Pendampingan Pendidikan Karakter Santri SMP An-Nahdloh melalui Permainan Tradisional Budaya Indonesia

Authors

  • Ni’matul Choirunnisa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Zulfa Aurellye Oldra Syifaya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Sri Katoningsih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Rizki Anugrah Firdaus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
    Indonesia
  • Mimin Mintarsih Sanggar Bimbingan An Nahdloh
    Malaysia
  • Hernawan Sulistyanto Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Muhammad Fahmi Johan Syah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Fajar Agung Nugroho Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Gombong
    Indonesia
  • Minsih Minsih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/jkk.v2i3.73

Keywords:

permainan tradisional, pendidikan karakter, budaya

Abstract

Pengembangan pendidikan karakter menjadi sebuah upaya dalam mendidik peserta didik agar dapat berperilaku baik serta dapat mengambil keputusan sendiri. Selain itu, dapat berkontribusi yang baik di lingkungan masyarakat. Permainan tradisional merupakan sebuah permainan yang dilakukan oleh individu atau kelompok dalam masyarakat untuk mengekspresikan identitas sosial, moral, dan budaya. Masalah yang terjadi adalah anak-anak SB SMP An-Nahdloh belum banyak yang mengerti mengenai macam-macam permainan tradisional Indonesia. Pengabdian ini bertujuan untuk membentuk sebuah karakter siswa SB SMP An-Nahdloh. Penelitian ini dilaksanakan di SB SMP An-Nahdloh Tanjung Sepat, Selangor, Malaysia. Kegiatan ini dilaksanakan dengan cara memberikan sebuah bimbingan secara langsung saat melaksanakan permainan tradisional. Hasil data dijabarkan melalui paragraf deskriptif, pengambilan data yang dilakukan melalui metode pengamatan proses, wawancara hasil serta dokumentasi di akhir kegiatan. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa saat waktu luang dimanfaatkan siswa untuk melakukan permainan tradisional congklak bersama teman-temannya. Permainan tradisional congklak ini dapat melatih dan menumbukan nilai-nilai karakter anak seperti sportivitas, kejujuran, kerja sama, dan keterampilan dalam berhitung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, T. (2012). Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Sosial Budaya, 9(1), 121–136.

Aqobah, Q. J., Ali, M., Decheline, G., & Raharja, A. T. (2020). Penanaman Perilaku Kerjasama Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisonal. Untirta, 5(2), 134–142.

Mandasari, Y., Ahmad, A., Yulianti, N., Sufanti, M., & Rahmawati, L. E. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Profetik melalui Optimalisasi Peran Taman Pendidikan Al-Quran di Sumberjatipohon, Grobogan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 100–106. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14549

Matulessy, A., Muhid, A., & Ismawati. (2022). Efektivitas Permainan Tradisional Congklak untuk meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa: Literature Review. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan …, 13(1), 165–178.

Munir, Z. A., & Awiria, A. (2020). Implementasi Pendidikan Nilai melalui Permainan Tradisional Anak Suku Sasak di MI NW Loang Sawak Lombok Tengah. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 397–403. https://doi.org/10.30738/tc.v4i1.5764

Nasir, Setiawati, H., & Khumas, A. (2022). Penguatan Karakter Islami melalui Kegiatan Pemberdayaan Keterampilan pada Anak Jalanan di Kota Parepare. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 153–160. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i2.19548

Nur, H. (2013). Membangun Karakter Anak melalui Permainan Tradisional. JoJurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.1016/j.jsams.2018.05.001

Prayitno, H. J., Rahmawati, F. N., Intani, K. I. N., & Pradana, F. G. (2022). Pembentukan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar melalui Permainan Tradisional. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.46843/jmp.v1i1.261

Purnomo, E., & Pratiwi, D. R. (2021). Wujud Karakter Pelajar Pancasila dalam Dongeng Nusantra Bertutur. Seminar Nasional SAGA #3, 3(1), 119–128.

Purnomo, E., & Wahyudi, A. B. (2020). Nilai Pendidikan Karakter dalam Ungkapan Hikmah di SD se-Karesidenan Surakarta dan Pemanfaatannya di Masa Pandemi. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 183–193. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.561

Ratih, K., Srijono, D., Laksono, G. Y., Dewi, A. K., Jusup, B., Fitriyani, F., Hasanah, A. U., Farida, K., Pramesti, M. E., Setyaningsih, N. P., Darojati, S. M., Mirwanti, W., Dewi, A. K., & Jusup, B. (2020). Penguatan Nilai dan Karakter Nasionalisme melalui Lagu Wajib Nasional di MI Muhammadiyah Tanjungsari, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 75–78. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.10793

Rejeki, H., Bulubaan, A., Nurhayati, & Ardiansyah, A. (2020). Implementasi Permainan Tradisional Sebagai Salah Satu Sarana Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8 (1)(96–106), http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/in.

Restiyanti, D., Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sifudin, Fakhrur, M. (2021). Menggali Nilai Karakter dalam Ungkapan Hikmah di Sekolah Dasar Se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Fundadikdas, 4(3), 241–255.

Rusli, M., & Suhartiwi, J. (2022). Pemanfaatan Permainan Tradisional Sebagai Media Pembelajaran Edukatif pada Siswa Sekolah Dasar. 7(4), 582–589. https://doi.org/. https://doi.org/10.36312/linov.v7i4.948

Saputri, P. Y., Prayitno, H. J., Kusumaningtyas, D. A., & Syaadah, H. (2023). Menumbuhkembangkan Karakter Cinta Tanah Air melalui Lomba Kemerdekaan pada Siswa Siswa Sanggar Bimbingan IKABA IMABA, Malaysia. Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 46–55. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v5i1.22468

Sari, A. M., Hidayah, O. N., Khotimah, S., Prayitno, H. J., ‘Ulya, N. K., & Nugroho, S. (2022). Penerapan Pembelajaran berbasis Agama untuk Membentuk Karakter Religius Anak Sejak Dini di TPA. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 36–48. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.19179

Saribu, P. B. D., & Simanjuntak, J. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Congklak terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun di KB Tunas Harapan Kecamatan Sunggal Kab. Deli Serdang. Jurnal Usia Dini, 4(1), 28–38.

Siregar, N., & Lestari, W. (2018). Peranan Permainan Tradisional dalam Mengembangkan Kemampuan Matematika Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 1. https://doi.org/10.26486/jm.v2i1.427

Srikandi, S., Suardana, I. M., & Sulthoni. (2018). Membentuk Karakter Anak melalui Permainan Tradisional. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(1), 75. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i1.291.000-000

Widodo, H. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter di SD Muhammadiyah Macanan Sleman Yogyakarta. Lentera Pendidikan, 22(1), 40–51. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n1i4

Downloads

Published

2023-09-10

How to Cite

Choirunnisa, N., Syifaya, Z. A. O. ., Katoningsih, S. ., Firdaus, R. A. ., Mintarsih, M. ., Sulistyanto, H. ., Syah, M. F. J. ., Nugroho, F. A. ., & Minsih, M. (2023). Pendampingan Pendidikan Karakter Santri SMP An-Nahdloh melalui Permainan Tradisional Budaya Indonesia. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 2(3), 119–127. https://doi.org/10.23917/jkk.v2i3.73

Issue

Section

Articles