TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI RSUD SALATIGA

Authors

  • Irvan Saputra Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker, Fakultas Kesehatan, Universitas Ngudi Waluyo, Semarang
    Indonesia
  • Niken Dyahariesti Program Studi S1 Farmasi, Fakultas Kesehatan, Universitas Ngudi Waluyo, Semarang
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/ujp.v3i2.331

Keywords:

instalasi farmasi, tingkat kepuasan, SIMRS

Abstract

Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) sekarang ini merupakan suatu kebutuhan bagi fasilitas kesehatan untuk mendukung pelayanan kesehatan. Instalasi Farmasi Rumah Sakit tidak bisa terlepas dari proses pelayanan kesehatan ke pasien. Orientasi akhir dari pelayanan kesehatan adalah memberikan pelayanan yang maksimal demi keselamatan pasien. Tujuan penelitian ini mengevaluasi tingkat kepuasan penggunaan SIMRS terhadap pelayanan farmasi dan menerapkan sistem informasi manajemen farmasi di RSUD Kota Salatiga guna meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan pengambilan data secara prospektif menggunakan metode purposive sampling dengan 30 responden yang memenuhi kriteria. Responden adalah petugas Instalasi Farmasi RSUD Kota Salatiga. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang sudah valid dan reliabel. Terdapat 4 indikator dalam kuesioner yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, kepuasan pengguna dan lingkungan organisasi. Hasil kuesioner diolah dan dikategorikan ke dalam berbagai tingkat kepuasan dari responden. Hasil penelitian didapatkan tingkat kepuasan petugas instalasi farmasi pada indikator kualitas sistem 74%, kualitas informasi 74%, kepuasan pengguna 70%, dan lingkungan organisasi 76%. Tingkat kepuasan secara keseluruhan sebesar 73% masuk kategori cukup.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afianty, T., I.M. Maimun N, & Maita, L. (2022). Evaluasi Implementasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Dengan Metode Task Technology Fit (TTF) di Rumah Sakit Ibu Dan Anak Annisa Pekanbaru Tahun 2021. Jurnal Rekam Medis (Medical Record Journal), 2(3), 345–358. https://doi.org/https://doi.org/10.25311/jrm.Vol2.Iss3.983

Alfiansyah, G., Fajeri, A. S., Santi, M. W., & Swari, S. J. (2020). Evaluasi Kepuasan Pengguna Electronic Health Record (EHR) Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction) di Unit Rekam Medis Pusat RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo. Jurnal Penelitian Kesehatan “SUARA FORIKES” (Journal of Health Research “Forikes Voice”), 11(3), 258. https://doi.org/10.33846/sf11307

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian. Jurnal Pilar Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14(1), 15–31.

Aswad, A. A., Dai, R. H., & Ahaliki, B. (2022). Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna SIM-RS Menggunakan Metode EUCS di RSUD Prof.DR.H.Aloei Saboe Kota Gorontalo. Journal of Sistem And Information Technology, 2(2), 20–26. https://doi.org/https://doi.org/10.37031/diffusion.v2i2.13432

Fadilla, N. M., & Setyonugroho, W. (2021). Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Dalam Meningkatkan Efisiensi: Mini Literature Review. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 8(1), 357–374.

Fajriana, Usman, & Muin, H. (2023). Implementasi Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit di Rumah Sakit dr.Sumatri dalam Peningkatan Pelayanan Kesehatan. Journal Of Health Education and Literacy, 5(2), 111–120. https://doi.org/https://doi.org/10.31605/j-healt.v2i1

Frangky, S., Silitonga, M., & Saragi, S. (2020). Pengaruh Kualitas SDM Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Siempat Rube Kabupaten Pakpak Bharat. Jurnal Publik Reform Undhar Medan, 7(1), 27–39.

Kementrian Hukum Dan HAM. (2009). Undang Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022 Tentang Rekam Medis. www.peraturan.go.id

Livinus, V., Adhikara, M. F. A., & Kusumapradja, R. (2019). Manfaat Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit di Rumah Sakit Gigi & Mulut Trisakti. Journal of Hospital Management ISSN, Vol. 2, Issue 1.

