Pembudayaan Membaca Kritis dan Menulis Kreatif bagi Siswa Sanggar Bimbingan Sentul Kuala Lumpur Malaysia

Authors

  • Aylul Fajrinniar Ainiyah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Putri Oktafia Rani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Risda Irianti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sorong
    Indonesia
  • Maulidya Eka Wahyudi Fakultas Teknologi Industri, Universitas Ahmad Dahlan
    Indonesia
  • Nora Pita Fakultas Sains dan Teknologi Terapan, Universitas Ahmad Dahlan
    Indonesia
  • Maya Sofiya Intantri Fakultas Sastra Budaya dan Komunikasi, Universitas Ahmad Dahlan
    Indonesia
  • Cyntia Dewi Fakultas Sastra Budaya dan Komunikasi, Universitas Ahmad Dahlan
    Indonesia
  • Harun Joko Prayitno Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Miftakhul Huda Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Murgiyanti Murgiyanti Sanggar Bimbingan Sentul, Malaysia
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/jkk.v2i3.71

Keywords:

membaca dan menulis, metode ceramah, penguatan kemampuan, sanggar bimbingan

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor kunci dalam menghadapi tantangan dunia modern. Dengan memberikan pendidikan yang berkualitas, masyarakat dan khususnya para siswa dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dampak dari program latihan membaca dan menulis yang dilaksanakan di SB  Sentul Kuala Lumpur, Malaysia. Penelitian ini menggunakan metode observasi untuk mengumpulkan data tentang perkembangan keterampilan membaca dan menulis para siswa yang mengikuti program tersebut. Program ini menggunakan media papan tulis sebagai alat bantu pembelajaran yang efektif dan interaktif. Penelitian ini melibatkan siswa dari kelas 1, 2, 3, dan 6 yang memiliki tingkat kemampuan yang berbeda-beda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program latihan membaca dan menulis memberikan manfaat yang signifikan bagi para siswa. Misalnya, siswa kelas 1 yang sudah memiliki dasar yang kuat dalam membaca dan menulis, dapat memperluas wawasan dan pengetahuan mereka melalui program ini. Siswa kelas 2 dan 3 yang masih membutuhkan bimbingan dalam membaca dan menulis, dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar mereka melalui program ini. Program ini juga memberikan kesempatan bagi mereka untuk berlatih menggunakan telepon genggam sebagai media pembelajaran yang positif, bukan sebagai distraksi. Siswa kelas 6 yang baru bergabung dengan Sanggar Belajar, dapat memperbaiki keterampilan membaca dan menulisnya melalui program ini. Meskipun usianya lebih tua dari siswa lainnya, ia ditempatkan di kelas 6 agar sesuai dengan tingkat perkembangan psikologisnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, L., Oktavia, W., Arini, L. H., Fikri, A. Z., Aji, G. T., Ratnaduhita, A., & Nurtanti, I. (2022). Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer Lidah Buaya (Aloe Vera) pada Ibu-Ibu PKK di Desa Pendem Kecamatan Ngaringan. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 1-11.

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara.

Al Afiyah, F. (2022). The Correlation Student Reading Speed and Reading Comprehension Achievement of the Tenth-Grade Students in Indonesia. Jurnal VARIDIKA, 33(2), 165–174.

Asmaroini, A. P., Trisofirin, M., & Shohenuddin, S. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila di Sanggar Belajar Sentul Malaysia. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 8(2), 62–71.

Basya, Y. F., Rifa’i, A. F., & Arfinanti, N. (2019). Pengembangan Mobile Apps Android sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(1), 1–9.

Damaianti, V. S., Abidin, Y., & Rahma, R. (2020). Higher Order Thinking Skills-Based Reading Literacy Assessment Instrument: An Indonesian Context. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 10(2), 513–525.

Djojosuroto, K. (2006). Prinsip-Prinsip Membaca Pemahaman. Kajian Linguistik dan Sastra, 18(1), 67–78.

Effendy, I., & Abi Hamid, M. (2016). Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-Test terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.A pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Volt: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(2), 81–88.

Fitriyani, F., & Utama, E. G. (2019). Model Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Journal of Educational Review and Research, 2(1), 77–81.

Jatmiko, S. W., Romanda, F., & Hidayatulloh, M. A. A. (2018). Pengaruh Penyuluhan Metode Ceramah dalam Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat terhadap Penyakit Tuberkulosis. Jurnal Litbang Sukowati: Media Penelitian Dan Pengembangan, 2(1), 1–7.

Kirkpatrick, D., & Kirkpatrick, J. (2006). Evaluating Training Programs: The Four Levels. Berrett-Koehler Publishers.

