Penanaman Literasi Dasar melalui Media Kotak Kata pada Anak Didik di Sanggar Bimbingan Hulu Langat Malaysia

Authors

  • Siti An Nisa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Vina Khoirunisya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Salma Febrina Putri Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
    Indonesia
  • Nada Ayu Saputri Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Flora Ramona Sigit Prakoeswa Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ida Betanursanti Fakultas Ilmu Kesehatan, ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Zamawi Zamawi Sanggar Bimbingan Hulu Langat
    Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.23917/jkk.v2i2.74

Keywords:

kelas literasi dasar, kotak kata, membaca

Abstract

Membaca merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh siswa. Tujuan yang ingin dicapai melalui kegiatan pengabdian ini yaitu meningkatkan kemampuan membaca siswa yang masih rendah dengan memberikan pendampingan kelas literasi dasar di Sanggar Bimbingan Hulu Langat melalui Media Kotak Kata. Metode pendampingan kelas literasi dasar ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu (1) Tahap awal dilakukan pengamatan terhadap kondisi lingkungan, tingkat kemampuan membaca siswa dan karakteristik siswa.  (2) Tahap persiapan meminta persetujuan dari guru dan pengelola SB, menentukan waktu dan tempat, serta menyiapkan media (3) Tahap pelaksanaan, melakukan kegiatan pendampingan dengan menggunakan media kotak kata dan membagi siswa dalam kelompok sesuai tingkat kemampuan. Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa KKN-Dik dan dilaksanakan dua hari dalam seminggu. Pesertanya adalah siswa yang kemampuan membacanya masih rendah. Pendampingan kelas literasi dasar dinilai berhasil dengan adanya respon positif, semangat dan keseriusan dari siswa dalam mengikuti kegiatan ini. Para guru dan pengelola sanggar bimbingan sangat mendukung pelaksanaan kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan lancar dan hasilnya sudah nampak ada kemajuan dari siswa. Berdasarkan hal itu, perlu adanya pendampingan literasi dasar membaca secara berkesinambungan sebagai upaya menumbuhkan minat baca dan membantu permasalahan membaca siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, G. P., & Riyanto, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Pada Pembelajaran Tematik Dengan Metode Global Kelas 1 SDN Kajen 02. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 2(3), 93-98.

Arung, F., Murthado, F., & Boeriswati, E. (2023). Merdeka Belajar: the Real Learning Needs of Students, Teachers, and Institutions Related to Demands for Independent Learning Innovation. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 5(2), 120-135.

Dewi, A. S., Arifin, Z., Purnomo, E., & Siswanto, H. (2023). Adaptasi Teknologi dan Literasi melalui Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Negeri 01 Plumbon. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 26-34.

Hapsari, E. D. (2019). Penerapan Membaca Permulaan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. ASARA Jurnal Bahasa Dan Sastra, 20(1), 10–24.

Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. EDUATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3296–3307.

Ifrida, F., Huda, M., Prayitno, H. J., Purnomo, E., & Sujalwo, S. (2023). Pengembangan dan Peningkatan Program Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1-12

Janawati, D. P. A., Pradnyana, P. B., Damayanti, N. W. S., & Sudirman, I. N. (2022). Developing Interactive E-Book for Early Reading-Writing Stage at Class I Elementary School.Pedagogia :JurnalPendidikan,11(1).https://doi.org/10.21070/pedagogia.v11i1.1466

Janawati, D. P. A., & Sueca, I. N. (2022). Pendampingan Pembelajaran Membaca dan Menulis Prmulaan di SD Negeri 3 Sulahan. SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6, 514–518.

Mahardhani, A. J., Prayitno, H. J., Huda, M., Fauziati, E., Aisah, N., & Prasetiyo, A. D. (2021). Pemberdayaan Siswa SD dalam Literasi Membaca melalui Media Bergambar di Magetan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 11-22.

Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1462–1470.

Rajiani, I., Prayitno, H. J., Kot, S., Ismail, N., & Iswarani, W. P. (2023). Developing Local Education Content Supplementary Textbook Innovation by Referencing to Women in Floating Market. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 5(2), 136-150.

Ramadhan, D. N., Hermawan, H. D., & Septiyanti, N. D. (2023). Implementasi dan Pengembangan Media Pembelajaran Game Calistung untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi di SD N 04 Kemuning. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 13-25.

Putri, A. H., Samsudin, A., Purwanto, M. G., & Suhandi, A. (2022). Examination of Conceptual Change Research Over A Decade: A Bibliometric Analysis Using Science Mapping Tool.Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 4(3), 171-190.

Sulistyanto, H., Djumadi, D., Narimo, S., Prayitno, H. J., Anif, S., Tahang, H., ... & Setyaningrum, F. A. (2023). Pemberdayaan Literasi-Numerasi Siswa Sanggar Kulim Kedah dan Ar-Rahmah Penang Malaysia dengan Media Digital. Buletin KKN Pendidikan, 5(1).

Syahmani, S., Hafizah, E., Sauqina, S., Adnan, M. B., & Ibrahim, M. H. (2021). STEAM approach to improve environmental education innovation and literacy in waste management: Bibliometric research. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(2), 130-141.

Wardhani, J. D., Hikmat, M. H., Sutama, S., Sidiq, Y., Nurjanah, S., Febrianti, N., ... & Alim, C. N. (2022). Penguatan Keterampilan Menstimulasi Perkembangan Literasi, Numerasi, Dan Life Skill Bagi Cikgu Di Sanggar Belajar Subang Mewah Malaysia. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 184-193.

Wardhani, J. D., Katoningsih, S., Asmawulan, T., Nasywa, N. M. A., & Mahaeswari, A. C. (2023). Penguatan Keterampilan Guru dengan Stimulasi Literasi Berbasis TIK di Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Athfal (IGABA) Kartasura. Buletin KKN Pendidikan, 5(1).

Wingard, A. K., Hermawan, H. D., & Dewi, V. R. (2020). The effects of students’ perception of the school environment and students’ enjoyment in reading towards reading achievement of 4th grades students in Hong Kong. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 2(2), 68-74.

Downloads

Published

2023-06-28

How to Cite

Nisa, S. A., Khoirunisya, V. ., Putri, S. F. ., Saputri, N. A. ., Prakoeswa, F. R. S. ., Betanursanti, I. ., & Zamawi, Z. (2023). Penanaman Literasi Dasar melalui Media Kotak Kata pada Anak Didik di Sanggar Bimbingan Hulu Langat Malaysia. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 2(2), 111–118. https://doi.org/10.23917/jkk.v2i2.74

Issue

Section

Articles