Molly, R., & Itaar, M. (2021). Analisis Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Pada RRSUD DOK II Jayapura. Journal of Software Engineering Ampera (Vol. 2, Issue 2). https://journal-computing.org/index.php/journal-sea/index

Polii, S. V. G., Ratag, G. A. E., & Fatimawali, F. (2022). Kajian Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit di Instalasi Farmasi dan Pengadaan Peralatan Medik di RSU GMIM Siloam Sonder. E-CliniC, 11(1), 124–135. https://doi.org/10.35790/ecl.v11i1.44334

Pratiwi, E., Rochka, M. M., & Halim, K. K. (2023). Hubungan Human, Organization And Technology Terhadap Manfaat Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Di RSUD Labuang Baji Kota Makasar. Khusnul Public Health and Medicine Journal (PAMA) 2023, 1(3), 10–23. https://doi.org/https://doi.org/10.59583/pama.v1i3.61

Puspitasari, E. R., & Nugroho, E. (2021). Evaluasi implementasi sistem informasi manajemen rumah sakit di rsud kabupaten temanggung dengan menggunakan metode hot-fit. Journal of Information Sistems for Public Health, 5(3), 45. https://doi.org/10.22146/jisph.37562

Putra, D. S. H. (2019). Penerapan Path Analysis Kualitas Informasi terhadap Kepuasan Pengguna dan Intensitas Pengguna dengan Metode Delone & Mclean Di Rumah Sakit Paru Jember Tahun 2017. Jurnal Kesehatan, 5(3), 129–137. https://doi.org/10.25047/j-kes.v5i3.32

Putri, R. M. (2022). Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Dengan Metode Hot-Fit Di Rumah Sakit Ibu Dan Anak Asih Balikpapan. Skripsi. Universitas Islam Indonesia.

Sarayar, C. P., Suparlan, M. S., Tinggi, S., Kesehatan, I., & Tomohon, G. M. (2023). Analisis Hubungan Kualitas Sistem Manajemen Rumah Sakit dengan Kepuasan Pengguna di Rumah Sakit Umum Gunung Maria Tomohon. AKSARA : Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(2), 1349–1360. https://doi.org/10.37905/aksara.9.2.1349-1360.2023

Saufinah, M., Saufinah Pane, M., Fanisya, N., Rizkina, S. R., Nasution, Y. P., Agustina, D., Studi, P., Kesehatan, I., & Masyarakat, K. (2023). Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Indonesia. Jurnal Inovasi Riset Ilmu Kesehatan, 1(3), 1–14. https://doi.org/10.55606/detector.v1i3.1980

Sholistiyawati, A., Mawarni, A., Dharmawan, Y., Biostatistika, P., Kependudukan, D., Kesehatan, F., Universitas, M., Semarang, D., Peminatan Biostatistika, D., Fakultas, K., & Masyarakat, K. (2020). Hubungan Faktor Human, Organization Dan Technology (Hot-Fit Model) Dengan Kinerja Sistem Informasi Manajemen Farmasi di Rumah Sakit BWT Semarang. JKM Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(2), 188–195. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jkm.v8i2.26153

Suwandi, E., Fitri Imansyah, H., & Dasril, H. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Menggunakan Skala Likert Pada Layanan Speedy Yang Bermigrasi Ke Indihome. Journal of Electrical Enginering Energy and Information Technology, 7(1). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26418/j3eit.v7i1.31191

Yulianto, & Yosepha, S. Y. (2022). Pengaruh Citra Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien RS Tk. IV Cijantung Kesdam Jaya Jakarta. Jurnal Ilmiah M-Progress, 12(2). https://doi.org/10.35968/m-pu.v12i2.90

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Saputra, I., & Dyahariesti, N. (2024). TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI RSUD SALATIGA. Usadha Journal of Pharmacy, 3(2), 199–208. https://doi.org/10.23917/ujp.v3i2.331

Issue

Section

Articles