Pemanfaatan Seni Drama untuk Meningkatkan Kemampuan Mengingat Siswa di Sanggar Bimbingan Kepong

Authors

  • Zuhroh Wafa Atthiyah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Laasya Ary Aghitsna Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Khafifah Dwi Astuti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Vera Putri Meytasharoh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
    Indonesia
  • Riska Wahyu Novitasari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
    Indonesia
  • Naufal Ishartono Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Nur Amalia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Muhammad Nur Wahyu Hidayah Fakultas Sains dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Gombong
    Indonesia
  • Sulastri Sulastri Fakultas Ilmu Kesehatan, ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ikhwan Fauzi Nasution Sanggar Bimbingan Kepong
    Malaysia
  • Ikhwan Fauzi Nasution Sanggar Bimbingan Kepong
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/jkk.v2i2.72

Keywords:

analisis, drama, kemampuan mengingat, sanggar bimbingan, siswa

Abstract

Mengingat merupakan kegiatan yang dominan dilakukan ketika sedang dalam proses belajar. Tipe-tipe memori atau kemampuan mengingat terdiri dari short term memory, working memory, dan long term memory. Penulis melakukan pengabdian “Drama” yang kita terapkan selama mengabdi di Sanggar Bimbingan Kepong, dengan tujuan untuk melatih kemampuan mengingat siswa Sanggar Bimbingan Kepong yang tadinya short term memory menjadi long term memory. Latihan dilakukan setiap hari selama kurang lebih 3 minggu. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik observasi yang di setiap pertemuan peneliti menarik kesimpulan Kegiatan ini akhirnya dapat dipentaskan di sanggar bimbingan kepong dan siswa mampu melakukannya dengan baik. Mereka dapat menghayati setiap adegan yang diperankan. Dapat bekerja secara tim (team work) dengan kompak dan penuh tanggung jawab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arista, N. N., & Haryanti, Y. (2022). Pesan Moral dalam Film" Unbaedah" Karya Iqbaal Arieffurahman (Analisis Semiotika Roland Barthes). Jurnal Keilmuan dan Keislaman, 1(3), 206-225. https://doi.org/10.23917/jkk.v1i3.24.

Fitria, C. N., Hermawan, H. D., Sayekti, I. C., Selfia, K. D., Azra, A., & Prasojo, I. (2021). Pengembangan Digitalisasi Sekolah Berbasis Website pada Era Komputasi Global di SMP Muhammadiyah. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 1-10. 10.23917/bkkndik.v3i1.14665

Isma, M. (2014). Memori Jangka Pendek (Short Term Memory) atau Memori Jangka Panjang (Long Term Memory. 15 Oktober 2014. https://www.kompasiana.com/mamil /54f420ea745513972b6c8765/memo ri-jangka-pendek-short-term-memorydan-memori-jangka-panjang-longterm-memory

Mustian, R. (2015). Komponen Belajar yang Mempengaruhi Daya Ingat Anak di kelas III B SD Negeri Tukangan Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/26486/1/Rizk awati Mustian_11108241090.pdf

Muzaqi, A., Ratih, K., & Sutopo, A. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik melalui Bimbel pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1 (2): 70-77. https://doi.org/10.56972/jikm.v1i2.10

Nareswari, A., & Inayati, N. L. (2022). Pembentukan Karakter melalui Program Trenclass di SMA Muhammadiyah Wonosobo. Jurnal Keilmuan dan Keislaman, 1 (3): 152-163. https://doi.org/10.23917/jkk.v1i3.22.

Nurul, R. F., Andreas, R., & Mahardika, D. A. (2022). Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Baratan: Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Baratan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 2 (1): 8-16. https://doi.org/10.56972/jikm.v2i1.35.

Purwanti, S. N., Nurcahyo, A., Ratih, K., & Supriyadi, H. (2021). Pelatihan Seni sebagai Upaya Optimalisasi Potensi Hemisfer Kanan pada Anak Usia Sekolah. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 23-32. http://dx.doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14644.

Rachma, A. N., & Sasanti, A. E. (2021). Implementasi Pembelajaran BTA melalui Metode Iqro’ pada Anak SD Dukuh Tebon Gede. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1 (1): 31-40. https://doi.org/10.56972/jikm.v1i1.4

Siregar, Y. S., Darwis, M., Baroroh, R., & Andriyani, W. (2022). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Menarik pada Masa Pandemi Covid 19 di SD Swasta HKBP 1 Padang Sidempuan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 2 (1): 69-75. https://doi.org/10.56972/jikm.v2i1.33.

Siti Anisah, A., & Maulidah, I. S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat Siswa melalui Metode Bernyanyi pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Pendidikan UNIGA, 16(1), 581. https://doi.org/10.52434/jp.v16i1.1814

Stephanie, N. L. P., Kalesaran, T., Nadira, N. Y., & June, S. (2016). Pelatihan Memori dan Daya Ingat Anak Usia 7-11 Tahun di Indonesia. PKM GT Biopsychology, December, 2012.

Wardhani, P. I., Urrochman, A. A., Alimah, A. N., Fatmawati, I., Rifngatin, I., Dewi, N. B. S., & Pratiwi, S. (2020). Penerapan Permainan Origami untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa di MIM Pepe, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 83-90. http://dx.doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10773.

Yamin, M., Saputra, A., & Deswila, N. (2021). Enhancing Critical Thinking in Analyzing Short Story “The Lazy Jack” Viewed from Identity Theory. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(1), 30-39. http://dx.doi.org/10.23917/ijolae.v3i1.9948.

Downloads

Published

2023-06-22

How to Cite

Atthiyah, Z. W., Aghitsna, L. A. ., Astuti, K. D. ., Meytasharoh, V. P. ., Novitasari, R. W. ., Ishartono, N. ., Amalia, N. ., Hidayah, M. N. W. ., Sulastri, S., Nasution, I. F. ., & Nasution, I. F. . (2023). Pemanfaatan Seni Drama untuk Meningkatkan Kemampuan Mengingat Siswa di Sanggar Bimbingan Kepong. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 2(2), 81–89. https://doi.org/10.23917/jkk.v2i2.72

Issue

Section

Articles