Peningkatan Literasi, Pengembangan Calistung, dan Pengenalan Budaya Indonesia pada Siswa-Siswi SB Sentul Malaysia

Authors

  • Selfiana Putri Ramdani Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Mataram
    Indonesia
  • Harun Joko Prayitno Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Eko Ari Wibowo Fakultas Sains dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Gombong
    Indonesia
  • Fitri Suciana Fakultas Kesehatan dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Klaten
    Indonesia
  • Rusiana Sri Haryanti Fakultas Ilmu Kesehatan, ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Shohenuddin Shohenuddin Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kuala Lumpur, Malaysia
    Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.23917/jkk.v2i2.69

Keywords:

literasi, calistung, budaya, sanggar belajar

Abstract

Literasi adalah kegiatan yang sangat membantu siswa untuk melatih mental dan pola pikir siswa terhadap sesuatu yang akan dilakukan literasi juga berperan penting dalam pendidikan akan tetapi anak-anak yang berada di SB sentul dan kami mengamati bahwa banyak anak disini yang masih kurang atau minim literasi yang mereka dapat kita hadir untuk merubah siswa-siswi yang ada di SB Sentul khususnya siswa-siswi disini masih banyak yang belum bisa membaca SD kelas 6 saja mereka belum bisa membaca secara baik dan jelas ada pula yang belum bisa membaca tulisannya sendiri.Program Calistung ini dijalankan oleh 3 orang mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Mataram di sekolah sanggar bimbingan belajar SB Sentul selama kurang lebih 4 minggu, dengan program ini, mahasiswa berhasil memperkenalkan huruf kepada siswa-siswi SB sentul, ketika diberikan tugas hampir semuanya mendapatkan nilai 100, oleh karena itu setiap hari mereka meminta PR untuk dikerjakan agar mereka fokus pada materi pembelajaran. Pengenalan budaya Indonesia juga kita terapkan kepada siswa SB sentul agar mereka paham mengenai budaya yang ada di Indonesia terutama pakaian daerah, alat musik daerah, makanan khas daerah, dan rumah khas daerah di Indonesia. Tidak lupa pula kami selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk anak Indonesia agar kelak mereka menjadi orang yang luar bisa berguna bagi Nusa dan bangsa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, G. P., & Riyanto, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Pada Pembelajaran Tematik Dengan Metode Global Kelas 1 SDN Kajen 02. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 2(3), 93-98.

Anonim. 2016 . panduan gerakan literasi sekolah di sekolah dasar buku ditjen dikdasmen kemdikbud.

Aprilia, T. R., Siyamto, Y., & Nugroho, S. (2022). Peningkatan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar Melalui Gerakan 3M dan Pojok Baca. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 130-136.

Aulia, L. I., Priyandini, E., Rosalinda, R., Siswanto, H., & Aprilia, S. (2022). Pengembangan Budaya Literasi Melalui Program “Maca” di SD Negeri Klandungan 3. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 61-68.

Buku saku gerakan literasi di sekilah ditjen dikdasmen kemendikbud https://dukcapil.kemendagri.go.id/berita/baca/809/distribusi-pendudukindonesia-per-juni2021-jabar-terbanyak-kaltara-paling-sedikit.

Husna, A. D., Putri, L. N., Fitri, N. A., & Kurniawan, D. (2023). Program Gerakan Literasi sebagai Upaya Peningkatan Literasi Baca di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 51-59.

Ifrida, F., Huda, M., Prayitno, H. J., Purnomo, E., & Sujalwo, S. (2023). Pengembangan dan Peningkatan Program Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1-12.

Kementerian pendidikan dan kebudayaan, 2016 . menumbuhkan budaya literasi di dekolah .

Prabandari, R. S., Masduki, M., Khotimah, R. P., & Sutarni, S. (2022). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Linier Satu Variabel Berdasarkan Kriteria Kesalahan Watson Pada Siswa Kelas VII Semester Gasal. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 1-12.

Pratama, E. D., Mahardika, D. A., & Andreas, R. (2022). Peningkatan Literasi dan Kreativitas Siswa Melalui Kegiatan Mading di SDN 2 Binade. Jurnal ilmiah kampus mengajar, 93-102

Ramadhan, D. N., Hermawan, H. D., & Septiyanti, N. D. (2023). Implementasi dan Pengembangan Media Pembelajaran Game Calistung untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi di SD N 04 Kemuning. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 13-25.

Riyanto, S., Sumarlam, S., & Purianingtyas, A. R. (2018, November). Multiliteracy as The Dysphemism Handling Power of Elementary School Students. In International Seminar on Recent Language, Literature, and Local Cultural Studies (BASA 2018) (pp. 476-482). Atlantis Press.

Ulinnuha, M., Bakti, M. J., & Maulida, A. Z. (2023). Peningkatan Minat Baca melalui Program Literasi Pagi Pojok Baca bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 35-42

Downloads

Published

2023-06-27

How to Cite

Ramdani, S. P., Prayitno, H. J. ., Wibowo, E. A. ., Suciana, F. ., Haryanti, R. S. ., & Shohenuddin, S. (2023). Peningkatan Literasi, Pengembangan Calistung, dan Pengenalan Budaya Indonesia pada Siswa-Siswi SB Sentul Malaysia. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 2(2), 95–102. https://doi.org/10.23917/jkk.v2i2.69

Issue

Section

Articles