Pemanfaatan Kain Flanel sebagai Media Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini

Authors

  • Mita Adi Pratiwi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Taskia Annafas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Mataram
    Indonesia
  • Almani Almani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Berau
    Indonesia
  • Muhammad Nizar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Mataram
    Indonesia
  • Bayu Hendro Wicaksono Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang
    Indonesia
  • Dian Artha Kusumaningtyas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan
    Indonesia
  • Anik Enikmawati Fakultas Ilmu Kesehatan, ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Dady Rosadi Sekolah Indonesia Kuala Lumpur
    Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.23917/jkk.v2i2.76

Keywords:

media flanel, kreativitas, anak usia dini

Abstract

Tujuan dari kehadiran kami sebagai mahasiswa KKN/KI se-Indonesia ini selama 28 hari di Sanggar Bimbingan dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa seluruh Indonesia khususnya seluruh mahasiswa Muhammadiyah yang berada di seluruh Indonesia dapat memanfaatkan keahliannya atau ilmu yang dimiliki bekerjasama dengan pemilik sanggar bimbingan. SB Subang Mewah Malaysia adalah tempat di mana kita mentransfer semua ilmu yang kita miliki kepada anak-anak di sanggar bimbingan, khususnya pada bidang keterampilan yang dijalankan sejak tanggal 15 Maret 2023 tepatnya pada hari rabu setelah jam istirahat. Pada saat jam istirahat selesai semua mahasiswa KKN/KI yang berada di SB Subang Mewah Malaysia melakukan program kerja masing-masing, salah satunya adalah membuat hiasan dari kain flanel. Kegiatan keterampilan ini dapat menjadikan anak-anak dapat berkreativitas dengan baik untuk menjadikan kain flanel menjadi hiasan. Selama program dilaksanakan tidak ada kendala apapun dalam proses pembuatan hiasan dari kain flanel. Namun, terdapat kendala dari luar, karena anak kelas 1 ingin meminta hiasan yang dibuat oleh anak kelas 3. Untuk mengatasi hal tersebut, kami berusaha memperbanyak hiasan tersebut agar semua anak kelas 1 terutama anak perempuan mendapatkan hasil karya yang dibuat oleh anak kelas 3.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, Q., Yulianto, T., & Faisol, F. (2021). Pelatihan Pembuatan Kerajinan Tangan “BUKET” untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SMK Mawaddah. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 73. https://doi.org/10.26740/ja.v7n1.p73-77

Cahya, P. A., Anggani, A. D., & Marzuqoh, S. A. (2022). Meningkatkan Kreasi Kain Flanel terhadap Perkembangan Kreativitas Siswa SDN Cikuntul 1 Kecamatan Tempuran Kabupaten Karawang Putri. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(1), 1349–1358.

Cahyaningsih, E., & Karunia Assidik, G. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Materi Teks Berita. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.23917/bppp.v3i1.19385

Fatma, H. (2021). Kreativitas Peserta Didik dalam Pembelajaran Bioteknologi dengan PJBL berbasis STEAM. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 7–14. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v5i1.2574

Ferial, L. (2021). Membangun Kesehatan Mental Selama Pandemi Covid-19 dengan Kreativitas Siswa Pondok Pesantren Tahfidz Quran Massarotul, Kota Serang. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 21–31. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v3i1.1277

Firdareza, R. M., & Hapsari, S. N. (2019). Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri Pedan Tahun Pelajaran 2019/2020. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 1(2), 18–24.

Jayanti, I. T., Cahyo, A. N., Setyaningsih, E., Purnomo, E., Winarti, A., & Mawardi. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Religius di TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) Nurul Yaqin Desa Jagoan. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 69–79. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.19184

Mega, I. R., & Sugiyarti, S. (2021). Peningkatan Kecakapan Hidup melalui Program Pelatihan Kreativitas untuk Melatih Kemandirian Ekonomi. Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 29. https://doi.org/10.24269/adi.v5i1.3096

Muhtar, M. A., Hastutik, S., Evana, Z., & Sufanti, M. (2021). Gerakan Literasi Membaca Sebagai Penumbuh Kreativitas Siswa di SMP Negeri 1 Simo. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 4(2), 61–67. https://doi.org/10.23917/blbs.v4i2.14450

Oktavio, A., Indrianto, A. T. L., & Padmawidjaja, L. (2022). Model Pembelajaran Design Thinking untuk Pengembangan Desa Wisata: Studi Kasus Desa Peniwen. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi, 9(3), 1324–1334.

Rahmawati, L. E., Purnomo, E., Hadi, D. A., Wulandari, M. D., & Purnanto, A. W. (2022). Studi Eksplorasi Bentuk-Bentuk Gejala Disleksia pada Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4003–4013. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2495

Rahmawati, N., Prasetiyo, W. H., Wicaksono, R. B., Huda, M., Muthali’in, A., & Atang, A. (2022). Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Literasi Kewarganegaraan Siswa di Era Digital. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 99–107. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.17822

Sayoga, S. (2017). Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar MDDE melalui Model Pembelajaran STAD. Jurnal Varidika, 29(1), 75–86. https://doi.org/10.23917/varidika.v29i1.5151

Tri, M., Aprianto, P., Kuswandi, D., & Soepriyanto, Y. (2023). Memperkuat Keterampilan Berpikir Kreatif melalui Model Pembelajaran Proyek Berlandaskan Metode Design Thinking. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(3), 132–142. https://doi.org/10.17977/um038v6i32023p132

Wardhani, P. I., Urrochman, A. A., Alimah, A. N., Fatmawati, I., Rifngatin, I., Dewi, N. B. S., Wibisono, R. H., Andriani, R., & Pratiwi, S. (2020). Penerapan Permainan Origami untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa di MIM Pepe, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10773

Wibowo, Y. A., Jordan, E., Elkasinky, A., Suryana, D. D., Putri, S. N., Puspitaningrum, H., Rahmawati, D., Lestari, D. D., Oktavia, E., & Kinthen, N. (2020). Pengembangan Bakat dan Kreativitas Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di MI Muhammadiyah Sabrang Lor, Trucuk, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i1.10939

Downloads

Published

2023-06-27

How to Cite

Pratiwi, M. A., Annafas, T. ., Almani, A., Nizar, M. ., Wicaksono, B. H. ., Kusumaningtyas, D. A. ., Enikmawati, A. ., & Rosadi, D. . (2023). Pemanfaatan Kain Flanel sebagai Media Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 2(2), 103–110. https://doi.org/10.23917/jkk.v2i2.76

Issue

Section

Articles