Wulandari, M., Sayekti, I. C., Purwanti, O. S., Kusuma, R. R., Fadillah, R., Enikmawati, A., Sat, S., Hamranani, T., Para-Hadi, M., Nadia, H., Keguruan, F., Korespondensi, *, Murfiah, P., & Wulandari, D. (n.d.). Penguatan Guru SD dalam Psikoedukasi Pendidikan Seks pada Anak. Journals.Alptkptm.OrgMD Wulandari, IC Sayekti, OS Purwanti, RR Kusuma, R Fadillah, A EnikmawatiJurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 2023•journals.Alptkptm.Org. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i

126

Diana Anastasia, T. F. (2022). Manajemen dan Strategi kepuasan Pelanggan. Edisi Kedua. Yogyakarta : Andi.

Gde. A.A, M. (2014). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Harun, S. (2019). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Pusat Dr Mohammad Hoesin Palemban. Ecoment Global , 1 : 63.

Ishartono, N., Binti, R., Razak, A., Hajar Binti Halili, S., Dwi, Y., Ningtyas, W. K., Tonra, W. S., Kholid, M. N., Waluyo, M., & Djamilah, S. (2022). The Role of Instructional Design in Improving Pre-Service and In-Service Teacher’s Mathematics Learning Sets Skills: A Systematic Literature Review in Indonesian Context. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 5(1), 13–31. https://doi.org/10.23917/IJOLAE.V5I1.20377

Kamsir A, H. (2018). ubungan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Poli Umum Puskesmas Lompoe Kota Pare-Pare. Ilmiah Kesehatan Pencerah , 7 : 54.

Mubin Omar, K. A. (2021). Perceived service Quality in HRI : Applying the SERVBOT Framewor. Frontiers in Robotics and AI 1 , 1.

M, V. A. S., Laihat, L., Harini, B., Safitri, M. L. O., Melati, S. P., Rahmadan, D., Hayati, S., & Handrianto, C. (2023). Movable Page-Based Interactive Books on Numbers in Elementary Schools. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 5(2), 167–177. https://doi.org/10.23917/IJOLAE.V5I2.21705

Nurhasanah, N., Samsudin, A., Linuwih, S., & Sutrisno, A. D. (2022). Is SiPOERT an Innovative Learning? Implementation and Identification of Students’ Conception on Simple Harmonic Motion. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 5(1), 78–91. https://doi.org/10.23917/IJOLAE.V5I1.19567

Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan : Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional Edisi 4. . Jakarta: Salemba Medika.

Onojah, A. A., Onojah, A. O., Olumorin, C. O., & Omosewo, E. O. (2021). Secondary School Teachers’ Accessibility to Internet Facilities for Advanced Instruction in Nigeria. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(2), 86–95. https://doi.org/10.23917/IJOLAE.V3I2.10686

Pipitcahyani I.T, M. S. (2015). Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan . Jakarta: Salemba Medika.

Prasetyarini, A., Hikmat, M. H., & Thoyibi, M. (2021). Strategies to Cope With Students’ Discipline Problems in Senior High School. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(1), 40–47. https://doi.org/10.23917/IJOLAE.V3I1.9474

Putro S.S, R. E. (2017). Implementasi Metode Servqual Dan Saw Untuk Analisa Kepuasan Pasien Berdasarkan Kualitas Pelayanan Poli Rawat Jalan. Komunikasi, Media dan Informatika , 2 : 1.

Rahim-Ab Rossazana, S. L. (2023). Healthcare service quality measurement in Malaysia : A scoping . Med, 1 , 118.

RB, p. (2017). 14 Indeks kepuasan masyarakat.

Ririn, H. (2020). Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta: Trussmedia Grafika.

S Boy, S. (2013). Quality Assurance Pelayanan Rumah Sakit, Edisi Revisi. . Jakarta: CV : Sagung Seto.

S Imbalo, P. (2013). Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan, Dasar dasar Pengertian. Jakarta: Kesaint Blanc.

Satrianega, F. M. (2014). Organisasi dan Manajemen Pelayanan Puskesmas dan Rumah Sakit. . jakarta: Salemba Medika.

Silvia Agustina, A. D. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Rawat Jalan Penyakit Dalam RSUD dr. Djoelham Binja. Kesmas Jambi (JKMJ) , 1 : 24.

Setyaningsih, E., Agustina, P., Anif, S., Nidzam, C., Ahmad, C., Sofyan, I., Saputra, A., Nasriha, W., Salleh, W. M., Shodiq, D. E., Rahayu, S., & Hidayat, M. L. (2022). PBL-STEM Modul Feasibility Test for Preservice Biology Teacher. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 4(2), 118–127. https://doi.org/10.23917/IJOLAE.V4I2.15980

Sopiah, E. (2013). Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai : Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tadesse Musse, A. A. (2020). Level of Patient Satisfaction with Inpatient Services and Its Determinants : A Study of a Specialized Hospital in Ethiopia. . Jurnal Environmental and Public Health, 12 : 1.

Yamini A.E, A. F. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Pada Pasien RSUD Labuang Baji, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Bisnis manajemen, 2 , 425.

Zulkifli A, M. A. (2014). Hubungan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Masohi. Kesehatan , 1:75.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

yakob, A., Kusumawati, Y. ., Alfiyani, L. ., Muliyono, D. ., Rahayu, U. B. ., Untari, I. ., Hamranani, S. S. T. ., & Umam, D. N. . (2024). Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Paru Manguharjo Madiun Tahun 2023. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 3(1), 45–48. https://doi.org/10.23917/jkk.v3i1.49

Issue

Section

Articles