TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN OLEH APOTEKER DI INSTALASI FARMASI RSUD IR SOEKARNO KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2022

Authors

  • Irfan Azizi Amrullah Fakultas Farmasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Lilla Prapdhani Agni Hajma Fakultas Farmasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/ujp.v1i3.98

Keywords:

kepuasan pasien, pelayanan kefarmasian, instalasi farmasi

Abstract

Peningkatan mutu pelayanan di bidang kesehatan dianggap penting di suatu pelayanan kesehatan karena merupakan salah satu wujud dan bentuk tanggung jawab untuk turut serta dalam tugas meningkatkan derajat kesehatan yang optimal. Salah satu indikator yang dapat digunakan menilai mutu pelayanan adalah dengan pengukuran kepuasan pasien pada suatu pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pelayanan kefarmasian di RSUD Ir Soekarno Sukoharjo dan dimensi yang mempengaruhi kepuasan pasien pada pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSUD Ir Soekarno. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan rancangan studi Cross-sectional. responden yang berpartisipasi pada penelitian ini sejumlah 130 orang. Pengambilan data dilakukan dalam rentang waktu Juni – Juli 2022. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Pengukuran kepuasan pasien dinilai dari 5 dimensi yaitu ketanggapan, kehandalan, jaminan, empati, dan bukti langsung. Data dianalis dengan menggunakan SPSS versi 25. Hasil pada penelitian ini adalah tingkat kepuasan pasien pada pelayanan kefarmasian di RSUD Ir Soekarno adalah 77,6% puas dan 22,4% tidak puas. Berdasarkan hasil perhitungan rerata pada setiap dimensi, dimensi ketanggapan dan empati sudah memenuhi harapan dari pasien. Pada uji regresi linier, beberapa dimensi ditemukan berpengaruh terhadap kepuasan pasien diantaranya ketanggapan (p=0,003), empati (p<0,001), dan bukti langsung (p=0,031). dari penelitian ini dapat dilihat bahwa   ketanggapan, empati, dan bukti langsung dari petugas mempengaruhi kepuasan pasien pada pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi rawat jalan RSUD Ir Soekarno.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, M. I., & Ahmad, L. O. A. I. (2020). Survey Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Pelayanan RSUD Kabupaten Butun Utara. Jurnal Kesehatan Masyarakat Celebes, 1(03), 1–6.

Bahem, N. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Obat Tanpa Resep Di Apotek Nur Farma. Fakultas Kedokteran Dan Ilmu-Ilmu Kesehat Univ Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang., 93(I), 259.

Chege, C. N. (2021). Examining the influence of service reliability on customer satisfaction in the insurance industry in Kenya. International Journal of Research in Business and Social Science (2147- 4478), 10(1), 259–265. https://doi.org/10.20525/ijrbs.v10i1.1025

Citraningtyas, G., Jayanto, I., Nangaro, J., & Nangaro, A. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi RS X Tahuna. Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi (Journal of Management and Pharmacy Practice), 10(1), 14–25. https://doi.org/10.22146/jmpf.45917

Esme, M. (2019). Infections in the Elderly Critically-Ill Patients. Frontiers in Medicine, 6(June), 1–9. https://doi.org/10.3389/fmed.2019.00118

Kashkoli, A. (2017). Hospital responsiveness and its effect on overall patient satisfaction. International Journal of Health Care Quality Assurance, 30(8), 728–736. https://doi.org/10.1108/ijhcqa-07-2016-0098

Kemenkes RI. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 72 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit, 2016.

Kurniawan, K. Y. (2018). Tingkat kepuasan pasien dalam pelayanan kefarmasian di apotek wae laku ruteng kabupaten manggarai. Jakarta, Sinar Grafika, h 2-3.

Man, N. (2019). The Effect Of Tangibles, Responsiveness, And Reliability On Customer Satisfaction Of Delivery Services. International Journal of Economics and Management Studies, 6(5), 86–92. https://doi.org/10.14445/23939125/ijems-v6i5p113

Matsuroh. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Nurhasma, N. (2021). Hubungan Dimensi Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rsup Dr Tadjuddin Chalid Makassar. J-KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(2), 90. https://doi.org/10.35329/jkesmas.v7i2.2600

Pangerapan, D. T. (2018). Hubungan Antara Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum GMIM Pancaran Kasih Manado. JKK (Jurnal Kedokteran Klinik), 2(1), 9–18.

Rinaldi, S. F. (2017). Metodologi Penelitian dan Statistik. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Rizal, F. (2021). Impact Of Service Quality On Patient Satisfaction : A Study At Physiotherapy Unit PKU Muhammadiyah Hospital Of Yogyakarta, (04), 75–79.

Rositah, R. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan pasien rawat jalan poligigi di RS UNS, 68(1), 1–12. Retrieved from http://dx.doi.org/10.1016/j.ndteint.2014.07.001%0A

RSUD Ir Soekarno. (2019). Profil RSUD Ir Soekarno 2019.

Utami, S. A. (2019). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kabupaten Rembang. Pharmacon: Jurnal Farmasi Indonesia, 14(2), 54–61. https://doi.org/10.23917/pharmacon.v14i2.5990

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Amrullah, I. A., & Hajma, L. P. A. . (2022). TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN OLEH APOTEKER DI INSTALASI FARMASI RSUD IR SOEKARNO KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2022. Usadha Journal of Pharmacy, 1(3), 332–345. https://doi.org/10.23917/ujp.v1i3.98

Issue

Section

Articles