Lubis, M. A., Dalimunthe, H., & Azizan, N. (2022). Model-Model Pembelajaran PPKn di SD/MI Teori dan Implementasinya untuk Mewujudkan Pelajar Pancasila. Samudra Biru.

Maryono, M., & Budiono, H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Membaca dan Menulis Berbasis Mobile Learning sebagai Alternatif Belajar Mandiri Siswa Kelas Awal Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4281–4291.

Masrik, H. M. H. (2020). Penggunaan Metode Diskusi Kelompok guna Meningkatkan Hasil Belajar Materi Menemukan Ide Bacaan Teks di SMP. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 3(2), 208–215.

Mufidah, S. N., Antika, R. N., & Santoso, V. A. (2020). Penerapan Metode Card Sort dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas VII SMP. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(1), 1–5.

Mulyati, Y. (2017). Kosakata Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah (Kajian Jenis Kata, Bentuk Kata, Jenis Makna, dan Medan Makna). Bahasa dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya, 45(1), 99–107.

Nurhabibah, S., Hidayat, A., & Mudiono, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Muatan IPA di Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(10), 1286–1293.

Nuryani, P., Abidin, Y., & Herlambang, Y. T. (2019). Model Pedagogik Multiliterasi dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Abad Ke-21. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(2), 117–126.

Phillips, J. J., & Phillips, P. P. (2016). Handbook of Training Evaluation and Measurement Methods. Routledge.

Prasetya, F., Fahrozy, N., Iskandar, S., Abidin, Y., & Sari, M. Z. (2022). Upaya Pembelajaran Abad 19-20 dan Pembelajaran Abad 21 di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 3093–3101.

Raissa, K. P., Armanusya, E. A., Rahmawati, L. E., Arifin, Z., & Wahid, A. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi melalui Model Discovery Learning pada Siswa SMP. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 4(1).

Rosdiana, R., Raharjo, R., & Indana, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Guided Discovery untuk Menuntaskan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 1(1), 98–112.

Rubiyanto, R. (2014). Model Pembelajaran Peer-Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Verbal Mahasiswa PGSD FKIP UMS. Profesi Pendidikan Dasar, 2(1), 132–140.

Sadun, S. (2022). Penerapan Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII MTs Negeri 1 Pati. Sosial Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 77–84.

Shalikhah, N. D. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM, 20(1), 9–16.

Shobron, S., Hasan, M. A. K., & Kapawi, H. (2019). Metode Pendidikan Islam dalam Tafsir Al-Mishbah Perspektif Muhammad Quraish Shihab. Profetika: Jurnal Studi Islam, 18(2), 120–129.

Sobari, T., Abdurrakhman, D., & Azzahra, I. S. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis dan Membaca melalui Implementasi Kultur Literasi Siswa SMP. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 3(2).

Suardi, M. (2018). Belajar & Pembelajaran. Deepublish.

Sudiyono, S. P. (2021). Metode Diskusi Kelompok dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Penerbit Adab.

Sulistyawati, E., & Radite, R. (2023). Ethnomathematics Study of Bamboo Woven Model in Yogyakarta Based on Liki Design Matrix and Its Integration in Mathematics Learning. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 7(4).

Suprihadi, S., & Syafei, M. (2019). Pengaruh Kualitas Strategi Membaca terhadap Prestasi Akademik. Jurnal Penelitian Humaniora, 20(2), 105–115.

Suryosubroto, B. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah: Wawasan Baru, Beberapa Metode Pendukung, dan Beberapa Komponen Layanan Khusus. Jakarta: Rineka Cipta.

Susilo, A. B. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran IPA berbasis Masalah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Berpikir Kritis Siswa SMP. Journal of Primary Education, 1(1).

Sutama, S., & Fajriani, I. N. (2021). Media Pembelajaran E-Learning berbasis WEB di Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Varidika, 33(2), 129–140. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i2.15330

Trisofirin, M., Mahardani, A. J., Cahyono, H., & Shohennudin, S. (2023). Menumbuhkan Kreativitas Anak Pekerja Migran di Sanggar Bimbingan Sentul Malaysia melalui Pembuatan Kerajinan dari Barang Bekas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 2(1).

Wahyuningsih, E. (2019). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Based Learning dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(2), 69–87.

Downloads

Published

2023-09-10

How to Cite

Ainiyah, A. F., Rani, P. O. ., Irianti, R. ., Wahyudi, M. E. ., Pita, N. ., Intantri, M. S. ., Dewi, C. ., Prayitno, H. J. ., Huda, M. ., & Murgiyanti, M. (2023). Pembudayaan Membaca Kritis dan Menulis Kreatif bagi Siswa Sanggar Bimbingan Sentul Kuala Lumpur Malaysia. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 2(3), 144–154. https://doi.org/10.23917/jkk.v2i3.71

Issue

Section

Articles