Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Linier Satu Variabel Berdasarkan Kriteria Kesalahan Watson Pada Siswa Kelas VII Semester Gasal
DOI:
https://doi.org/10.23917/jkk.v1i1.7Keywords:
persamaan linier satu variabel, menyelesaikan soal, kriteria kesalahan watson, analisis kesalahanAbstract
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pokok bahasan persamaan linier satu variabel menurut kriteria kesalahan Watson serta mengidentifikasi faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pokok bahasan persamaan linier satu variabel. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di MTs Negeri 1 Surakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII Program Khusus 2. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan metode tiga alur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa kurang teliti dalam membaca dan mengidentifikasi soal dengan benar sehingga siswa gagal dalam menuliskan soal yang diberikan; (2) siswa tidak paham dengan konsep persamaan linier satu variabel dengan baik; (3) siswa yang terbiasa tidak menuliskan kesimpulan jawaban; dan (4) siswa yang tidak menguasai materi prasyarat persamaan linier satu variabel.
Downloads
References
Asikin, M. (2002). Penerapan Taksonomi Solo dalam Penyusunan Item Tes dan Interpretasi Respons Mahasiswa pada Perkuliahan Geometri. Analit.Jurnal Lembaran Ilmu Kependidikan, No. 2-XXXI.
Chasanah, A. N. (2019). Cognitive Growth Learning Model to Improve the Students’ Critical Thinking Skills. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 4(2), 112–123. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v4i2.8127
Departemen Pendidikan Nasional (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Firdareza, R. M., & Hapsari, S. N. (2019). Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri Pedan Tahun Pelajaran 2019/2020. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 1(2), 18–24.
Habibi, H., & Prahmana, R. C. I. (2022). Kemampuan Literasi Matematika, Soal Model PISA, dan Konteks Motif Batik Tulis Jahe Selawe. Jurnal VARIDIKA, 33(2), 116–128. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i2.16722
Imawati, S. (2020a). Penerapan Problem Solving Berorientasi Kontekstual untuk Meningkatkan Komunikasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal VARIDIKA, 32(1), 80–93. https://doi.org/10.23917/varidika.v32i1.11579
Imawati, S. (2020b). Strategi Kontekstual untuk Meningkatkan Koneksi dan Hasil Belajar Matematika Siswa MTs. Jurnal VARIDIKA, 32(2), 67–77. https://doi.org/10.23917/varidika.v32i2.13136
Lestiana, H. T., Rejeki, S., & Setyawan, F. (2016). Identifying Students’ Errors on Fractions. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 1(2), 131–139. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v1i2.3396
Patac, A. J. V., Patac, L. P., & Crispo, N. E. (2022). Students’ Understanding of A Geometric Theorem: A Case of Grade 9 Problem Posing. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 7(2), 105–115. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v7i2.16394
Prayitno, L. L., Purwanto, P., Subanji, S., Susiswo, S., & Mutianingsih, N. (2022). Students’ Semantic Reasoning Characteristics on Solving Double Discount Problem. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 7(2), 77–92. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v7i2.16325
Rahmawanti, K., Sundari, S., Ishartono, N., & Waluyo, M. (2021). Penggunaan Kartu Perkalian sebagai Media Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 135–143. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15697
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peringkat Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan (online). (http://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa- indonesia-mengalami-peningkatan. Di akses tanggal 24 September 2017)
Rahmania Listi, Ana Rahmawati. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel (Analysis Of Student’s Errors In Solving Word Problems Of Linear Equations In One Variable). Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2).
Sari, Y. M., & Valentino, E. (2016). An Analysis of Students Error in Solving PISA 2012 And Its Scaffolding. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 1(2), 90–98. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v1i2.3380
Setyawan, F., Prasetyo, P. W., & Nurnugroho, B. A. (2020). Developing complex Analysis Textbook to Enhance Students’ Critical Thinking. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 5(1), 26–37. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v5i1.8741
Suryana, M. F. (2018). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Bangun Segiempat melalui Model Discovery Learning pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 3 Teras Kabupaten Boyolali Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 47–61. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6544
Sutama, S., Narimo, S., & Samino, S. (2017). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013 berbasis Lesson Study di SMP. Jurnal Varia Pendidikan, 28(2), 188–196. https://doi.org/10.23917/varidika.v28i2.3033
Sutama, Sofia, & Novitasari, M. (2019). Analisis Kemampuan Penyelesaian Soal Matematika Berorientasi PISA dalam Konten Perubahan dan Hubungan pada Siswa SMP. Varia Pendidikan, 31(1), 1–7. http://journals.ums.ac.id/index.php/varidika/article/view/8898/4794
Wahyuni, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Prediksi Soal-Soal Ujian Nasional Mata Pelajaran Matematika melalui Pendekatan Jigsaw pada Peserta Didik Kelas IX A SMP Negeri 4 Boyolali Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal VARIDIKA, 26(2), 175–181. https://doi.org/10.23917/varidika.v26i2.687
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Radha Sita Prabandari, Masduki Masduki, Rita Pramujiyanti Khotimah, Sri Sutarni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.