Analisis Soal UAS Matematika Kelas IV Semester Gasal MI Tahun Ajaran 2016/2017 di Kabupaten Sukoharjo Berdasarkan Taksonomi TIMSS 2015

Authors

  • Burhanudin Ahsan Al Bayan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/jkk.v1i1.8

Keywords:

Domain Konten, Domain Kognitif, TIMSS

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis butir soal matematika UAS semester gasal kelas IV MI di Kabupaten Sukoharjo tahun 2016/2017 ditinjau dari Taksonomi TIMSS. TIMSS terdiri dari dua domain yaitu domain Konten yang terdiri dari : Number, Geometric Shapes and Measures, dan Data Display dan domain Kognitif yang terdiri dari : Knowing, Applying, dan Reasoning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, teknik analisi data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi, keabsahan data menggunakan triangulasi penyidik. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut : (1) Domain konten : (a) Aspek Number sebesar 61,7 %, (b) Aspek Geometric Shapes and Measures sebesar 34,8 %, dan (c) Aspek Data Display sebesar 3,5 %. (2) Domain kognitif : (a) Aspek Knowing sebesar 60,8 %, Aspek Applying sebesar 38,3%, dan Aspek Reasoning sebesar 0,9 %. Hasil pada domain konten untuk aspek Number memenuhi TIMSS sedangkan untuk aspek Geometric Shapes and Measures dan Data Display belum memenuhi TIMSS dan pada domain kognitif untuk aspek Knowing memenuhi TIMSS sedangkan untuk aspek Applying dan Reasoning belum memenuhi TIMSS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agasi, G.R., & M Andy R. (2014). Kemampuan Siswa Smp Indonesia Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal-Soal TIMSS Tipe Penalaran. Makalah Disajikan di Seminar Nasional dan Pendidikan Sains IX Fakultas Sains dan Matematika, UKSW, Pada 21 Juni, Salatiga.

Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., Alirmansyah, A., Sholeh, M., & Zulkhi, M. D. (2022). The Influence of Application of Local-Wisdom-Based Modules Toward Peace-Loving Characters of Elementary School Students. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 4(2), 157-170.

Ayupradani, N. T., Sofiyana, L. N., Huda, M., Nasucha, Y., & Siswanto, H. (2021). Peningkatan Literasi Digital Anggota Karang Taruna Tunas Harapan Sebagai Pembentuk Pendidikan Karakter Bangsa. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 169–174. Https://Doi.Org/10.23917/Bkkndik.V3i2.15696

Cahyati, J. N., Setiani, F., Suharyanto, S., Sholiha, H. I. A., & Giyoto, G. (2021). Sistem Four Day Four Places Sebagai Bentuk Pendalaman Materi Ajar Pendidikan Sekolah Dasar.Buletin KKN Pendidikan,3(2), 117-126.

Darmawan, E. W., & Suparman, S. (2019). Design Of Mathematics Learning Media Based on Discovery Learning to Improve Problem Solving Ability. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 1(2), 20-28.

Firdausy, A. R., Setyaningsih, N., & Waluyo, M. (2019). The Contribution of Student Activity and Learning Facilities to Learning Independency and It’s Impact on Mathematics Learning Outcomes In Junior High School. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 1(2), 29-37.

Klieme, Eckhard. (2016). TIMSS 2015 And PISA 2015 How Are They Related on The Country Level?. German Institute for International Educational Research. Diakses Pada 7 Juli 2017, Dari (Https://Www.Dipf.De/De/Forschung/Publikation En/Pdfpublikationen/Kliemetimss2015andpisa2015.Pdf).

Kurniawan, D. A., Astalini, A., Darmaji, D., Tanti, T., & Maryani, S. (2022). Innovative Learning: Gender Perception Of E-Module Linear Equations in Mathematics and Physics. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 4(2), 92-106.

Lim, Hwanggyu. & Stephen G. Sireci. (2017). Linking TIMSS And NAEP Assessments to Evaluate International Trends in Achievement. Education Policy Analysis Archives, 25(11):1-20.

Mursalin. (2016). Pembelajaran Geometri Bidang Datar di Sekolah Dasar Berorientasi Teori Belajar Piaget. Jurnal Dikma, 4(2):250-258.

Mullis I V.S. & Michael O. Martin. (2013). Timss 2015 Assessment Frameworks. Chestnut Hill, MA: TIMSS & PIRLS International Study Center, Lynch School of Education, Boston College dan International Association for The Evaluation of Educational Achievement (IEA).

Nasucha, Y., Sutopo, A., Ahmad, Fatmawati, Astuti, T. I., & Mrihatini, A. (2021). Penguatan Generasi Cerdas dan Berkarakter Bagi Masyarakat Tangen Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 63–73. Https://Doi.Org/10.23917/Bkkndik.V3i1.14668

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles And Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Nurhidayat, N., Muthali'in, A., Handayani, S., Maryadi, M., Sari, K. N., Al Haniyah, I. W., ... & Andaruningtyas, N. F. (2020). Penanggulangan Bullying Dalam Pembetukan Karakter Peserta Didik Di MI Muhammadiyah PK Bendo, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 84-89.

