TINGKAT KEPUASAN PASIEN HIPERTENSI TERHADAP KONSELING APOTEKER PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PUSKESMAS WILAYAH KERJA KECAMATAN BANJARSARI KOTA SURAKARTA

Authors

  • Mutiara Annisa Fitri Fakultas Farmasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Lilla Prapdhani Agni Hajma Fakultas Farmasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/ujp.v1i4.137

Keywords:

konseling apoteker, pasien hipertensi, tingkat kepuasan, masa pandemi Covid-19, puskesmas

Abstract

Konseling apoteker merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seorang apoteker dengan tujuan memberikan pemahaman yang benar mengenai obat yang diterima pasien. Pasien hipertensi merupakan salah satu pasien yang perlu diberikan konseling oleh apoteker karena tergolong pasien yang memerlukan pengobatan jangka panjang. Pandemi Covid-19 menciptakan tantangan dalam pelaksanaan konseling apoteker dengan adanya pemberlakuan protokol kesehatan di puskesmas, yang berpontensi menyebabkan pelaksanaan konseling oleh apoteker tidak optimal, sehingga pandemi Covid-19 berpotensi menyebabkan turunnya kepuasan pasien terhadap konseling apoteker. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien hipertensi terhadap konseling apoteker pada masa pandemi Covid-19 di puskesmas wilayah kerja Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat non-eksperimental menggunakan penelitian deskriptif dengan metode survei dan menggunakan instrumen kuesioner, yang dilakukan di Puskesmas Gambirsari, Puskesmas Banyuanyar, dan Puskesmas Gilingan Kota Surakarta pada bulan April sampai bulan Juni 2022. Dalam penelitian ini sampel/responden berjumlah 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien hipertensi terhadap konseling apoteker pada masa pandemi Covid-19 di puskesmas wilayah kerja Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta adalah 80% pasien merasa sangat puas dan 20% pasien merasa puas. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dan ditingkatkan dalam pelaksanaan konseling ada pada dimensi fasilitas berwujud. Kesimpulan pada penelitian ini adalah tingkat kepuasan pasien hipertensi merasa sangat puas terhadap konseling apoteker pada masa pandemi Covid-19 di puskesmas wilayah kerja Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, W. M. (2020). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Insalasi Farmasi Puskesmas Sisir Kota Batu. Malang: Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Akreemah Wateh. (2020). Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Informasi Obat Pada Swamedikasi Di Apotek Merjosari Kota Malang. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Badan Pertanahan Nasional Kota Surakarta. (2019). Luas Daerah dan Jumlah Pulau Menurut Kecamatan di Kota Surakarta. Retrieved from Badan Pusat Statistik Kota Surakarta: https://surakartakota.bps.go.id/statictable/2020/03/26/152/luas-daerah-menurut-kecamatan-di- kota-surakarta-2019.html

Badan Pusat Statistik Kota Surakarta. (2021). Jumlah Penduduk Menurut Kecamatan (Jiwa) 2020-2021. Retrieved from Badan Pusat Statistik Kota Surakarta: https://surakartakota.bps.go.id/indicator/12/315/1/persentase-penduduk-menurut- kecamatan.html

Casey, A., & Benson, H. (2006). Menurunkan Tekanan Darah. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Popular. Cortas, K. n. (2008). Hypertension. Retrieved from emedicine.com: http//:www.emedicine.com

Dinas Kesehatan Kota Surakarta. (2016). Profil Kesehatan Kota Surakarta Tahun 2015. Surakarta: Pemerintah Kota Surakarta.

Dinas Kesehatan Kota Surakarta. (2021). Profil Kesehatan Kota Surakarta Tahun 2020. Surakarta: Pemerintah Kota Surakarta.

Erni, E., Purwanta, & Heru, S. (2009). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Ketidakpatuhan Berobat Pada Penderia Tuberkulosis Paru. Berita Kedokteran Masyarakat.

Grosman-Dziewiszek, P. W. (2021). Patients' Habits and the Role of Pharmacists and Telemedicine as Elements of a Modern Health Care System during the COVID-19 Pandemic. Journal Of Clinical Medicine, 10(18):4211.

Helni. (2015). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Apotek Di Kota Jambi. Jambi: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi.

Iqbal, M., Faheem, M., Khan, A. W., Karman, M., Syed, A., Adnan, M., Iqbal. (2021). Behavior of Pharmacists and Statisfaction of Patients in Coronavirus Disease-19 Pandemic. Asian Journal of Pharmaceutics.

