Peningkatan Kreativitas Anak melalui Penguatan Pendidikan Karakter Pelajar Pancasila bagi Siswa SB Kuala Langat Malaysia

Authors

  • Viviolita Nur Febriani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Indra Ramdhanatul Rusfa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Mataram
    Indonesia
  • Siti Nur Azizah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
    Indonesia
  • Ratnasari Dyah Utami Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Juni Sofiana Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Gombong
    Indonesia
  • Trisakti Handayani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang
    Indonesia
  • Slamet Rebianto Sanggar Bimbingan Kuala Langat
    Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.23917/jkk.v2i3.75

Keywords:

anak-anak, kreativitas, pelajar pancasila, pendidikan karakter, sanggar bimbingan

Abstract

Artikel ini mengilustrasikan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam pembinaan kreativitas anak melalui proses belajar-mengajar yang berorientasi pada pembentukan karakter peserta didik. Dengan demikian, mahasiswa yang belajar di luar negeri dapat mempertahankan semangat nasionalisme dan sikap toleransi terhadap budaya lain, sekaligus mengembangkan kompetensi global yang dibutuhkan di era globalisasi. Untuk mencapai tujuan tersebut, karakter Pancasila diintegrasikan ke dalam kegiatan kelompok yang merangsang kreativitas dan keterampilan anak. Penelitian ini menggunakan metode pelatihan, pendampingan, dan implementasi langsung hasilnya dalam proses pembelajaran anak. Data dikumpulkan dengan teknik observasi. Melalui rangkaian kegiatan yang terencana, diharapkan dapat meningkatkan kreativitas anak dan menginternalisasi karakter Pancasila dalam diri siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwiputri, F. A., & Anggraeni, D. (2021). Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1267–1273.

Gu, X., Dijksterhuis, A., & Ritter, S. M. (2019). Fostering Children’s Creative Thinking Skills with The 5-I Training Program. Thinking Skills and Creativity, 32, 92–101.

Guo, W., Gan, C., & Wang, D. (2021). When does Educational Level Diversity Foster Team Creativity? Exploring the Moderating Roles of Task and Personnel Variability. Frontiers in Psychology, 12.

Kalil, K., & Aenurohman, E. A. (2020). Dampak Kreativitas dan Inovasi Produk terhadap Kinerja UKM di Kota Semarang. Jurnal Penelitian Humaniora, 21(1), 69–77.

Makmur, S. M., Dunggio, R., Pilomonu, M. Z., & Maulana, R. (2023). Penguatan Nasionalisme di Sanggar Bimbingan Rawang Selangor melalui Pengajaran Pancasila dengan Metode Repetisi. Buletin KKN Pendidikan, 5(1).

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. India: SAGE Publications. https://www.google.co.id/books/edition/Qualitative_Data_Analysis/U4lU_-wJ5QEC?hl=en&gbpv=0

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. India: SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=3CNrUbTu6CsC

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2018). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. India: SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=fjh2DwAAQBAJ

Muhibbin, A., Prasetiyo, W. H., Saputra, R. C., Sari, W. N., Fatmawati, Y. I., Pramudika, R. G., Nashiroh, A. L., Hariyanti, H., Sawitri, N. W., & Saputri, A. I. (2020). Penguatan Generasi Cerdas, Kreatif, dan Berkarakter bagi Siswa, Guru, dan Tendik MIM Janti Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 50–55.

Muhsyanur, M., & Verlin, S. (2020). Representasi Konsep Karakter Pemimpin dalam Lirik Lagu Bugis Bulu’alauna Tempe Ciptaan Abdullah Alamudin. Kajian Linguistik Dan Sastra, 5(2), 178–186.

Retnasari, L., & Hidayat, M. T. (2018). Fostering Student’s Creative Thinking Skills by Means of a One-Year Creativity Training Program. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 16–21.

Rhamdon, R. K., & Yanti, P. G. (2021). Nilai Pendidikan Karakter dan Konsep Pendidikan RA Kartini pada Cerita Rakyat Volume Empat. Kajian Linguistik Dan Sastra, 6(2), 176–189.

Ritter, S. M., Gu, X., Crijns, M., & Biekens, P. (2020). Fostering students’ creative thinking skills by means of a one-year creativity training program. PloS One, 15(3), e0229773.

Ritter, S. M., & Mostert, N. (2017). Enhancement of Creative Thinking Skills Using a Cognitive-Based Creativity Training. Journal of Cognitive Enhancement, 1, 243–253.

Sari, D. I. (2022). Multikulturalisme: Identitas Budaya Individu di Luar Negeri (Studi pada Siswa Sekolah Indonesia Singapura, Ltd.). Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(1), 15–20.

Sayektiningsih, S., Sumardjoko, B., & Muhibin, A. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Klaten. Manajemen Pendidikan, 12(3), 228–238.

Vezzali, L., Gocłowska, M. A., Crisp, R. J., & Stathi, S. (2016). On the Relationship between Cultural Diversity and Creativity in Education: The Moderating Role of Communal Versus Divisional Mindset. Thinking Skills and Creativity, 21, 152–157.

Yudhawardhana, A. N. (2018). Kegiatan Jumat Bersih di Lingkungan Sekolah sebagai Bentuk Sikap Gotong-Royong dalam Membentuk Karakter Siswa. Seminar Nasional Lembaga Kebudayaan (SENASGABUD), 1(1).

Downloads

Published

2023-09-10

How to Cite

Febriani, V. N., Rusfa, I. R. ., Azizah, S. N. ., Utami, R. D. ., Sofiana, J. ., Handayani, T. ., & Rebianto, S. . (2023). Peningkatan Kreativitas Anak melalui Penguatan Pendidikan Karakter Pelajar Pancasila bagi Siswa SB Kuala Langat Malaysia. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 2(3), 155–163. https://doi.org/10.23917/jkk.v2i3.75

Issue

Section

Articles