Pakpahan, R. (2015). Ujian Sekolah Sebagai Upaya Pemetaan Mutu Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 21(2):167-181.

Permana, Rizky Ikhwan., & Edy Surya. (2016). Pengaruh Kemampuan Representasi Dalam Pembelajaran Matematika. Diaskes pada Tanggal 17 Maret Dari (Https://Www.Researchgate.Net/Publication/320755419PENGARUHKEMA MPUAN_REPRESENTASI_DALAM_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA).

Pramita, M. (2021). Student Acceptance Of E-Learning to Improve Learning Independence in The Department of Computer Education. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE). 4(1), 34-44.

Prihastuti, L., Fitriyani, S., Romadhon, F. H., Pratiwi, D. R., & Prayitno, H. J. (2021). Pembelajaran Kreatif Guna Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1(1), 21–30. Http://Journals.Alptkptm.Org/Index.Php/Jikm/Article/View/3

Rachma, A. N., & Sasanti, A. E. (2021). Implementasi Pembelajaran BTA Melalui Metode Iqro’ pada Anak SD Dukuh Tebon Gede. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1(1), 31–40.

Rahmah. (2017). Mengapa Konsep Pecahan Sulit Bagi Siswa Indonesia?. 1-10. Diakses Pada Tanggal 25 Maret Dari (Http://Puspendik.Kemdikbud.Go.Id/Semina R/Upload/Seminar%20Puspendik%202017/Mengapa%20konsep%20pecahan%20sulit%20bagi%20siswa%20Indonesia%20-%20Rahmah.Pdf).

Rahmawati. (2017). Menggali Lebih Dalam Kelemahan Siswa Indonesia Berdasarkan Hasil Analisis TIMSS 2015. Diakses Pada Tanggal 25 Maret dari (Http://Puspendik.Kemdikbud.Go.Id/Seminar/Upload/Seminar%20Puspendik%202015/TIMSS%202015%20-%20Menggali%20Lebih%20Dalam%20Kelemaha N%20Siswa%20Indonesia.Pdf).

Rizta, Amrina., Zulkardi, & Yusuf Hartono. (2013). Pengembangan Soal Penalaran Model Timss Matematika Smp. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, (2):230-240.

Romadhan, A. N., & Purwandari, E. (2020). Peran Sanggar Regoling Ma'rifat Dalam Penanaman Karakter Pada Anak Di Era Digital. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 67-79.

Rosnawati, R. (2013). Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Smp Indonesia Pada Timss 2011. Makalah Disajikan Di Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, Pada 18 Mei, Yogyakarta.

Sabirin, Muhammad. (2014). Representasi Dalam Pembelajaran Matematika. JPM IAIN Antasari 1(2):33-44.

Setyadi, Y. B., Anggrahini, T. O., Wardani, N. P. K., Yunanto, W. N., Setiawati, O. T., Hidayati, G. N., ... & Nugroho, I. (2020). Penerapan Budaya 5S Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Di Mts Muhammadiyah 9 Mondokan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 70-76.

Sholihah, A. Q. A., Octaviani, F. R., Anif, S., & Sutopo, A. (2021). Perbandingan Penggunaan Media Pembelajaran Pada Hafalan Doaharian Anak di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1(1), 41–50.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, & R&D. Bandung: CV. ALFABETA.

Utomo, A. C., Widyawati, L., Supyanti, R., Guntur, N., Dhita, L. A. A., Rahmadhanti, A., Pratama, E. A., Riskiana, A., Amilia, N. Y., & Marwan, M. (2020). Pengenalan Kebudayaan Tradisional Melalui Pendidikan Seni Tari Pada Anak Usia Dini di BA Aisyiyah Ngadirejo, Sukoharjo. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 77–82. Https://Doi.Org/10.23917/Bkkndik.V1i2.10791

Tyumeneva, Yuliya., Alyona Valdman, dan Martin Carnoy. (2013). How Does The Level of Field-Specific Knowledge Help Apply it in Other Contexts? Educational Studies, 1-12.

Utami, L. (2016). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan dan Solusi Pemecahannya. Makalah Disajikan di Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPM I). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Pada 12 Maret, Surakarta.

Wijaya, A. (2017). The Difficulties of Indonesian Fourth Graders in Learning Fractions: an Early Exploration Of TIMSS 2015 Results. American Institute of Physics, 1-8.

Witri, Gustimal., Zetra Hainul Putra, & Nori Gustina. (2014). Analisis Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Model The Trends For International Mathematics and Scinece Study (Timss) di Pekanbaru. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau 3(1):32-39.

Wulandari, Nidya Ferry, & Jailani. (2015). Indonesian Students’ Mathematics Problem Solving Skill in PISA And TIMSS. Proceeding of International Conference on Research, Implementation And Education (Pp. 191-198). Yogyakarta: Yogyakarta State University.

Downloads

Published

2022-03-01

How to Cite

Bayan, B. A. A. (2022). Analisis Soal UAS Matematika Kelas IV Semester Gasal MI Tahun Ajaran 2016/2017 di Kabupaten Sukoharjo Berdasarkan Taksonomi TIMSS 2015. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.23917/jkk.v1i1.8

Issue

Section

Articles