Pemanfaatan Kertas Karton sebagai Media Pembelajaran Bangun Ruang di SB Subang Mewah
DOI:
https://doi.org/10.23917/jkk.v2i2.70Keywords:
kertas karton, KKN, media pembelajaranAbstract
Tujuan dari kehadiran kami sebagai mahasiswa KKN/KI Se-Indonesia ini selama 28 hari di sanggar bimbingan ini sangat memberi kesempatan kepada mahasiswa se-Indonesia dimana kami disini dapat memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan yang dimiliki dengan bekerja sama dengan pemangku kepentingan dan membantu percepatan pembangunan sanggar bimbingan yang ada di SB Subang Mewah Kuala Lumpur Malaysia. pelaksanaan media pembelajaran menggunakan kertas karton di Sanggar Bimbingan Kuala Lumpur Malaysia. Kegiatan media pembelajaran menggunakan kertas karton adalah kegiatan yang dilaksanakan pada Sanggar Bimbingan SB SUBANG MEWAH. Kegiatan ini dijalankan pada tanggal 21 Maret 2023 dan tanggal 29 Maret 2023 mahasiswa KKN/KI memulai salah satu kegiatan program kerja kami yaitu media pembelajaran menggunakan kertas karton selama kami berada di Kuala Lumpur Malaysia. Anak-anak Sanggar Bimbingan Subang Mewah Kuala Lumpur Malaysia berjumlah 33 anak. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tahapan yaitu pelaksanaan,pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi dan dokumentasi. Bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran menggunakan kertas karton dengan membuat jaring-jaring kubus yang biasanya terdapat pada mata pelajaran matematika, melatih keterampilan dan juga pemahaman langsung bagi anak-anak Sanggar Bimbingan Subang Mewah, agar siswa-siswi Sanggar Bimbingan Subang Mewah mengetahui cara pembuatan kubus, memahami apa itu kubus dan mengenal jaring-jaring. Kegiatan ini dilakukan pada siswa-siswi kelas 3-5 dengan metode yang dilakukan ialah menentukan luas sisi jaring-jaring, memberi garis pada kertas yang telah ditentukan luasnya, pengguntingan pada kertas yang telah diberi garis dengan tentuan ukuran dan akhir pelipatan pada kertas karton menjadi jaring-jaring kubus. Kegiatan ini bermanfaat bagi siswa-siswi serta tenaga pengajar yang di mana siswa mendapat pembelajaran baru serta tenaga pelajar menemukan media pembelajaran baru yaitu media belajar menggunakan media kertas karton. Diharapkan media pembelajaran dengan menggunakan kertas karton ini dapat memotivasi guru (tenaga pengajar) untuk menggunakan media pembelajaran dalam melaksanakan pembelajaran matematika tepatnya di Sanggar Bimbingan Subang Mewah ini
Downloads
References
Fuadi, D., Harsono, H., Syah, M. F. J., Susilo, A., Suhaili, S., & Wahyono, B. (2021). Self-Governance: Internationalization management of distinctive higher education towards the world class university. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(2), 96-113.
Jati, K., Intaniasari, Y., Ningrum, R. S., Hafida, S. H. N., Utami, R. D., Ariyadi, M. Y., & Subekti, T. A. (2022). Peningkatan Pemahaman Pola Asuh melalui Sosialisasi Tumbuh Kembang Anak untuk Menciptakan Generasi Emas. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 12-23.
Kafolamau, N. I., & Rahardjo, M. M. (2022). Peningkatan Kreativitas Anak Menggunakan Media Loose Parts. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(3), 255–262. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.3.2022.1880
Larasati. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Media “Rumah Eksis”di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.
Lestari, M. W., Rahmadhani, I. N., Huda, M., Na’im, H., Kusuma, R. A., & Munahefi, D. N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Berbasis Literasi dan Numerasi di SDN 3 Krakitan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 88-97.
Mayora, V., Ginting, B., & Sianturi, F. A. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kepala Laboratorium Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Di Rumah Sakit Granmed. Journal of Informatic Pelita Nusantara, 4(2), 1–7. http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/JIPN/article/view/606
Mukholifah, M., Tisngati, U., & Ardhyantama, V. (2020). Mengembangkan Media Pembelajaran Wayang Karakter Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(4), 673–682. https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.152
Muzaqi, A., Ratih, K., & Sutopo, A. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik melalui Bimbel pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 70-77.
Nareswari, A., & Inayati, N. L. (2022). Pembentukan Karakter melalui Program Trenclass di SMA Muhammadiyah Wonosobo Tahun Pelajaran 2021/2022 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Prayitno, H. J., Wulandari, M. D., Widyasari, C., Nursalam, N., Malaya, K. A., Bachtiar, F. Y., ... & Aditama, M. G. (2020). Pemberdayaan Guru dalam Peningkatan Layanan Bimbingan Konseling di SD/MI Muhammadiyah Se-Surakata pada Era Komunikasi Global. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 56-62.
Ramadhan, D. N., Hermawan, H. D., & Septiyanti, N. D. (2023). Implementasi dan Pengembangan Media Pembelajaran Game Calistung untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi di SD N 04 Kemuning. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 13-25.
Ratih, K., Utami, R. D., Fuadi, D., Mulyasih, S., Febriani, D., Asmara, S. F., ... & Hidayat, M. T. (2020). Penguatan Pendidikan Etika dan Karakter Peduli Lingkungan Sosial Budaya di SMP Muhammadiyah 10 Matesih, Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 2(1), 44-49.
Sunarti, S. (2022). Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva Pada Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kabupaten Muba. Jurnal Perspektif, 15(1), 96–105. https://doi.org/10.53746/perspektif.v15i1.71
Utami, R. D., Minsih, M., Prayitno, H. J., Pristi, E. D., Lestari, R. Y. A., Handayani, D., ... & Shohenuddin, S. (2023). Pemberdayaan Guru dan Fasilitator dalam Pembelajaran Kelas Rangkap pada Sanggar Belajar Malaysia Berpendekatan Profil Pelajar Pancasila. Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 96-106.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Almani Almani, Tazkia Annafas, Mita Adi Pratiwi, Trisakti Handayani, Eny Pemilu Kusparlina, Sofyanhadi Sofyanhadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.