Karman, O. (2010). Kontribsi Kinera Komite Sekolah Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Sekolah :Studi Deskriptif pada Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Tasikmalaya. Tasikmalaya: Universitas Pendidikan Indonesia.

Kemenetrian Kesehatan Republik Indonesia. (2012, Mei 7). Masalah Hipertensi Di Indonesia. Retrieved from Kemkes.go.id: https://www.kemkes.go.id/article/view/1909/masalah-hipertensi-di- indonesia.html

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 74 tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Lestari, P. M. (2016). Hubungan Antara Tingka Kepuasan Pada Konseling Farmasi Dan Tingkat Pendidikan Pasien Hipertensi Di Puskesmas Janti Kecamatan Sukun Kota Malang. Malang: Universitas Brawiaya.

Mayang, P. (2018). Efektivitas Pemberian Konseling Apoteker Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Tingkat Kepatuhan Pengobatan Pasien Hipertensi Di Apotek Malang. Malang: Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia. (2022). Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 22 Tahun 2022. Jakarta: Kementerian Dalam Negeri Indonesia.

Mulyasih, A. B., Djoko, W., & Pramantara, I. D. (2012). Pengaruh Konseling Apoteker Terhadap Hasil Terapi Pasien Hipertensi di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan. Yogyakarta: Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada.

Natalia, Y. (2021). Gambaran Pelayanan Konseling Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Apotek Wilayah Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Yogyakarta. Yogyakarta : Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Nendya, N. S. (2021). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Informasi Obat Di Puskesmas Tegal Barat. Tegal: Program Studi Diploma III Farmasi Politeknik Harapan Bersama.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka.

Nurgiantoro, B., Gunawan, & Marzuki. (2012). Statistik Terapan Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu sosial. Gadjah Mada University Press: Yogyakarta.

Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia. (2021). Konsensus Penatalaksanaan Hipertensi : Update Konsensus PERHI 2019. Jakarta: Indonesian Society of Hipertension.

Pratiwi, D. (2011). Pengaruh Konseling Obat terhadap Kepatuhan Pasien Hipertensi di Poliklinik Khusus RSUP DR. M. Djamil Padang.

Ramadhani, Y. B. (2015). Hubungan Lama Menderita Sakit Hipertensi Dengan Tingkat Kepatuhan Minum Obat Pasien Hipertensi Di Posyandu Lansia Karang Dhalem Pademawu Barat Pamekasan. Malang: Universitas Brawijaya.

Riwidikdo, H. (2010). Statistik Kesehatan. Yogyakarta: Mitra Cendikia.

Rusmanto. (2013). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Sikap Dan Perilaku Masyarakat Terhadap Kepatuhan Minum Obat Antifilaria Di RW II Kelurahan Pondok Aren. Jakarta: Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulllah Jakarta.

Siskha Novi Nugrahaheni, Hening Pratiwi, dan Ika Mustikaningtias. (2019). Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Konseling Apoteker Di Bangsal Penyakit Dalam RSUD Margono Soekarjo Purwokerto. Acta Pharm Indo.

Sugiyono. (2014). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

Supardi, S., & Surahman. (2014). Metodelogi Penelitian Untuk Mahasiswa Farmasi. Jakarta: Trans Indo Media.

Willan, J. k. (2020). Izazovi za NHS bolnice tijekom epidemije. 1117.

World Health Organization. (2015). World Health Statistic Report 2015. Retrieved from World Health Organization: https://reliefweb.int/

Yimenu, D., Demeke, C., & Kasahun, A. (2021). Impact of COVID-19 on Pharmaceutical Care Services and the Role of Community Pharmacists: A Multi-Center Cross-Sectional Study in Ethiopia. SAGE Open Nursing.

Yuliarti. (2007). Mayo Clinic Hipertensi, Mengatasi Tekanan Darah Tinggi. Jakarta: PT. Intisari Mediatama.

Zainuddin, M., Utomo, W., & Herlina. (2015). Hubungan Stres Dengan Kualitas Hidup Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2. Jurnal JOM.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Fitri, M. A., & Hajma, L. P. A. (2022). TINGKAT KEPUASAN PASIEN HIPERTENSI TERHADAP KONSELING APOTEKER PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PUSKESMAS WILAYAH KERJA KECAMATAN BANJARSARI KOTA SURAKARTA. Usadha Journal of Pharmacy, 1(4), 474–484. https://doi.org/10.23917/ujp.v1i4.137

Issue

Section

Articles